Sponsors Link

Perbedaan Struktur Sosial dan Mobilitas Sosial yang Mudah Anda Pahami

Sponsors Link

Kehidupan masyarakat adalah suatu kehidupan sosial yang menarik untuk dipelajari. Di dalam kehidupan sosial itu sendiri kita mengenal apa yang dinamakan dengan struktur sosial. Dan dari struktur sosial ini terdapat pula mobilisasi sosial. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Namun tentunya keduanya berbeda secara teori. Berikut beberapa penjelasan dan perbedaan struktur sosial dan mobilitas sosial yang perlu diketahui.

ads

Struktur Sosial dan Mobilitas Sosial

Sebelum mengetahui perbedaan struktur sosial dan mobilitas sosial, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu mengenai struktur sosial, mobilitas sosial, dan juga hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

  1. Struktur Sosial

Struktur sosial di dalam masyarakat adalah sebuah kerangka yang menggambarkan keterkaitan dalam hubungan timbal balik sosial di masyarakat. Di dalamnya terdapat hubungan antara kelompok dan individu yang membentuk suatu pola dan perilaku. Secara garis besar, Unsur struktur sosial menciptakan adanya kelompok-kelompok atau kelas-kelas di dalam masyarakat sesuai dengan sifatnya masing-masing.

Bentuk-Bentuk Struktur Sosial ada yang dijabarkan secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal kita mengenalnya dengan istilah stratifikasi sosial. Misalnya ada masyarakat yang miskin dan kaya, ada rakyat biasa dan pejabat, dan semisalnya. Struktur sosial yang dijabarkan secara horizontal dikenal dengan istilah diferensiasi sosial. Misalnya terdapat perbedaan agama, suku, etnis, dan semisalnya.

  1. Mobilitas Sosial

Adapun mobilitas sosial adalah perpindahan kedudukan atau status dari kelas atau kelompok sosial yang satu ke kelas atau kelompok sosial yang lain di dalam suatu struktur sosial. Perpindahan ini bisa terjadi dalam stratifikasi sosial maupun diferensiasi sosial. Sebagaimana sifat stratifikasi sosial ada yang terbuka dan tertutup, Macam-Macam Mobilitas Sosial bisa terjadi di dalamnya. Entah itu dengan naik atau turun kelas. Karena Contoh Kasus Mobilitas Vertikal Turun juga banyak ditemui sehari-hari.

  1. Hubungan Struktur Sosial dan Mobilitas Sosial

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa struktur sosial dan mobilitas sosial adalah dua hal yang berbeda, namun berkaitan dengan erat. Dimana mobilitas sosial bisa terjadi jika terdapat suatu masalah atau kebutuhan di dalam struktur sosial itu sendiri. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan kedudukan sosial dari struktur sosial itu sendiri antara lain:

  • Faktor ekonomi, Contoh Saluran Mobilitas Sosial misalnya orang kaya menjadi miskin atau sebaliknya.
  • Faktor politik
  • Faktor kependudukan
  • Faktor keinginan
  • Faktor individu
  • Faktor status sosial
  • Faktor struktural

Itulah Hubungan Antara Struktur Sosial dengan Mobilitas Sosial yang tidak bisa dipisahkan.

Perbedaan Struktur Sosial dan Mobilitas Sosial

Dari penjelasan di atas, perbedaan struktur sosial dan mobilitas sosial yang mendasar adalah dari konteksnya masing-masing. Yang mana struktur sosial lebih mengarah kepada susunan sosial di masyarakat. Sementara mobilitas sosial adalah bagaimana pola atau pergerakan susunan sosial itu sendiri. Struktur sosial bisa dikatakan sebagai subjek, sementara mobilitas sosial adalah perilaku dari subjek itu sendiri.

Namun yang perlu dipahami adalah saat mobilitas sosial itu terjadi, tanggapan sosial di sekitarnya bisa jadi akan berbeda-beda. Karena Pengaruh Mobilitas Sosial Terhadap Sosial Budaya itu juga berbeda-beda. Ada masyarakat yang lebih terbuka dan ada yang lebih tertutup. Karena bagaimana pun juga, perubahan sosial (mobilitas) bisa jadi diterima dan tidak diterima oleh lingkungan sekitar.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang perbedaan struktur sosial dan mobilitas sosial yang perlu diketahui. Semoga bisa memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, November 2018 / 07:22 Oleh :
Kategori : Sosiologi