Sponsors Link

Perbedaan Sosiologi Pedesaan dan Sosiologi Perkotaan

Sponsors Link

Kali ini kami akan memberikan ulasan seputar perbedaan sosiologi pedesaan dan sosiologi perkotaan. Namun sebelum itu kami akan mulai dengan menjelaskan pengertian dari sosiologi itu sendiri. Sosiologi adalah bidang ilmu yang mempelajari semua tingkah laku manusia yang tinggal di satu lingkungan tertentu yang di dalamnya terjadi banyak interaksi antar manusia tersebut. Berbagai bentuk-bentuk interaksi sosial yang terjadi tersebut seperti kerja sama, akulturasi, asimilasi, dan lain sebagainya yang biasanya lebih kepada contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Ketika membahas istilah sosiologi, tentu tidak bisa lepas dari masyarakat. Nah, apakah Anda tahu apa sebenarnya yang dinamakan masyarakat?

ads

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian mengenai masyarakat yang dikemukakan oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Berikut ini akan kami berikan penjelasannya kepada Anda.

  • R. Linton yang merupakan seorang ahli bidang antropologi menjelaskan bahwa yang dinamakan masyarakat yaitu kelompok manusia yang sudah lama hidup dan saling bekerjasama maupun berhubungan sebagai contoh interaksi sosial individu dengan individu sehingga bisa membuatnya berpikir dan berorganisasi sesuai dengan ketentuan dan batas-batas sosial.
  • M.J Herskovits menjelaskan bahwa masyarakat yaitu yang mengikuti cara hidup tertentu dan juga terorganisir.
  • S.R Steinmetz yang merupakan seorang ahli ilmu sosiologi mengatakan bahwa masyarakat merupakan sebuah kelompok yang besar yang di dalamnya mencakup kelompok-kelompok kecil yang saling memiliki hubungan erat dan juga teratur.
  • Hasan Shadily membuat definisi tentang masyarakat sebagai sebuah golongan kecil maupun besar yang di dalamnya terdapat beberapa manusia yang saling berinteraksi dan saling berpengaruh antara yang satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Sosiologi Pedesaan dan Sosiologi Perkantoran

1. Sosiologi Pedesaan

Di bawah ini ada beberapa definisi mengenai sosiologi pedesaan yang dikemukakan oleh para ahli. Dari definisinya tersebut Anda bisa memperoleh informasi yang gamblang tentang pengertian dan hakikat dari sosiologi pedesaan.

  • Paul E. Zapt dan T. Lynn Smith menerangkan bahwa sosiologi pedesaan merupakan sebuah pengetahuan yang sebelumnya sudah disusun secara sistematis yang mana ia diperoleh melalui sebuah metode ilmiah. Adapun yang dipelajari yakni stuktur organisasi, sistem sosial, proses-prosesnya, dan berbagai perubahan yang terjadi.
  • Jhon M. Gillette menjelaskan jika sosiologi adalah sebuah cabang dari ilmu sosiologi yang di dalamnya mempelajari berbagai komunitas pedesaan sehingga bisa mengungkapkan berbagai kondisi yang kemudian akan dirumuskan menjadi prinsip kemajuan.
  • Bertand juga menjelaskan bahwa sosiologi merupakan sebuah studi yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan pedesaannya.
  • F. Stuard Chapin membuat definisi sosiologi pedesaan sebagai studi yang didalamnya berisi terjadinya proses sosial secara komparatif, organisasi yang ada di desa, maupun kondisi penduduknya.

Selain itu, terdapat dua hakikat dari sosiologi pedesaan, yakni lama atau klasik dan baru atau modern.

2. Sosiologi Perkotaan

Sosiologi perkotaan merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang di dalamnya mengkaji berbagai fenomena sosial, proses interaksi sosial, maupun semua hal yang berkaitan dengan masyarakat yang ada di daerah perkotaan. Di kota terdapat berbagai macam masyarakat yang berasal dari tingkat perekonomian dan pendidikan yang tidak sama. Selain itu, kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat perkotaan juga cenderung berbeda. Hal inilah yang menyebabkan permasalahan yang ada di dalam perkotaan cenderung lebih rumit atau kompleks dibandingkan dengan masalah yang terdapat di desa. Di bawah ini beberapa definisi mengenai sosiologi perkotaan menurut para ahli:

  • Max Weber, konsep tentang sebuah kota yang di dalamnya masyarakat berupa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam pasar lokal. Ciri sebuah kota adalah terdapat benteng pertahanan, pasar, maupun terdapat sistem yang memiliki sifat kosmopolitan.
  • Cristaller, sosiologi perkotaan adalah sebuah konsep yang di dalamnya berfungsi menyelenggarakan berbagai jasa untuk daerah yang ada di lingkungannya. Artinya, kota berperan menjadi pusat pelayanan masyarakat.
  • Sapari Imam Asy’ari, sosiologi perkotaan merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan juga menganalisa semua kehidupan yang terjadi pada masyarakat yang tinggal di kota.
  • Paulus Hariyono, sebuah ilmu yang di dalamnya mengkaji tentang hubungan manusia, baik individu atau kelompok yang hidup di perkotaan dengan berbagai macam aspek. Beberapa aspek tersebut antara lain kesehatan, ekonomi, hukum, dan lain lain.
Sponsors Link

3. Ciri-ciri Masyarakat Pedesaan

Beberapa hal yang menjadi ciri dari masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan antara lain:

  • Hubungan antar warga yang lebih erat dan mendalam jika dibandingkan dengan hubungan yang dimiliki masyarakat perkotaan. Hubungan tersebut bahkan lebih erat jika dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di desa yang lainnya.
  • Sistem kehidupan yang berjalan di pedesaan umumnya bersifat kekeluargaan dan berkelompok.
  • Sebagian besar mata pencaharian masyarakat yang tinggal di pedesaan adalah bertani maupun pekerjaan lain yang tidak termasuk agraris namun hanya dilakukan ketika memiliki waktu luang.

4. Ciri-ciri Masyarakat Perkotaan

  • Memiliki karakter individualistik.
  • Mereka cenderung bisa mengurus keperluannya sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang lain.
  • Pembagian kerja yang lebih tegas dimana mereka juga memiliki batas-batas yang memang harus dijaga.
  • Peluang memperoleh pekerjaan lebih besar dibandingkan dengan masyarakat pedesaan.
  • Terjadinya perubahan sosial yang terlihat dengan nyata karena mereka memang terbuka untuk menerima perubahan yang berasal dari luar.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi mengenai perbedaan sosiologi sosial pedesaan dan sosiologi sosial perkotaan bisa membantu Anda. Ketahui pula bentuk penyimpangan sosial yang kerap terjadi di masyarakat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 16th, August 2019 / 09:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi