Sponsors Link

Perbedaan Sosiologi Hukum dan Politik Hukum Berdasarkan Konsep dan Sifatnya

Sponsors Link

Hukum adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, masyarakat bahkan negara. Dengan adanya hukum, kehidupan masyarakat bisa teratur dan terarah dengan baik. Agar masyarakat mudah memahami faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum, hukum dibagi menjadi sosiologi hukum dan politik hukum. Apa saja perbedaan keduanya? Berikut ulasannya!

ads

Adapun perbedaan sosiologi hukum dan politik hukum, diantaranya adalah:

Berdasarkan pengertian

Definisi politik hukum yang dijelaskan para ahli, antara lain :

  • Satjipto Rahardjo, politik hukum adalah aktivitas penentuan pilihan sesuai dengan cara-cara guna mencapai tujuan hukum dalam masyarakat
  • L. J Van Apeldorn, politik hukum adalah alat untuk menentukan tujuan dan isi peratuan perundang-undangan
  • Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto, politik hukum merupakan wadah untuk memilih dan menerapkan nilai-nilai

Sedangkan definisi sosiologi hukum menurut Brade Meyer adalah ;

  • Hukum menjadi alat sosiologis yang mengatur bagaimana sosiologi mempengaruhi suatu kelompok
  • Wadah mempermudah berjalannya fungsi hukum, pelaksanaan fungsi hukum serta penggunaan ilmu sosial pada metode dan alat-alat hukumnya
  • Mengatur penelitian dan menjabarkan analisa-analisa normatif agar kepastian hukum dapat dicapai dalam proses interaksi sosial.

Berdasarkan konsep dan sifat

Sosiologi hukum memiliki konsep-konsep sebagai berikut :

  • Hukum sebagai sarana social control

Hukum sebagai social control yakni adanya kepastian hukum yang benar-benar dilakukan oleh penguasa sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Fungsinya, jika terjadi bentuk-bentuk stratifikasi sosial,contoh masalah sosial, bentuk-bentuk konflik sosial ataupun perubahan-perubahan faktor, hukum mengontrol sedemikian rupa agar konflik-konflik yang terjadi tidak menganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Control sosial ini sendiri juga bertugas sebagai upaya menyeimbangkan keadaan di masyarakat sebagai contoh tindakan sebagai makhluk sosial untuk menciptakan keserasian antara stabilitas dan perubahan akibat konflik di masyarakat. Selain itu, pengendalian sosial terdiri dari hal-hal yang memelihara dan menjaga ikatan sosial yakni hukum berfungsi untuk memelihara ketertiban dan mencapai keadilan. Sehingga dapat mencegah warga dari perbuatan yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

  • Hukum sebagai sarana social engineering

Hukum sebagai sarana social engineering adalah hukum dibutuhkan oleh masyarakat baik yang sedang mengalami pembangunan atau pergolakan serta memelihara kekuatan guna menciptakan dan menjaga ikatan sosial sesama masyarakat. Dalam konsep ini juga diadakan pengetahuan tentang lembaga lain guna mengubah pola pikir masyarakat menuju modernisasi peningkatan taraf hidup masyarakat dari yang masih berpikir secara tradisional menuju pemikiran yang lebih modern.

Adapun sifat-sifat politik hukum antara lain:

Pendapat Bagi Manan dalam kutipan Kotan Y. Stefanus dalam bukunya “Perkembangan Kekuasaan Pemerintahan Negara” bahwa sifat-sifat politik hukum terdiri dari :

  • Politik hukum besifat tetap (permanen)

Politik hukum tetap di Indonesia harus memiliki satu sistem hukum yakni Sistem Hukum Nasional . Seperti kita ketahui, setelah Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, politik hukum yang berlaku adalah politik hukum nasuonal hyng terdiri dari Hukum Islam (yang dimasukkan adalah asas-asasnya), Hukum Adat (yang dimasukkan adalah asas-asasnya) dan Hukum Barat (yang dimasukkan adalah asas-asasnya). Sistem hukum nasional dibangun berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pembentukan hukum harus sepenuhnya didasarkan pada aspirasi dan partisipasi masyarakat sebagai contoh objek sosiologi sebab peran penting dari pembentukan hukum adalah masyarakat itu sendiri.

  • Politik hukum bersifat temporer

Politik hukum yang dimaksud adalah kebijaksanaan yang sudah ditetapkan dari waktu ke waktu menurut kebutuhan masing-masing.

Demikian perbedaan sosiologi hukum dan politik hukum, semoga bermnfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, February 2019 / 03:37 Oleh :
Kategori : Hukum