Sponsors Link

Perbedaan Resosialisasi dan Sosialisasi yang Mudah Untuk Anda Pahami

Sponsors Link

Dalam dunia sosiologi, sosialisasi memiliki beberapa kajian ilmu. Hal ini terjadi akibat dari perkembangan zaman yang semakin hari menuntut manusia untuk melakukan banyak interaksi sosial dan jenis struktur sosial sesuai dengan arus global dan kebutuhan masyarakat pada era ini. Salah satu kajian ilmu tersebut adalah resosialisasi. Berikut ulasannya!

ads

Perbedaan Resosialisasi dan Sosialisasi

  1. Berdasarkan Pengertian

Resosialisasi adalah tahap-tahap sosialisasi  proses pembelajaran norma, nilai, sikap dan perilaku untuk memunculkan suatu identitas diri atau kekhasan baru pada diri individu. Proses resosialisasi sendiri biasanya ada yang secara sukarela dilakukan oleh individu tersebut, namun tak jarang juga yang dilakukan dengan tidak sukarela. Sementara, sosialisasi adalah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai, kebiasaan dan aturan dalam berperilaku di masyarakat sesuai dengan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi sejak dari satu generasi ke generasi lainnya. Contoh proses sosialisasi adalah pembelajaran ini disesuaikan dengan peran dan status sosial yang dimiliki oleh individu dalam suatu kelompok masyarakat. Berikut adalah beberapa pengertian dari sosialisasi menurut para ahli:

  • Menurut Soejono Dirdjosisworo, sosialisasi terdiri dari tiga arti yakni sosialisasi sebagai proses belajar dan mengubah impuls-impuls guna mempelajari cara hidup dan kebudayaan masyarakat. Sosialisasi juga disebut sebagai suatu kebiasan, sikap, ide-ide, pola nilai dan tingka laku individu dalam masyarakat. Terakhir, sosialisasi diartikan sebagai suatu sifat dan kecakapan yang dipelajari sebagai satu kesatuan dalam diri seseorang.
  • Menurut Charlotte Buhler, sosialisasi merupakan cara membantu anggota masyarakat untuk belajar mengenai caa hidup dan cara berpikir agar seseorang dapat berfungsi dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Menurut Peter L. Berger, sosialisasi adalah proses seorang anak belajar bepartisipasi menjadi anggota dalam suatu masyarakat
  1. Berdasarkan konsep

Seperti kita ketahui, resosialisasi biasnaya dilakukan oleh suatu institusi sosial. Irving Goffman menyebutkan institusi yang menjadi tempat berlangsungnya resosialisasi adalah suatu tempat tinggal atau bekerja. Didalam institusi tersebut terdiri dari beberapa individu yang memiliki macam macam kelas sosial sama atau kepentingan sama, terpisah dari keluarga, teman-teman dan masyarakat luas dalam jangka waktu tertentu guna menjalankan kehidupan baru yang diatur secara formal. Atau dalam arti lain, resosialisasi terjadi setiap kali kita mempelajari proses terjadinya interaksi sosial yang tidak sesuai dengan kondisi kita yang sebelumnya. Contoh insitusi sosial sebagai tempat resosialisasi adalah penjara atau lembaga pemasyarakatan, rumah sakit jiwa, lembaga pendidikan militer dan lembaga lainnya. Resosialisasi juga disebut sebagai proses rehabilitas sosial untuk menjadikan individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dalam tahap resosialisasi ini, individu akan mendapatkan serangkaian kegiatan pemulihan psikososial agar seseorang kembali pada keluarga dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Berbeda dengan resosialisasi, sosialisasi memiliki beberapa tujuan diantaranya bagi individu dan masyarakat. Bagi individu, sosialisasi adalah suatu pedoman untuk mengenal dengan baik identitas individu dengan lingkungan mulai dari norma, nilai, sosial dan budaya, lingkungan tempat tinggal ataupun struktur sosial bahkan membutuhkan adanya peran keluarga dalam proses sosialisasi.

Sehingga seseorang tersebut dapat lebih mawas diri, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, melakukan berbagai keterampilan serta menamkan nilai-nilai dan kepercayaan. Sedangkan bagi masyarakat, sosialisasi adalah media untuk melestarikan, menyebarkan dan mewariskan nilai, norma dan kepercayaan yang ada dalam masyarakat untuk kemudian dapat dijaga satu dengan yang lainnya agar tidak terjadi contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat. Demikian perbedaan resosialisasi dan sosialisasi, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 26th, December 2018 / 04:40 Oleh :
Kategori : Sosiologi