Sponsors Link

24 Perbedaan Pranata dan Lembaga Sosial Secara Jelas dan Paling Lengkap

Sponsors Link

Pengertian pranata, menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) yaitu sistem tingkah laku sosial yang bersifat resmi serta adat-istiadat dan norma yang mengatur tingkah laku itu, dan seluruh perlengkapannya guna memenuhi berbagai kompleks kebutuhan manusia dalam masyarakat. Sedangkan pengertian lembaga menurut KBBI yaitu badan (organisasi) yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan keilmuan atau melakukan suatu usaha.

ads

Supaya lebih mudah dipahami, berikut adalah uraian mengenai perbedaan pranata dan lembaga sosial berdasarkan unsur pembandingnya.

1. Pengertian

Berikut adalah beberapa pengertian pranata sosial menurut para ahli:

  • Menurut Bruce J. Cohen, pranata merupakan sistem pola sosial yang tersusun rapi dan relatif permanen serta mengandung sekumpulan perilaku tertentu demi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.
  • Menurut Soekanto, pranata sosial merupakan suatu bentuk lembaga masyarakat yang mengandung pengertian-pengertian abstrak mengenai norma dan peraturan tertentu sebagai ciri dari suatu lembaga.
  • Menurut Koentjaraningrat, pranata sosial yaitu sistem tata kelakuan dan hubungan antar manusia yang berfokus pada aktivitas tertentu dalam kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Pranata juga memiliki maksud sebagai pengatur perilaku dan interaksi masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa pranata sosial merupakan sistem norma di dalam kehidupan masyarakat untuk mengatur dan memenuhi kebutuhannya.

Berikut adalah beberapa pengertian lembaga menurut para ahli:

  • Menurut Thomas dan Adelman, lembaga merupakan salah satu bentuk interaksi manusia yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu nilai yang digunakan sebagai pijakan bagi lembaga, hukum dan peraturan yang harus ditaati, serta peraturan yang mengikat demi kelancaran segala proses yang terjadi dalam lembaga.
  • Menurut MacMillan, lembaga yaitu hubungan antara norma-norma, keyakinan-keyakinan, dan nilai-nilai nyata yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sosial, berupa tindakan yang penting dan diulang-ulang.
  • Menurut Hendropuspito, lembaga didefinisikan sebagai bentuk lain dari organisasi yang tetap serta tersusun dari pola kelakuan, peranan, dan relasi yang mengikat demi terpenuhnya kebutuhan sosial.

Secara singkat, pranata sosial merupakan bentuk abstrak dari sistem nilai yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan sosial manusia. Sedangkan lembaga adalah wujud nyata dari upaya untuk menjalankan norma-norma dalam pranata sosial.

2. Komponen Utama

Pranata sosial memiliki komponen utama berupa adat istiadat, norma-norma, atau sistem aturan lainnya. Sistem ini memiliki pengikut yang bisa dengan bebas datang dan pergi. Kedatangan dan kepergian pengikut pranata pada umumnya tidak mengganggu keberadaan pranata.

Lembaga sosial memiliki komponen utama berupa sekumpulan orang yang berkumpul karena memiliki kesamaan, kemudian beraktivitas dalam suatu bidang tertentu. Kedatangan dan kepergian anggota lembaga dapat mengganggu keberadaan lembaga. Lembaga sosial memiliki beberapa syarat-syarat dan sifat-sifat tertentu.

3. Sifat

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pranata sosial memiliki pengikut yang kedatangan dan kepergiannya tidak mengganggu keberadaan pranata. Hal ini karena pengikut atau anggota pranata hanya melaksanakan fungsi dari status yang dimilikinya.

Sponsors Link

Sebaliknya, untuk syarat-syarat lembaga sosial, keberadaan lembaga sosial dapat terganggu dengan adanya kedatangan atau kepergian anggota, terutama oleh kepergian anggota lembaga. Para anggota lembaga menjalankan suatu aktivitas tertentu yang menggerakkan lembaga. Apabila anggotanya keluar, maka keberadaan lembaga dapat terganggu. Terutama apabila semua anggotanya keluar, maka lembaga bisa bubar.

4. Contoh

Untuk memahami perbedaan pranata dan ciri-ciri lembaga sosial berdasarkan contohnya, simak tabel berikut:

Pranata SosialLembaga Sosial
Contoh pranata Pendidikan MenengahSMA Negeri 8 Jakarta, SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 3 Semarang, dll
Pendidikan TinggiInstitut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dll
JurnalistikPersatuan Jurnalis Indonesia, Republika Penerbit, Penerbit Erlangga, dll
Kegiatan Kesiswaan/KemahasiswaanOSIS, Perkumpulan Mahasiswa Sastra, Ikatan Mahasiswa Sosial, Himpunan Mahasiswa Teknik, dll
KeluargaKeluarga Pak Andi, Keluarga Pak Burhan, dll
Agama Islam, Agama Kristen, Agama Katolik, Agama Hindu, Agama Buddha, Agama KonghucuMajelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin)

5. Fungsi

Sponsors Link

Pranata dan lembaga sosial memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsi dan tujuan pranata sosial:

  • Sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia
  • Menertibkan kehidupan bermasyarakat
  • Sebagai pedoman bagi manusia
  • Menjaga keutuhan persatuan masyarakat
  • Sebagai alat untuk pengendalian sosial

Sedangkan berikut adalah fungsi dari lembaga sosial:

  • Sebagai pedoman bagi masyarakat agar dapat menyesuaikan diri dan menaati nilai serta norma yang berlaku
  • Sebagai penggerak masyarakat agar lebih dinamis serta sebagai stabilitator agar ketenangan tetap
  • Menjaga keutuhan dan menghimpun anggotanya sebagai bagian dari masyarakat dengan baik
  • Mengatur kehidupan bermasyarakat
  • Lembaga sosial dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia

Proses pelembagaan nilai atau norma sosial merupakan proses bagi macam-macam nilai sosial atau norma-norma sosial untuk dapat menjadi bagian dari suatu lembaga. Proses ini dapat terjadi apabila nilai dan normal telah dipahami dan diserap oleh masyarakat, sehingga dapat berkembang menjadi suatu lembaga.

Proses ini bukanlah proses yang cepat dan instan, namun merupakan proses yang berlangsung lama. Nilai atau norma telah menjadi lembaga apabila telah diakui oleh sebagian besar masyarakat, dan memiliki status serta peran tertentu. Demikian penjelasan mengenai perbedaan pranata dan lembaga sosial. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 13th, September 2018 / 04:32 Oleh :
Kategori : Sosiologi