Sponsors Link

Inilah 3 Perbedaan Peta Atlas dan Globe Secara Umum

Sponsors Link

Peta adalah penjabaran mengenai permukaan bumi yang digambarkan dengan sangat detail di bidang yang datar dan ukuran gambarnya diperkecil tampilannya dengan menggunakan skala. Sesuai dengan pengertian peta, pembuatan peta digambarkan dari hasil proses analisis yang sangat panjang dan berbagai proses pengukuran serta perhitungannya dilakukan secara detail. Buku peta menjadi sebuah buku panduan yang banyak digunakan siswa sekolah untuk mencari berbagai data yang berhubungan dengan pelajaran geografi dan ada berbagai jenis simbol yang bisa dipelajari dalam peta.

ads

Atlas adalah kumpulan data yang didapatkan dari peta dan dibuat khusus menjadi sebuah buku. Atlas bisanya mengambil data bagian besar dari peta dan data tersebut diperkecil dalam atlas. Berbagai kondisi penduduk indonesia bisa terlihat dari catatan atlas dan kini atlas dibuat dengan sangat minimalis yang memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Ada beberapa jenis atlas yang mudah ditemui seperti atlas negara dan atlas dunia. Data peta yang dibuat buku menjadikan pembacaan datanya menjadi lebih jelas dan memudahkan para pemula mencari informasi letak geografis.

Globe adalah sebuah alat yang dibuat khusus menyerupai bentuk bumi yang bulat dan semua data yang ada di globe sangat menyerupai bumi, namun gambarannya diperkecil. Globe memang dilengkapi dengan garis lintang dan garis bujur yang bermanfaat sebagai batas atau alat ukur. Globe seringkali dijadikan alat peraga oleh para pengajar untuk memberikan gambaran geografis mengenai dunia dan dengan globe pelajar pun dimudahkan, karena dapat mengetahui gambaran bumi yang sebenarnya. Berikut ini ada beberapa perbedaan peta atlas dan globe:

1. Pembuatan

Peta dibuat dari sebuah bidang yang datar dan atlas dibuat dengan cara dibuatkan buku, sedangkan globe dibuat menyerupai bentuk asli dari bumi yaitu bulat. Dari ketiganya ada perbedaan dari segi pembuatan dan cara pembacaannya pun menjadi sangat berbeda. Pada suatu wilayah atau kawasan pengaruh letak geografis menjadi sangat penting dalam kemajuan berbagai bidang seperti sosial dan ekonomi.

2. Fungsi

Dari segi fungsinya peta, atlas dan globe memiliki perbedaan yang mencolok dan peta sering digunakan untuk mencari petunjuk suatu lokasi atau petunjuk suatu posisi dan altas digunakan untuk menunjukkan suatu lokasi serta seringkali digunakan untuk membandingkan luas suatu wilayah, sedangkan globe memiliki peranan untuk mencari berbagai informasi mengenai titik koordinat, mengetahui letak astronomi pada suatu wilayah, bisa menunjukkan adanya siklus siang serta malam, adanya garis lintang, adanya garis bujur dan adanya gerakan rotasi pada bumi. Dengan adanya dampak globalisasi membuat penggunaan peta, atlas dan globe menjadi sangat berkurang.

3. Pembacaan

Proses pembacaan peta, atlas dan globe memang sangatlah berbeda, namun dengan bentuknya yang menyerupai bumi membuat globe lebih mudah untuk dipahami. Secara pembacaan tentu peta sangat mudah, tapi dengan globe seseorang yang melihatnya akan mudah untuk paham dan ada banyak cara pembacaan yang bisa dilakukan. Ada beberapa ciri-ciri era globalisasi informasi yang terjadi dan hal ini menjadikan penggunaan peta, atlas dan globe menjadi sangat berkurang.

Sekian ulasan lengkap mengenai perbedaan peta atlas dan globe yang bisa disajikan.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Post Date: Monday 15th, April 2019 / 09:13 Oleh :
Kategori : Pendidikan