Sponsors Link

8 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif yang Harus Di Pahami

Sponsors Link

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat ditelisik dari berbagai sudut pandang. Akan tetapi bagi para pemula alias peneliti newbie atau juga para mahasiswa yang hendak menyelesaikan tugas akhir kerap kali masing kesulitan dalam membedakan keduanya. Kebanyakan, tak sedikit orang yang menganggap jika  penelitian kuantitatif ialah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mencari sekaligus sebagai salah satu cara dalam mengumpulkan data yang mampu diukur menggunakan angka atau persentase. Sedangkan penelitian kualitatif hanya tentang kata. Secara garis besar, penelitian kualitatif ialah sebuah penelitian yang sifatnya lebih menjelaskan atau deskripsi, dan condong menggunakan analisis serta lebih memperlihatkan proses maknanya. Dan sangat berbeda dengan jenis penelitian sosial.

ads

Pengertian Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif menurut Ahli

Agar lebih jelas tentang perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif berikut akan dijelaskan pengertian dari keduanya menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menurut Sugiyono, metode penelitian kuantitatif ialah penelitan yang berlandaskan filsafat positivisme. Metode satu ini digunakan untuk meneliti sampel dan populasi penelitian, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang secara umum dilakukan secara random sampling. Sedangkan penelitian kualitatif merupakan sebuah pengambilan data yang berlandaskan pada filsafat post positivisme. Metode satu ini kerap digunakan dalam meneliti kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti menjadi instrument kunci.
  2. Menurut Earl R. Babbie, penelitian kuantitatif menggunakan numerik atau angka-angka yang menekankan proses penelitian melalui pengukuran hasil yang objektif dengan menggunakan analisis statistik. Penelitian ini memiliki fokus untuk mengumpulkan data set dan kemudian melakukan generalisasi dalam menjelaskan fenomena tertentu yang sedang dialami oleh populasi.
  3. Menurut Norman Denzin dan Yvonna S. Lincon, penelitian kualitatif lebih menekankan pada aspek konstruksi sosial dari realitas. Proses penelitian kualitatif lebih berfokus kepada pengungkapan makan sosial dari sebuah fenomena yang dibangun oleh subjek penelitian.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Setelah mengetahui pengertian keduanya, tiba saatnya mengetahui perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dilihat dari berbagai segi. Yang perlu digaris bawahi, kedua metode penelitian tadi tak selamanya saling bertolak belakang satu dengan yang lain. Ada pula beberapa hal juga mempunyai kemiripan. Dan berikut merupakan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif :

  1. Desain Penelitian

Desain penelitian kuantitatif memiliki sifat khusus, statis, dan terperinci. Untuk alurnya sendiri sudah direncanakan sejak awal penelitian dan tak bisa dirubah kembali. Sedangkan penelitian kualitatif bersifat umum, dinamis dan fleksibel. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dapat berkembang selama proses penelitian berlangsung.

  1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data penelitian kuantitatif dilakukan menggunakan serangkaian instrument atau alat penelitian (misalnya berupa alat tes/kuesioner). Setelah terkumpul, data dikonversi menggunakan kriteria yang sebelumnya sudah ditentukan, kualitas pada pendekatan kuantitatif sangat ditentukan oleh jumlah responden penelitian yang dilibatkan. Untuk pengumpulan data metode kualitatif lebih fokus pada suatu hal yang tak bisa diukur oleh hitam dan putih kebenaran, alhasil pada proses penelitian kualitatif peneliti akan mengorek data seakar-akarnya untuk hal-hal tertentu. Sehingga, kualitas penelitian kualitatif tak ditentukan dari banyaknya narasumber yang dilibatkan, namun kualitas metode satu ini tergantung seberapa dalam peneliti mencari informasi yang sifatnya spesifik dari narasumber.

  1. Analisa Data

Untuk analisa data, penelitian kuantitatif baru bisa dianalisa pada saat tahap akhir sebelum dilakukan laporan. Sedangkan metode kualitatif dapat dianalisa selama proses penelitian berlangsung, sebagai salah satu cara melihat proses interaksi sosial dalam penelitian.

Sponsors Link

  1. Representasi Data

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif berikutnya dapat dilihat dari reprensentasi data. Hasil penelitian kuantitatif dipresentasikan dalam wujud hasil perhitungan matematis. Hasil penghitungan tersebut dijadikan sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Sah ataupun tidaknya pendekatan kuantitatif sangat dipengaruhi oleh validitas serta reliabilitas alat ukur yang digunakan. Berbanding terbalik, hasil penelitian kualitatif berwujud pendapat atau pandangan peneliti tentang sebuah kejadian alias fenomena, alhasil laporan penelitian yang disajikan akan mengandung banyak deskripsi.

  1. Jenis Data dan Tujuan Penelitian

Jenis data yang digunakan untuk penelitian kuantitatif adalah numerik dan statistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan hubungan antara variable, menguji generalisasi fenomena yang sedang diteliti, menguji sebuah teori dan masih banyak lainnya. Sedangkan penelitian kualtitatif memiliki jenis data berupa deskriptif dan eksploratif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam, mendiskripsikan kenyataan serta kompleksitas sosial, mengembangkan teori dan lain sebagainya.

  1. Cara Melihat Fakta

Dari segi melihat fakta, pendekatan kuantitatif memandang kebenaran diletakkan pada objek penelitian sesuai dengan kondisi di lapangan. Peneliti dituntut untuk netral serta tak memihak. Apapun penemuan yang ada di lapangan, itu merupakan fakta. Penelitian kuantitatif berawal dari teori kemudian menuju data. Sangat berbeda, untuk penelitian kualitatif memandang fakta yang ada di lapangan dipengaruhi oleh sudut pandang penelitian dalam menginterpretasikan data. Hal tersebut terjadi karena adanya hal-hal kompleks yang tak dapat didiskripsikan menggunakan angka, misalnya perasaan manusia. Penelitian kualitatif berangkat dari data lalu diterjemahkan oleh teori-teori yang dirasa sesuai, untuk memperoleh sebuah teori yang dapat menguatkan teori yang sudah ada sebelumnya.

Sponsors Link

  1. Istilah Subjek Penelitian dan Macam Metode

Penelitian kuantitatif menggunakan istilah subjek penelitian dengan sebutan responden dan menggunakan metode pengambilan data diantaranya yaitu:

  • Eksperimen
  • Survey
  • Korelasi
  • Regresi
  • Analisis jalur
  • Expost facto

Sedangkan untuk metode kualitatif menerapkan istilah narasumber kepada subjek penelitiannya dan menggunakan metode pengambilan data sebagai berikut, antara lain :

  • Etnografi
  • Fenomenologi
  • Studi kasus
  • Historis
  • Grounded theory

Nah demikianlah perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Saturday 13th, July 2019 / 03:38 Oleh :
Kategori : Pendidikan