Sponsors Link

10 Perbedaan PBB dan ASEAN Paling Lengkap

Sponsors Link

Perkembangan dunia akan semakin terlihat pada era yang semakin maju. Dengan adanya suatu perubahan dunia menandakan bahwa efek globalisasi sudah terjadi. Perubahan dunia bisa menyebabkan dampak positif dan negatif. Dampak positif dan negatif globalisasi akan dirasakan oleh semua negara yang ada di dunia ini. Dengan adanya perubahan secara global, hampir semua negara turut mengikuti perubahan yang terjadi. Perubahan yang semakin lama, semakin menunjukkan bahwa teknologi akan semakin berkembang dengan sangat pesat dibandingkan sektor-sektor lainnya. Perubahan di bagian teknologi akan terus dikembangkan oleh negara-negara yang berpotensi untuk emnghasilkan berbagai inovasi teknologi terbaru. Banyak hal yang bisa dieksplore lebih dalam dan banyak ide yang diciptakan menjadi suatu teknologi yang bisa membantu untuk penyelesaian permasalahan disekitarnya.

ads

Permasalahan akan mudah menyerang berbagai negara. Bahkan masalah negara berkembang juga akan menjadi suatu hal yang harus diselesaikan dengan sigap. Dengan adanya suatu organisasi yang ikut membantu ketika ada permasalahan akan membantu meringankan beban negara. Ketika suatu negara mengalami masalah, sebagai makhluk sosial, negara-negara lainnya juga akan ikut membantu karena setiap negara dengan negara lainnya seperti saudara. Dengan adanya rasa saling tolong menolong antar setiap negara akan menimbulkan rasa persaudaraan dan saling menjalin kerjasama dengan baik.

 

PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa)

PBB merupakan organisasi dunia dan berada di tingkat internasional yang menaungi banyak negara di dunia ini. Negara yang tergabung dalam PBB adalah hampir semua negara yang ada dalam dunia ini. Dengan adanya hal tersebut, PBB memiliki banyak tugas dan kewajiban untuk menjaga perdamaian dunia, serta membantu menyelesaikan masalah yang terjadi antar negara. Pada dasarnya, PBB memiliki banyak tugas dan telah dibagi menjadi beberapa elemen untuk mempermudah masing-masing bidang. Semua bagian terdapat orang yang memegang amanah dalam menjalankan perannya di PBB. Masing-masing orang akan memiliki tugas dan tanggungjawab yang berbeda. Masing-masing orang tersebut juga berasal dari berbagai negara yang berbeda.

PBB merupakan organisasi yang berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945. Dengan jumlah 51 anggota pada awal berdirinya. PBB juga memiliki tujuan untuk menjaga perdamaian dunia dan menjaga hubungan persahabatan antar bangsa-bangsa. Dengan adanya PBB, semua negara yang menjadi anggota PBB memiliki wewenang untuk menjaga hubungan baik antar negara.

ASEAN (Associations of Southeast Asians Nations)

ASEAN merupakan organisasi negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. ASEAN menjadi organisasi geo-politik dan ekonomi. ASEAN pertama kali didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, di Bangkok, Thailand. Organisasi ASEAN didirikan atas tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kebudayaan, dan kemajuan sosial di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga memiliki tujuan untuk menjaga hubungan baik atau perdamaian dengan negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Dengan adanya ASEAN, semua negara yang berada pada kawasan Asia tenggara bisa terkoordinasi dengan baik dan bisa saling menjaga hubungan baik dan melakukan berbagai kerjasama yang dapat menguntungkan semua pihak.

Dengan adanya ASEAN, banyak keuntungan yang akan diperoleh masing-masing negara. Dengan adanya kerjasama yanag terjalin antar negara di wilayah Asia Tenggara akan mempermudah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada masing-masing negara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara Asia Tenggara. Adanya hal tersebut akan membawa berbagai dampak positif untuk masing-masing negara.

Perbedaan Organisasi PBB dan ASEAN

Banyak hal yang bisa menjadikan antar negara memiliki hubungan baik. Budaya yang ada disetiap negara akan menjadi suatu keunikan tersendiri. Unsur-unsur budaya universal akan mempengaruhi bagaimana negara akan bersikap. Dengan adanta koordinasi antar negara akan mempermudah proses kerjasama dan menjalin hubungan dengan baik antar negara. Hal yang seperti itu akan ada organisasi yang bertugas untuk menjaga agar hubungan baik antar negara tetap berjalan dengan baik. Organisasi dunia juga sangat berperan untuk menjaga perdamaian dunia. selain itu, membangun kerjasama dan berbagai kesepakatan antar negara dalam suatu kelompok menjadi salah satu tugas organisasi yang telah dibentuk tersebut.

Sponsors Link

Banyak organisasi dunia yang bisa berperan untuk menjaga hubungan baikantar negara. Beberapa diantaranya ada PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) dan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Kedua organisasi tersebut adalah jenis organisasi yang berbeda. Perbedaan PBB dan ASEAN bisa diketahui dengan jelas. Namun keduanya tetap memiliki banyak persamaan.

ASEAN dan PBB memiliki beberapa perbedaan. Meskipun keduanya sama-sama merupakan organisasi atau himpunan berbagai negara di dunia. Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Beberapa perbedaan PBB dan ASEAN adalah sebagai berikut:

PBB:

  1. Organisasi tingkat internasional yang diikuti hampir seluruh negara di dunia
  2. Fokus untuk menjaga perdamaian dunia, dan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkup internasional
  3. Memiliki banyak organisasi yang berada dibawah naungan PBB
  4. Keadilan terkadang sulit dilaksanakan karena terdiri dari banyak negara yang berada didalam PBB
  5. Menegakkan perjanjian dan kesepakatan dalam tingkat dunia
Sponsors Link

ASEAN:

  1. Organisasi yang hanya diikuti oleh negara-negara kawasan Asia Tenggara
  2. Fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kebudayaan dan kemajuan sosial di Asia Tenggara
  3. Hanya memiliki ASEAN namun dengan berbagai bidang didalamnya
  4. Lebih mudah untuk bersikap adil dan bijaksana karena hampir semua negara yang tergabung dalam ASEAN memiliki nasib yang sama yaitu: negara yang pernah dijajah
  5. Menegakkan perjanjian dan kesepakatan dalam tingat Asia Tenggara

Perbedaan PBB dan ASEAN bisa anda pelajari lebih dalam untuk masing-masing spesifikasi. Dengan mempelejari perbedaan PBB dan ASEAN, anda akan menjadi semakin tahu bagaimana tujuan dan berbagai fokusan masing-masing organisasi yang ada di dunia internasional. Dengan berbagai modernisasi dan globalisasi di bidang politik dan ekonomi akan mendorong agar organisasi yang melibatkan berbagai negara untuk menjaga hubungan baik antar masing-masing negara.

Dengan adanya berbagai negara yang tergabung dalam suatu organisasi akan membantu mempermudah berbagai bentuk kerjasama internasional yang bisa dilakukan antar negara. Dengan adanya berbagai bentuk kerjasama internasional yang dilakukan akan meningkatkan rasa solidaritas dan kerukunan antar setiap negara dengan negara yang lainnya. Hal ini akan menimbulkan berbagai dampak positif bagi masing-masing negara yang tergabung dalam organisasi tersebut. Oleh karena itu adanya berbagai organisasi dunia akan membantu terciptanya perdamaian antar negara hingga perdamaian dunia akan tercapai.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 04:21 Oleh :
Kategori : Pendidikan