Sponsors Link

4 Perbedaan Modernisasi dan Westernisasi Dengan Penjelasan Terlengkap

Sponsors Link

Kehidupan masyarakat senantiasa mengalami dinamika dari masa ke masa. Salah satu dinamika yang dapat kita saksikan pada era ini adalah pesatnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Muncul berbagai contoh discovery dan invention dari adanya kemajuan di dua bidang tersebut, salah satunya komputer. Komputer merupakan perangkat teknologi baru sekaligus contoh modernisasi Indonesia yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

ads

Selain komputer, muncul juga internet. Internet menjadi media yang hampir setiap hari diakses dan memungkinkan adanya proses terjadinya interaksi sosial di dunia maya yang tidak terbatas ruang dan waktu. Internet menghubungkan masyarakat di berbagai belahan bumi menjadi cybercommunity (komunitas siber) yang aktif bertukar informasi.

Pengertian Modernisasi dan Westernisasi

Sebelum membahas perbedaan modernisasi dan westernisasi, ada baiknya kita mengetahui pengertian kedua istilah tersebut. Modernisasi merupakan upaya hidup mengikuti zaman sekarang dengan menerapkan pengetahuan pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Adapun westernisasi ialah sikap meniru dan menerapkan unsur-unsur kebudayaan Barat sebagaimana adanya tanpa diseleksi. Merujuk definisi kedua istilah ini, modernisasi melibatkan unsur pengetahuan selama proses terjadinya modernisasi, sehingga perubahan yang dihasilkan lebih terarah. Berbeda dengan westernisasi yang menelan mentah budaya Barat menjadi gaya hidup.

Perbedaan Modernisasi dan Westernisasi

Layaknya interaksi sosial secara langsung, interaksi sosial yang terjadi melalui internet pun memungkinkan para pelakunya saling menyaksikan unsur-unsur budaya satu sama lain. Contoh nyatanya dapat kita temui dengan adanya penetrasi budaya lain yaitu budaya Barat dalam kehidupan masyarakat Indonesia melalui contoh realitas sosial budaya standing party.

Standing party tumbuh menjadi budaya berpesta baru yang berbeda dengan gaya berpesta sebelumnya di Indonesia yang cenderung khidmat sambil duduk. Modernisasi dan westernisasi dengan ini seakan muncul bersamaan sebagai bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi saat ini. Meski begitu, modernisasi dan westernisasi merupakan  fenomena sosial budaya yang berbeda satu sama lain. Perbedaan keduanya akan dibahas dalam artikel kali ini.

Modernisasi dan westernisasi dapat dikenali perbedaannya melalui empat aspek, yaitu pihak yang membutuhkan, keterkaitan dengan nilai agama dan budaya pribumi, esensi perubahan, dan proses perkembangan. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pihak yang membutuhkan

Dampak modernisasi yang positif senantiasa dibutuhkan setiap negara untuk meningkatkan produktivitas masyarakatnya, sedangkan westernisasi tidak demikian. Siapapun dapat mengakses informasi mengenai negara Barat dan diambil manfaatnya oleh siapapun selama orang tersebut butuh.

  • Keterkaitan dengan nilai agama dan budaya pribumi

Modernisasi mayoritas berkisar pada bentuk-bentuk kasat mata, sehingga modernisasi tetap dapat berlangsung tanpa mengenyampingkan nilai agama dan budaya Indonesia, khususnya Jawa Barat. Adapun westernisasi jelas berkiblat ke negara-negara Barat yang sudah terkenal dengan istilah “kebebasan”. Nilai-nilai kebebasan negara Barat seringkali berbenturan dengan budaya Indonesia misalnya cara bergaul antara pria dan wanita yang bebas. Westernisasi dengan ini bertendensi negatif karena mengenyampingkan nilai agama dan budaya Indonesia.

  • Esensi perubahan

Perbedaan modernisasi dan westernisasi selanjutnya terletak pada esensi perubahannya. Modernisasi tidak mutlak sebagai westernisasi atau sekularisasi, sedangkan westernisasi jelas pembaratan.

  • Proses perkembangan

Modernisasi dalam perkembangannya bersifat lebih umum dibandingkan westernisasi datau sekularisasi karena mencakup banyak bidang utama kehidupan sosial. Adapun westernisasi cenderung berkembang melalui adopsi cara hidup seperti tata cara dan jenis makanan, cara bergaul, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai empat perbedaan modernisasi dan westernisasi. Semoga dapat memudahkan kita untuk mengidentifikasi  lebih lanjut beragam contoh modernisasi dan westernisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 17th, October 2018 / 02:34 Oleh :
Kategori : Sosiologi