Sponsors Link

4 Perbedaan Modernisasi dan Globalisasi Dengan Penjelasan yang Jelas

Sponsors Link

Tahun 2000-an menjadi tahun yang identik dengan hadirnya kemajuan di berbagai bidang kehidupan masyarakat, khususnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak contoh discovery dan invention yang dapat kita temukan sebagai alat yang mampu mempermudah pekerjaan masyarakat. Hampir seluruh komponen peralatan hidup yang tadinya bersifat tradisional berubah menjadi peralatan hidup modern. Contohnya orang yang biasa menggunakan surat untuk berkomunikasi pada zaman dahulu telah beralih menggunakan ponsel.

ads

Ponsel merupakan alat komunikasi zaman sekarang yang kini telah umum digunakan. Banyak fitur yang disuguhkan ponsel salah satunya dapat menjangkau orang yang jauh hanya dengan terhubung sinyal telepon. Ponsel dengan ini dapat dikategorikan contoh modernisasi Indonesia di bidang telekomunikasi. Selain itu, ponsel pun kini telah dilengkapi adanya internet yang semakin memberikan kemudahan bagi proses terjadinya interaksi sosial antar orang-orang tanpa batas ruang dan waktu. Informasi pun menjadi konsumsi masyarakat yang mudah ditukarkan setiap harinya. Sosiologi menyebut contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat ini dengan istilah globalisasi.

Modernisasi dan globalisasi sama-sama muncul sebagai bentuk-bentuk perubahan sosial masyarakat, serta seakan muncul dalam waktu yang bersamaan. Namun, ternyata ada beberapa perbedaan yang dapat kita kenali dari modernisasi dan globalisasi. Nah perbedaan tersebut akan kita kupas pada artikel kali ini. Sebelumnya, mari kita simak penjelasan mengenai definisi modernisasi dan globalisasi.

Definisi Modernisasi dan Globalisasi

Modern dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti yang terbaru atau cara-cara baru. Modern dengan ini identik dengan unsur kebaruan. Lebih kompleksnya, modernisasi yaitu suatu proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dengan seluruh aspeknya dari tradisional ke modern. Wujud dari modernisasi umumnya berupa munculnya peralatan-peralatan baru dan perubahan sikap dan perilaku masyarakat yang dapat kita kenali ciri-cirinya sebagai ciri-ciri manusia modern. Contoh modernisasi dalam masyarakat salah satunya penggunaan kuda sebagai alat transportasi mulai terganti dengan mobil.

Ada pun globalisasi ialah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui berbagai media. Globalisasi dicirikan dengan hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. Globalisasi memunculkan kehidupan baru yang disebut global village (desa global) yang memungkingkan pertukaran informasi bahkan pertukaran unsur-unsur budaya, sedangkan masyarakat pelakunya disebut cybercommunity (komunitas siber).

Perbedaan Modernisasi dan Globalisasi

Berdasarkan uraian di atas, kita dapat menyimpulkan adanya perbedaan antara modernisasi dan globalisasi, khususnya dari segi definisi. Perbedaan modernisasi dan globalisasi dapat disebutkan lebih rinci sebagai berikut :

  1. Modernisasi muncul sebagai perubahan sosial yang berjalan dari waktu ke waktu dan mengubah cara-cara lama dengan cara baru. Modernisasi hadir atas adanya kecenderungan masyarakat yang tidak puas dengan keadaan yang ada dan berusaha untuk memperoleh keadaan yang lebih baik. Adapun globalisasi justru muncul sebagai efek adanya modernisasi dari segi teknologi yang sudah ada saat ini, yang mana mampu memudahkan masyarakat berkomunikasi;
  2. Output modernisasi dominan berbentuk benda konkret, sedangkan globalisasi outputnya lebih pada informasi;
  3. Dari sisi pelakunya, masyarakat yang tergolong benar-benar manusia modern memiliki pola pikir yang cerdas. Mereka selektif dalam memilih informasi dan senantiasa berpikir realistis serta objektif ketika dihadapkan hal-hal baru. Ada pun orang yang terpapar globalisasi belum tentu menjadi manusia modern karena memungkinkan siapa saja dapat mengakses informasi tanpa tujuan, tanpa bersikap selektif, sehingga informasi yang diperoleh pun berpotensi tidak berkualitas;
  4. Modernisasi mengubah cara berpikir tradisional dan irrasional menjadi cara berpikir yang rasional, berorientasi efektivitas dan efisiensi, serta praktis, sedangkan globalisasi lebih beriorientasi pada peningkatan saling ketergantungan antara negara di dunia, sehingga memunculkan persepsi bahwa tidak ada satu pun negara yang dapat bertahan tanpa berinteraksi dengan negara lain.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan modernisasi dan globalisasi. Semoga semakin memperluas wawasan kita ya !

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 22nd, October 2018 / 02:29 Oleh :
Kategori : Sosiologi