Sponsors Link

Perbedaan Migrasi Nasional dan Migrasi Internasional Penjelasan Terjelas

Sponsors Link

Migrasi adalah contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat berupa suatu perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah yang lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional) karena beberapa faktor yang memengaruhi dinamika penduduk seperti dampak kepadatan penduduk yang terjadi. Migrasi ada yang bersifat permanen (menetap) atau non permanen (sementara).

ads

Migrasi tetap biasanya adalah orang-orang yang bekerja dan memilih tempat tinggal di daerah yang dituju. Sedangkan migrasi sementara biasanya adalah wisatawan asing yang berlibur dan tinggal sementara di suatu negara. Pada kesempatan kali ini akan dijabarkan beberapa perbedaan migrasi nasional dan migrasi internasional. Berikut ulasannya!

Perbedaan Migrasi Nasional dan Migrasi Internasional

Adapun perbedaan-perbedaan migrasi nasional dan migrasi internasional diantaranya :

  1. Pengertian

Migrasi nasional adalah perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain namun masih di dalam satu negara. Sedangkan migrasi internasional adalah perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain melewati perbatasan kedua negara tersebut.

  1. Jenis

Jenis-jenis migrasi internasional, antara lain :

  • Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara lain masuk ke dalam suatu negara. Contohnya penduduk Singapura datang ke Indonesia untuk bekerja
  • Emigrasi adalah contoh dinamika penduduk berupa perpindahan dari dalam negeri menuju luar negeri. Contohnya penduduk Indonesia yang pergi ke Malaysia untuk bekerja
  • Remigrasi adalah perpindahan penduduk yang datang dari suatu negara untuk kembali ke negaranya sendiri. Contohnya penduduk Indonesia yang kembali ke tanah air setelah belajar di Inggris.

Adapun jenis-jenis migrasi nasional, diantaranya :

  • Transmigrasi adalah salah satu macam-macam mobilitas sosial yakni perpindahan penduduk dari satu pulau ke pulau lainnya dalam satu negara
  • Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota guna menetap dan mencari kesejahteraan hidup yang lebih baik
  • Ruralisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk menetap dan tinggal
  • Evakuasi adalah perpindahan penduduk dari tempat yang tidak aman menuju ke tempat yang lebih aman. Contohnya evakuasi banjir, tanah longsor atau gempa bumi
  • Migrasi sirkuler adalah perpindahan penduduk agar lebih dekat dengan tempat sekolahnya atau tempat kerjanya
  1. Dampak

Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif migrasi internasional :

  • Dampak Emigrasi

Dampak positif dari emigrasi adalah menambah pundi-pundi devisa dari penukaran mata uang asing atau memperkenalkan budaya negara ke negara lain. Sementara dampak negatif dari emigrasi adalah dapat memperburuk citra negaranya jika emigran tidak resmi  dan lainnya.

  • Dampak Imigrasi
Sponsors Link

Dampak positif dari imigrasi adalah menambah tenaga ahli, solidaritas antar bangsa serta mempercepat menyebarnya teknologi. Dampak negatif dari imigrasi adalah masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sehingga memunculkan bentuk-bentuk konflik sosial atau masuknya barang-barang haram seperti pengedaran narkoba.

Adapaun dampak positif dan negatif dari migrasi nasional, diantaranya :

  • Dampak urbanisasi

Perbedaan transmigrasi dan urbanisasi adalah dari dampak positif urbanisasi yang ditimbulkan yakni mengurangi pengangguran di desa dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja di kota. Sedangkan dampak negatif dari urbanisasi adalah berkurangnya tenaga ahli di desa, permukiman kumuh meningkat serta tindakan kriminalitas merajalela.

  • Dampak transmigrasi

Dampak positif tansmigasi adalah mengurangi pengangguran di daerah yang padat penduduknya, meningkatkan kesejahteraan hidup transmigan dan mempercepat persebaran penduduk. Dampak negatif dari transmigrasi adalah munculnya kecemburuan sosial antar masyarakat serta terbengkalainya tanah-tanah pertanian karena transmigran yang tidak ingin kembali ke daerah asal.

Demikian perbedaan migrasi nasional dan migrasi internasional, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 08:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi