Sponsors Link

Perbedaan Migrasi Internasional dan Migrasi Nasional yang Mudah Anda Pahami

Sponsors Link

Istilah negara umumnya identik dengan keberadaan suatu wilayah. Padahal, istilah negara tidak dapat disematkan pada suatu wilayah jika tidak memenuhi syarat-syarat berdirinya negara. Syarat-syarat tersebut meliputi syarat de jure dan de facto. Syarat de jure berkaitan dengan syarat kehukuman berupa pengakuan dari negara lain, sedangkan syarat de facto berkaitan dengan unsur fisik seperti memiliki wilayah, pemerintahan yang berdaulat, dan rakyat.

ads

Nah artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu unsur fisik yang perlu dimiliki sebuah negara yaitu rakyat, khususnya rakyat kategori penduduk. Penduduk ialah mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili dalam suatu negara (menetap). Umumnya, sebutan penduduk lazim digunakan bagi orang-orang yang lahir secara turun temurun dan tumbuh di negara tersebut.

Meski sudah menetap di wilayah tertentu, penduduk akan dihadapkan pada dinamika penduduk akibat adanya faktor yang memengaruhi dinamika penduduk berupa angka kelahiran dan kematian. Contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat ketika laju pertumbuhan penduduk meningkat angka kelahirannya adalah munculnya kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk ini tentu saja perlu dikendalikan pemerintah segera sebelum menimbulkan bentuk-bentuk konflik sosial. Salah satu cara mengendalikan dampak kepadatan penduduk yang dapat ditempuh pemerintah adalah menggalakan migrasi (perpindahan penduduk).

Pengertian Migrasi

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah satu ke wilayah lain dengan tujuan menetap karena faktor-faktor tertentu, sekurang-kurangnya selama enam bulan. Migrasi dalam kata lain dapat dikatakan sebagai macam-macam mobilitas sosial jenis gerak geografis. Migrasi tidak hanya dilaksanakan sebagai program pemerintah, tetapi dapat dilakukan penduduk saat adanya bencana alam, peperangan, dan kesulitan hidup di daerah asal. Adapun faktor-faktor lain yang memengaruhi migrasi meliputi faktor yang terdapat di daerah tujuan, faktor perjalanan, dan faktor individu.

Selanjutnya, terdapat dua jenis migrasi yang perlu kita ketahui, yaitu migrasi internasional dan migrasi nasional. Perbedaan migrasi internasional dan migrasi nasional dapat kita pahami melalui uraian di bawah ini.

Perbedaan Migrasi Internasional dan Migrasi Nasional

Migrasi internasional dan migrasi nasional sebenarnya hanya memiliki perbedaan utama pada segi wilayah pindah. Adapun pembeda lainnya adalah jenis-jenis yang dimiliki migrasi internasional dan migrasi nasional.

  • Segi wilayah pindah

Migrasi internasional atau migrasi ekstern adalah perpindahan penduduk yang melintasi batas wilayah negara lain. Contoh dinamika penduduk berupa migrasi internasional ialah keluarga Pak Andi berpindah dari Indonesia ke Jepang. Ada pun migrasi nasional atau migrasi intern yaitu perpindahan penduduk dari wilayah satu ke wilayah lain dalam suatu negara. Contohnya keluarga Mas Rudi pindah dari Jawa Timur ke Balikpapan.

  • Jenis-jenis migrasi

Perbedaan migrasi internasional dan migrasi nasional juga terletak pada jenis-jenisnya. Migrasi internasional terdiri atas tiga jenis yaitu :

  • Emigrasi, yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain;
  • Imigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara dan masuk ke negara lain;
  • Remigrasi, yaitu kembalinya penduduk dari negara lain menuju negara asalnya. Salah satu bentuk remigrasi ialah deportasi (pemulangan warga negara asing secara paksa ke negara asalnya akibat kasus hukum).

Berbeda dengan migrasi internasional, migrasi nasional hanya memiliki dua jenis migrasi yaitu transmigrasi dan urbanisasi. Perbedaan transmigrasi dan urbanisasi dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari yang padat penduduknya ke wilayah yang jarang penduduknya;
  • Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa dan kota.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan migrasi internasional dan migrasi nasional yang perlu kita ketahui. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai fenomena terjadinya migrasi penduduk di Indonesia.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Saturday 24th, November 2018 / 10:30 Oleh :
Kategori : Sosiologi