Sponsors Link

5 Perbedaan Komposisi Penduduk dan Dinamika Penduduk di Indonesia

Sponsors Link

Dalam mengatasi dampak masalah sosial, ada banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah dengan melakukan pendataan terhadap penduduk suatu daerah. Salah satu sisi yang didata tersebut adalah tentang komposisi penduduk dan juga dinamika penduduk. Lalu jika sama-sama mambahas masalah penduduk, apa saja perbedaan komposisi ponduduk dan dinamika penduduk tersebut?

ads

Seperti yang sudah disinggung diawal, komposisi penduduk merupakan hal yang berbeda dari dinamika penduduk. Selain dalam perbedaan konsonan atau susunan huruf diantara keduanya, sifat keduanya juga berbeda. Dan agar lebih mudah mengenal keduanya, berikut beberapa perbedaan komposisi penduduk dan dinamika penduduk yang harus anda ketahui:

  1. Komposisi Penduduk

Ada banyak faktor pendorong terjadinya hubungan sosial didalam masyarakat dimana salah satunya adalah persamaan yang ada diantara mereka. Komposisi penduduk yang merupakan salah satu hal yang sering dijadikan bahan untuk mendata penduduk suatu daerah memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dinamika penduduk. Perbedaan tersebut adalah:

  • Data Yang Update

Dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, biasanya pemerintah membutuhkan data komposisi penduduk. Data komposisi penduduk biasanya dibuat dengan perhitungan yang sangat matang sehingga data yang disajikan selalu update. Data inilah yang dapat menjelaskan gambaran umum masyarakat yang ada disuatu daerah seperti misalnya data karakteristik gejala sosial.

  • Penduduk Yang Dispesifikasi

Komposisi penduduk biasanya dilakukan dengan cara mengklasifikasi atau memfilter penduduk. Biasanya penduduk diklasifikasi berdasarkan usia, jenis pekerjaan, tempat tinggal, riwayat penyakit, ataupun klasifikasi lainnya. Klasifitasi merupakan hal yang sangat penting karena kadang-kadang bisa menjadi syarat terjadinya interaksi sosial di masyarakat.

  1. Dinamika Penduduk

Berbeda dengan komposisi penduduk, dinamika penduduk merupakan hal yang lebih umum. Perbedaan dinamika penduduk dengan komposisi penduduk adalah:

  • Terjadi Karena Adanya Mobilitas Penduduk

Mobilitas merupakan salah satu faktor pendorong dinamika kelompok sosial. Ini karena dinamika hanya bisa terjadi ketika mobilitas penduduk berjalan dengan baik. Mobilitas sendiri merupakan pergerakan yang terjadi didalam masyarakat yang membuat keadaan didalam masyarakat selalu berubah.

  • Terjadi Karena Adanya Perpindahan Penduduk

Dinamika penduduk bisa juga dilihat dari adanya perpindahan penduduk. Baik perpindahan penduduk yang dilakukan perorangan ataupun perpindahan yang dilakukan secara massal atau kelompok. Perpindahan penduduk ini juga merupakan bagian dari mobilitas karena perpindahan penduduk biasanya terjadi dengan sebab yang pasti.

Tidak hanya perpindahan penduduk, bentuk-bentuk perubahan sosial juga bisa terjadi karena penduduk menuntut sebuah perubahan terhadap keadaan diri ataupun lingkungan sekitar sehingga terjadilah dinamika tersebut.

  • Dihitung Berdasarkan Angka Kelahiran

Tidak hanya dilihat dari perpindahan penduduk yang terjadi, karena dinamika penduduk juga bisa terjadi berdasarkan angka kelahiran. Walaupun terlihat sepele, namun angka kelahiran ternyata cukup penting untuk diperhatikan karena terkadang memiliki pengaruh tersendiri terhadap dampak positif dan negatif perubahan sosial.

Itulah beberapa perbedaan komposisi penduduk dan dinamika penduduk yang harus anda ketahui sebagai dasar untuk mengenal lebih jauh keduanya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, April 2018 / 08:58 Oleh :
Kategori : Sosiologi