Sponsors Link

Perbedaan Klan dan Suku Bangsa Berdasarkan Bentuk dan Ciri-Cirinya

Sponsors Link

Persebaran penduduk di Indonesia dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Salah satunya adalah kelompok masyarakat yang biasa disebut klan dan suku bangsa. Bagaimana cara membedakan klan dan suku bangsa? Berikut ulasannya!

ads

Perbedaan Klan dan Suku Bangsa

Klan adalah suatu masyarakat yang dikelompokkan sesuai dengan garis keturunan masing-masing baik dari garis keturunan ayah maupun keturunan ibu. Atau bisa juga disebut sebagai organisasi sosial yang anggotanya dihimpun dari keturunan dan hubungan darah yang sama. Tujuan dari adanya klan sendiri adalah sebagai organisasi yang mendekatkan contoh nilai sosial, contoh status sosial atau contoh struktur sosial dan mempererat hubungan kekeluargaan. Sementara, suku bangsa adalah golongan sosial yang berhubungan dengan asal usul, tempat asal dan kebudayaan. Di dalam suku bangsa, identitas terbentuk dari kesamaan budaya dan tradisi yang sama. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas tersendiri dari suku-suku yang lain. Berbeda dengan klan, suku bangsa ini tidak selalu berasal dari keturunan yang sama.

Berdasarkan ciri-ciri

Ciri-ciri suku bangsa yang paling mendasar, diantaranya adalah :

  • Perbedaan ciri fisik

Perbedaan pertama antara klan dan suku bangsa adalah ciri fisik. Seperti kita ketahui, setiap suku bangsa memiliki fisik yang berbeda. Contohnya adalah suku bangsa Eropa dominan memiliki kulit putih, sedangkan sebagian besar suku bangsa Afrika berkulit hitam.

  • Perbedaan bahasa

Suku-suku bangsa memiliki bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari dari bahasa nasional ataupun bahasa setiap adat. Perbedaan bahasa bagi setiap suku bangsa sebagai salah satu contoh dari fenomena sosial yang terjadi di masyarakat mempengaruhi keanekaragaman suku bangsa. Tidak hanya bahasa, logat bahasa nasional setiap suku bangsa pun beragam. Saat berbahasa nasional, masing-masing suku bangsa akan menggunakan logatnya sendiri-sendiri. Keanekaragaman logat dan bahasa daerah pada setiap suku bangsa menjadi contoh realitas sosial dalam masyarakat dari segi kekayaan budaya dan ciri khas tersendiri dari suku-suku bangsa di seluruh dunia.

  • Perbedaan kebudayaan

Ciri-ciri suku bangsa berikutnya adalah unsur-unsur budaya  yang dimiliki tentunya berbeda dan memiliki ciri khas sendiri. Perbedaan kebudayaan ini bisa tercermin dari bentuk kesenian, adat istiadat, tarian dan lainnya.

  • Memiliki wilayah

Selain perbedaan-perbedaan diatas, suku-suku bangsa tentunya memiliki wilayah masing-masing yang tersebar di berbagai daerah. Contohnya suku Jawa yang mendiami pulau Jawa, suku Sunda yang menempati pulau Sunda atau suku Madura yang berada di pulau Madura.

Adapun ciri-ciri klan dikategorikan menjadi hak-hak berikut, antara lain :

  • Hubungan yang terjadi disebabkan adanya pertalian dan hubungan darah sama yang diperoleh dari perkawinan
  • Hubungan yang dibangun dalam sebuah klan terbentuk dengan erat
  • Karena adanya hubungan darah, kerjasama yang terjalin berjalan abadi dan selamanya serta menghindarkan dari macam-macam penyakit sosial
  • Sesama anggota biasanya saling memilih pasangan dalam satu klan

Berdasakan bentuk

Bentuk klan utama di Indonesia terdiri dari 3 bagian, antara lain:

Sponsors Link

  • Klan atas garis keturunan ayah (patrilineal)

Klan atas garis keturunan ayah (patrilineal) dianut sebagian besar masyarakat Indonesia seperti suku-suku dengan marga tertentu. Dengan menganut klan dengan jenis tersebut, setiap anak atau keturunan di keluarga tersebut langsung masuk ke dalam klan ayahnya.

  • Klan atas dasar keturunan ibu (matrilineal)

Sedangkan klan atas dasar ibu bahwa setiap anak atau keturunan langsung masuk ke dalam klan atas dasar keturunan ibunya.

  • Klan atas garis keturunan ayah dan ibu (parental)

Klan atas garis keturuan ayah dan ibu, bahwa setiap anak atau keturunan yang lahir dapat mengikuti anak dapat memilih sendiri masuk ke dalam klan ayah atau ibunya. Biasanya terdapat banyak di masyarakat Jawa.

Sedangkan bentuk suku bangsa biasanya dibedakan dari beberapa faktor, antara lain:

  • Perbedaan bentuk ras asli
  • Perbedaan wilayah geogafis
  • Perbedaan sejarah
  • Perbedaan perkembangan daerah
  • Perbedaan agama atau kepercayaan
  • Perbedaan kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri

Demikian perbedaan klan dan suku bangsa, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, February 2019 / 03:38 Oleh :
Kategori : Antropologi