Sponsors Link

Inilah 5 Perbedaan Ketimpangan Sosial dan Ketimpangan Global

Sponsors Link

Ketimpangan sosial adalah perbedaan yang muncul di tengah-tengah lingkungan masyarakat yang disebabkan berbagai penyebab seperti perbedaan status sosial dan ketimpangan sosial memiliki dampak buruk bagi suatu lingkungan yang ada di masyarakat. Dampak ketimpangan sosial akan sangat dirasakan oleh masyarakat yang berada dalam suatu lingkungan dan dampaknya tidak terlalu luas, hanya pada satu lingkungan masyarakat saja. Status sosial seseorang akan dianggap tinggi dengan berbagai faktor seperti usia dan tingkat ekonomi. Dengan status sosial yang baik seseorang akan dapat berperan lebih aktif pada suatu lingkungan.

ads

Ketimpangan global adalah ketimpangan yang didasarkan pada perbedaan sumber daya dan kondisi perekonomian pada suatu negara. Dampak ketimpangan global sangatlah luas, karena menyangkut urusan seluruh dunia dan ketimpangan global ini terlihat dari kondisi perekonomian negara maju dengan negara berkembang. Rakyat yang tinggal di negara berkembang, akan merasakan dampak ketimpangan global yang sangat besar dan dampak ketimpangan global akan membuat keadaan suatu negara menjadi tidak stabil. Berbagai bentuk-bentuk konflik sosial akan muncul dengan cepat dan akan adanya perpecahan atau perbedaan di tengah lingkungan masyarakat.

Perbedaan Ketimpangan Sosial dan Ketimpangan Global

1. Aspek Dampak

Ketimpangan sosial memiliki dampak yang lebih kecil dari ketimpangan global dan ketimpangan sosial terjadi pada suatu lingkungan masyarakat, sedangkan ketimpangan global memberikan dampak sampai ke seluruh dunia. ketimpangan sosial dan global dapat diatasi dengan berbagai cara. Dampak ketimpangan memang sangat merugikan bagi masyarakat dan contoh ketimpangan sosial yang seringkali terjadi adalah tingkat perekonomian. Tingkat perekonomian berbagai daerah dan berbagai wilayah pasti bervariasi. Ketimpangan sosial yang terjadi akibat tingkat perekonomian, seringkali menimbulkan berbagai macam konflik sosial.

2. Aspek Perekonomian

Ketimpangan sosial juga dapat terlihat dari tingkat perekonomian masyarakat pada suatu lingkungan dan ketimpangan global adalah tingkat perekonomian yang terjadi pada suatu negara atau di seluruh dunia. Ketimpangan sosial ekonomi sifatnya sangatlah spesifik, sedangkan ketimpangan global sifatnya sangat meluas. Aspek perekonomian suatu negara yang mengalami ketimpangan global, pasti didalamnya ada ketimpangan sosial yang terjadi dan pada suatu wilayah yang mengalami ketimpangan sosial, belum tentu akan berdampak pada ketimpangan global. Ada berbagai upaya mengatasi ketimpangan sosial yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketimpangan dan upaya ini bisa dilakukan oleh pihak pemerintah.

3. Aspek Penyebab

Ketimpangan global sangat dipengaruhi oleh tidak meratanya penyebaran sumber daya dan tingkat ekonomi, sedangkan ketimpangan sosial sangat berkaitan dengan status sosial yang didapat di lingkungan masyarakat. Dalam kegiatan perekonomian, negara-negara maju memiliki peranan yang sangat penting dan memiliki andil yang besar dalam perekonomian dunia. Negara maju juga dapat memberikan dampak yang sifatnya global dan bisa membuat ketimpangan yang terasa sampai ke seluruh dunia. Berbagai bentuk-bentuk ketimpangan sosial memang terjadi dengan cepat dan berdampak buruk pada kondisi suatu lingkungan ataupun wilayah.

4. Aspek Pencegahan

Untuk mencegah ketimpangan global bisa dilakukan dengan melakukan kebijakan antar bangsa yang berpengaruh terhadap negara-negara anggotanya dan kebijakan sosial bisa dicegah dengan kebijakan pemimpin setempat dalam suatu lingkungan. Langkah pencegahan ketimpangan haruslah berdampak positif dan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Ada banyak faktor ketimpangan sosial yang seringkali memicu timbulnya konflik sosial dan berbagai konflik sosial bisa membuat kondisi suatu wilayah atau negara menjadi tak aman. Ketimpangan sosial juga bisa menimbulkan atau memicu banyaknya tindak kriminalitas yang sangat menakutkan bagi masyarakat.

5. Aspek Budaya

Ketimpangan sosial dan ketimpangan global juga dapat terjadi akibat adanya aspek budaya. Budaya masyarakat memang berbeda-beda dan bila berbagai budaya menyatu, pasti akan menimbulkan berbagai konflik sosial budaya. Ada berbagai sikap kritis dalam menghadapi ketimpangan sosial di lingkungan masyarakat, salah satunya dengan melestarikan budaya yang dimiliki sejak jaman dahulu dan tidak mudah untuk terpengaruh budaya globalisasi. Kini banyak sekali budaya asli Indonesia yang telah hampir punah dan sudah jarang dilestarikan oleh kaum muda. Pengaruh globalisasi memang sudah sangat meluas dan Indonesia menjadi negara yang sangat terpengaruh globalisasi.

Sponsors Link

Ada Beberapa contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat seperti diskriminasi terhadap perbedaan ras, diskriminasi terhadap perbedaan agama, diskriminasi terhadap perbedaan gender dan diskriminasi terhadap kondisi fisik. Semua contoh tadi adalah akibat dari adanya ketimpangan sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat dan dengan adanya berbagai diskriminasi yang terjadi, akan banyak sekali konflik sosial yang timbul. Diskriminasi ras menjadi salah satu diskriminasi yang banyak terjadi di Indonesia dan banyak dialami masyarakat Indonesia.

Ada juga beberapa contoh ketimpangan global yang terjadi di dunia seperti kemiskinan, pendidikan yang tidak merata dan banyaknya pengangguran dalam suatu negara. Berbagai permasalahan ini timbul akibat adanya ketimpangan global yang terjadi dan permasalahan ini dapat diatasi dengan berbagai kebijakan pemerintah yang sifatnya pro rakyat. Sistem peradilan yang adil juga akan membuat ketimpangan sosial bisa dicegah dan kepercayaan masyarakat terhadap adanya hukum menjadi sangat besar.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan ketimpangan sosial dan ketimpangan global. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik dan dapat memberi manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:39 Oleh :
Kategori : Sosiologi