Sponsors Link

Inilah 3 Perbedaan Ketimpangan Sosial dan Kesenjangan Sosial

Sponsors Link

Ketimpangan sosial adalah kondisi tidak seimbang yang terjadi di masyarakat dan kondisi ini membuat setiap masyarakat memiliki perbedaan dalam mendapatkan perlakukan sosial di lingkungan masyarakat. Ketimpangan sosial menjadi hal yang sering terjadi di masyarakat Indonesia dan salah satu pendorong perbedaan perlakuan sosial adalah tingkat ekonomi. Masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi baik, akan diberikan status sosial yang tinggi dan ketimpangan sosial juga bisa terlihat dari status masyarakat kaya dengan miskin. Ketimpangan sosial bisa disebabkan berbagai faktor dan salah satu faktor ketimpangan sosial adalah faktor kultural.

ads

Kesenjangan sosial adalah perbedaan yang diakibatkan dari tidak meratanya pemanfaatan sumber daya alam dan kesenjangan sosial juga dihasilkan dari berbagai faktor seperti kekuasaan, ras, gender, golongan dan berbagai faktor lainnya. Kesenjangan sosial sangat identik atau berkaitan dengan kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Banyak sekali dampak kesenjangan sosial yang sangat merugikan bagi masyarakat dan dampaknya bisa sangat meluas atau bersifat global. Status sosial dalam masyarakat menjadi sebuah hal penting, karena dengan status sosial yang baik dan derajat sosial yang baik, maka akan terbangun kehidupan yang kondusif.

Perbedaan Ketimpangan Sosial dan Kesenjangan Sosial

1. Dilihat Dari Faktor

Ketimpangan sosial sangat dipengaruhi oleh faktor tingkat ekonomi seseorang dan kesenjangan sosial sangat dipengaruhi oleh tidak meratanya penggunaan sumber daya alam. Saat seseorang memiliki tingkat ekonomi yang rendah, maka akan mendapatkan status sosial yang rendah di lingkungan masyarakat dan saat seseorang mendapatkan banyak akses untuk memanfaatkan sumber daya alam, maka akan mendapatkan tingkat perekonomian yang baik. Banyak sekali contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat dan semua kesenjangan yang timbul di masyarakat, pasti akan berdampak pada ketimpangan sosial di masyarakat.

2. Dilihat Dari Dampak

Dengan adanya ketimpangan sosial di masyarakat akan menimbulkan peningkatan tingkat kriminalitas dan tindakan kriminal bisa mengganggu keamanan suatu wilayah atau daerah. Salah satu dampak kesenjangan sosial adalah banyaknya pengangguran dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Banyak sekali sikap kritis dalam menghadapi ketimpangan sosial di masyarakat dan salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan sosial yang positif di lingkungan masyarakat. Tingkat pengangguran yang banyak akan menimbulkan berbagai tindak kriminalitas dan dengan kriminalitas tinggi kondisi suatu negara akan terganggu.

3. Dilihat Dari Ruang Lingkup

Ketimpangan sosial adalah kesenjangan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, jadi kesenjangan termasuk juga bahasan dari ketimpangan dan bahasan mengenai ketimpangan sosial lebih luas. Ada berbagai bentuk bentuk ketimpangan sosial yang sering terjadi di masyarakat dan setiap ketimpangan yang terjadi pasti ada kesenjangan yang terjadi di dalamnya. Ketimpangan sosial ruang lingkupnya lebih luas dibanding dengan kesenjangan sosial dan kesenjangan sosial biasanya terlihat dari individu dengan individu, sedangkan ketimpangan sosial bisa dilihat dari satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Salah satu contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat adalah kesenjangan sosial yang terjadi akibat adanya perbedaan penghasilan dan perbedaan penghasilan seringkali memunculkan berbagai macam konflik. Perbedaan penghasilan akan membentuk status sosial di masyarakat, karena akan ada status kaya dengan miskin yang akan berkembang di masyarakat dan perbedaan penghasilan bisa terjadi akibat perbedaan tingkat pendidikan. Pendidikan menjadi sebuah hal yang penting, karena dengan pendidikan berbagai permasalahan lingkungan dapat tercegah dan dengan pemerataan pendidikan di berbagai wilayah akan menjadikan suatu daerah lebih cepat berkembang.

Salah satu contoh ketimpangan sosial yang sering terjadi di Indonesia adalah diskriminasi agama dan perbedaan agama yang ada di Indonesia, membuat seringnya terjadi diskriminasi agama. Indonesia memiliki berbagai agama dan agama mayoritasnya adalah Islam, karena kebanyakan penduduk Indonesia beragama islam. Konflik tentang agama memang sering membuat pertentangan yang terjadi di lingkungan masyarakat dan konflik agama biasanya berdampak sangat luas. Konflik agama sering dikatakan sebagai hal yang sangat sensitif dan ada berbagai hal yang bisa saja terjadi, bila bersinggungan dengan hal-hal yang sifatnya agama.

Sponsors Link

Diskriminasi gender juga menjadi sebuah permasalahan yang sering terjadi di Indonesia dan salah satu upaya mengatasi ketimpangan sosial ini adalah dengan adanya emansipasi wanita. Wanita memang seringkali dianggap lebih lemah di banding wanita, maka sering ada perlakukan yang tidak baik dialami wanita. Perbedaan jenis kelamin menjadi sebuah permasalahan yang menimbulkan banyak konflik dan berbagai bentuk-bentuk konflik sosial terjadi dengan sangat cepat. Laki-laki memang memiliki tenaga yang lebih kuat dari wanita, namun tidak sepantasnya lelaki memperlakukan wanita dengan cara yang kasar.

Semua permasalahan ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia telah mengalami berbagai langkah penanggulangan dan untuk kedepannya, ada berbagai langkah pencegahan yang bisa dilakukan seperti memperbaiki sistem keamanan negara, memperbaiki sistem peradilan, memperbaiki sistem pemerintahan, memperbaiki sistem lapangan kerja dan memperbaiki berbagai sistem lainnya. Perbaikan di berbagai bidang menjadi fokus utama dari pemerintah dan hal ini menjadi langkah positif untuk menjauhkan berbagai ketimpangan serta kesenjangan sosial.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan ketimpangan sosial dan kesenjangan sosial. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:31 Oleh :
Kategori : Sosiologi