Sponsors Link

3 Perbedaan Interaksi Sosial Primer dan Sekunder yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Interaksi sosial sangat berhubungan dengan komunikasi, karena tujuan komunikasi sosial adalah untuk berinteraksi. Interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik yang selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi sosial mencakup kegiatan sosial yang terbagi ke dalam dua jenis atau dua bentuk berdasarkan caranya, yaitu interaksi sosial primer dan interaksi sosial sekunder. Bagi Anda yang belum memahami tentang keduanya, berikut akan dijelaskan beberapa perbedaan interaksi sosial primer dan sekunder secara lebih jelas lagi.

ads

Interaksi Sosial Primer dan Contohnya

Sebelum mengetahui tentang perbedaan interaksi sosial primer dan sekunder, perlu dipelajari dulu mengenai sifat dan penjelasan dari masing-masingnya. Interaksi sosial primer merupakan salah satu jenis interaksi sosial yang dilakukan secara langsung antara dua pihak. Proses terjadinya interaksi sosial adalah kedua belah pihak bertatap muka secara langsung. Contoh interaksi sosial individu dengan individu adalah saat dua orang saling menyapa ketika bertemu, saling berjabat tangan, dan saling berbincang satu sama lain.

Interaksi Sosial Sekunder dan Contohnya

Adapun interaksi sosial sekunder  adalah sebuah interaksi sosial yang dilakukan secara tidak langsung. Sehingga Syarat Terjadinya Interaksi Sosial sekunder ini dibutuhkan media dalam komunikasi. Dalam hal ini interaksi sosial sekunder dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Interaksi sosial sekunder langsung

Interaksi sosial sekunder langsung adalah sebuah interaksi sosial yang terjadi antara kedua belah pihak dengan bantuan media, namun dilakukan langsung dari orang yang satu ke orang lainnya tanpa perantara dari pihak ketiga. Pada zaman sekarang, Contoh komunikasi sosial sekunder langsung sangat banyak. Bisa melalui telepon, chatting, atau dengan bantuan media sosial internet.

  • Interaksi sosial sekunder tidak langsung

Adapun interaksi sosial sekunder tidak langsung adalah sebuah interaksi sosial yang dilakukan dengan bantuan pihak perantara atau pihak ketiga untuk meneruskan pesan. Misalnya jika seorang teman meminta bantuan untuk mengirimkan salam kepada orang lain. Atau saat seseorang meminta bantuan orang lain untuk memberikan surat atau barang kepada seseorang.

Perbedaan Interaksi Sosial Primer dan Sekunder

Dari penjelasan dan Contoh sosialisasi primer dan sekunder di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya perbedaan interaksi sosial primer dan sekunder itu sendiri adalah dari cara atau sistem interaksi yang dilakukan antara kedua belah pihak. Dalam artian, sistem komunikasi yang dilakukan berbeda. Yang mana interaksi sosial primer dilakukan secara langsung dan tanpa media apapun. Sementara itu interaksi sosial sekunder dilakukan dengan media atau bantuan dari pihak ketiga.

Di zaman dulu mungkin interaksi sosial primer akan lebih sering terjadi daripada interaksi sosial sekunder. Namun di zaman sekarang, Proses interaksi sosial primer dan sekunder sudah menjadi makanan sehari-hari. Apalagi sejak munculnya teknologi komunikasi yang mempermudah hubungan antarmanusia. Bahkan bisa dikatakan, semakin hari, interaksi sosial sekunder lebih sering kita lakukan daripada interaksi sosial primer.

Demikianlah beberapa perbedaan interaksi sosial primer dan sekunder yang perlu diketahui beserta contoh-contoh nyata untuk mempermudah pemahaman Anda. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 02nd, November 2018 / 07:19 Oleh :
Kategori : Sosiologi