Sponsors Link

3 Perbedaan Interaksi Sosial dan Tindakan Sosial yang Mudah Dipelajari

Sponsors Link

Sosialisasi adalah kegiatan yang selalu dilakukan manusia sebagai makhluk sosial. Dimana manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain agar kebutuhannya terpenuhi dan kehidupannya menjadi seimbang. Di dalam sosialisasi terdapat interaksi sosial tentunya. Juga terdapat tindakan sosial. Namun mungkin tidak banyak yang mengerti perbedaan interaksi sosial dan tindakan sosial. Maka dari itu berikut beberapa penjelasannya.

ads
  1. Pengertian

Perbedaan interaksi sosial dan tindakan sosial yang pertama bisa dilihat dari definisinya masing-masing. Interaksi sosial merupakan sebuah hubungan timbal baik yang merupakan kunci dari semua kehidupan sosial. Maksudnya adalah kehidupan sosial tidak akan terwujud jika tidak ada interaksi sosial. Interaksi sosial bisa dikatakan sebagai pergaulan sosial antara orang yang satu dengan orang lainnya dan menciptakan hubungan-hubungan yang dinamis. Contoh interaksi sosial individu dengan individu adalah dua orang yang saling sapa ketika bertemu dan saling berbincang.

Adapun tindakan sosial lebih spesifik lagi. Karena tindakan sosial adalah suatu perbuatan atau aksi dari seseorang atau sekelompok orang yang diarahkan kepada orang lain atau sekelompok orang yang lain. tindakan ini bisa bermakna tertentu. Contoh tindakan sebagai makhluk sosial misalnya menggalang dana untuk korban bencana. Tindakan sosial ini dibagi menjadi empat tipe, antara lain afektif, tradisional. Rasional instrumental, dan orientasi nilai.

  1. Ciri-ciri

Perbedaan interaksi sosial dan tindakan sosial berikutnya bisa dilihat dari ciri-cirinya. Dimana sebuah interaksi sosial tidak akan terwujud jika tidak memiliki keempat unsur di bawah ini.

  • Adanya pelaku, yaitu lebih dari satu orang
  • Adanya maksud dan tujuan dari kedua belah pihak
  • Adanya komunikasi dari kedua belah pihak, dengan cara atau simbol yang mudah dipahami oleh keduanya
  • Adanya waktu

Jika satu unsur di atas tidak ada, maka kegiatan ini tidak bisa dikatakan sebagai interaksi sosial. Interaksi sosial dibedakan menjadi dua dan di dalamnya terdapat juga Perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif.

Adapun tindakan sosial memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

  • Tindakan sosial dilakukan dengan tujuan tertentu
  • Tindakan sosial memiliki dampak atau akibat dari kegiatan tersebut
  • Tindakan sosial adalah aksi yang dilakukan dengan pertimbangan perilaku orang atau kelompok lain
  • Tindakan sosial bisa mempengaruhi orang lain atau dipengaruhi oleh orang lain

Untuk lebih jelasnya, salah satu contoh dan ciri-ciri gerakan sosial adalah acara bakti sosial yang dilakukan untuk menggalang dana bagi daerah dampak bencana. Dalam hal ini bakti sosial ini memiliki tujuan, dampak, pertimbangan, dan juga bisa memberikan pengaruh untuk orang lain. Sehingga dalam hal ini perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial cukup jelas.

  1. Substansi

Perbedaan interaksi sosial dan tindakan sosial berikutnya bisa dilihat dari substansinya. Dimana tindakan sosial itu sendiri sebenarnya adalah bagian dari proses terjadinya interaksi sosial, hanya saja lebih khusus lagi. Tindakan sosial bisa menciptakan interaksi sosial sebagai output dari tindakannya. Sementara itu, interaksi sosial pun bisa menciptakan tindakan sosial tertentu sebagai output dari komunikasi yang ada. Sehingga keduanya sebenarnya saling berkaitan erat tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Demikianlah beberapa perbedaan interaksi sosial dan tindakan sosial yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan bisa memberikan referensi yang Anda butuhkan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 01st, November 2018 / 07:16 Oleh :
Kategori : Sosiologi