Sponsors Link

3 Perbedaan Interaksi Sosial dan Relasi Sosial dan Penjelasannya

Sponsors Link

Dalam kehidupan sosial tentunya kita membutuhkan orang lain. Karena pada dasarnya manusia memanglah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Maka lahirlah sebuah interaksi sosial sebagai bentuk komunikasi antar manusia dalam kehidupan. Di samping itu lahir pula sebuah relasi sosial atau hubungan sosial. Lalu apa perbedaan interaksi sosial dan relasi sosial? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Interaksi Sosial

Sebelum mengetahui tentang perbedaan interaksi sosial dan relasi sosial, ada baiknya jika membahas satu persatu mengenai interaksi sosial dan relasi sosial itu sendiri. Pada dasarnya interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik yang terjadi antara manusia atau kelompok manusia yang satu dengan yang lainnya. Interaksi sosial terjadi karena kebutuhan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Dan salah satu Syarat Terjadinya Interaksi Sosial adalah adanya komunikasi.

Relasi Sosial

Adapun relasi sosial merupakan sebuah jalinan interaksi yang muncul antara orang atau kelompok orang yang satu dengan yang lain atas dasar kedudukan atau peranan sosial mereka. Relasi sosial ini dikenal juga dengan istilah hubungan sosial, dan Contoh Hubungan Sosial cukup banyak di masyarakat.

Perbedaan Interaksi Sosial dan Relasi Sosial

Dari penjelasan definisi keduanya di atas, perbedaan interaksi sosial dan relasi sosial lebih kepada sebab akibat. Dimana interaksi sosial bisa menjadi sebab munculnya sebuah hubungan sosial. Di samping itu, hubungan sosial pun membutuhkan adanya interaksi sosial untuk bisa terus berhubungan. Sehingga interaksi sosial dan hubungan sosial tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Sebenarnya Perbedaan Hubungan Sosial dan Interaksi Sosial memang ada dan sulit dibedakan. Namun, berikut beberapa poin penting tentang perbedaan interaksi sosial dan relasi sosial yang perlu dipahami.

  1. Definisi

Secara singkat, interaksi sosial adalah sebuah proses timbal balik antara satu pihak dengan pihak lainnya. Sementara itu relasi sosial adalah sebuah Sifat-Sifat Hubungan Sosial yang terjadi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Di dalamnya juga terdapat hubungan timbal balik (interaksi sosial).

  1. Pola

Interaksi sosial lebih kepada aksi dan reaksi antara satu pihak dengan pihak lainnya dan bagaimana cara mereka melakukan komunikasi akan sesuatu hal. Sementara relasi sosial baru bisa muncul ketika kedua pihak saling memberikan respons atau jika kedua belah pihak sama-sama membutuhkan satu sama lainnya. Hubungan sosial ini tidak akan terjadi jika salah satu pihak tidak merespon. Sementara interaksi sosial tetap dikatakan sebuah interaksi walaupun interaksi yang berjalan hanya satu arah.

  1. Sebab

Interaksi sosial terjadi dengan berbagai macam sebab. Bisa dikarenakan adanya persaingan, kerja sama, kontraversi, persamaan pendapat, perbedaan pendapat, asimilasi, akomodasi, dan sebagainya. Namun Faktor Pendorong Terjadinya Hubungan Sosial atau relasi sosial terjadi jika kedua belah pihak memiliki kepentingan masing-masing satu sama lain, baik yang terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung. Dan hal itu merupakan salah satu Syarat Terbentuknya Hubungan Sosial.

Demikianlah beberapa perbedaan interaksi sosial dan relasi sosial yang perlu diketahui. Keduanya saling berhubungan, karena interaksi sosial yang baik bisa menciptakan hubungan sosial yang baik pula, Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Mencapai Kepada Persatuan. Semoga bisa memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 30th, October 2018 / 07:13 Oleh :
Kategori : Sosiologi