Sponsors Link

Perbedaan Hubungan Sosial dengan Tindakan Sosial Berdasarkan Ciri-Ciri dan Subtansinya

Sponsors Link

Hubungan sosial dan tindakan sosial merupakan salah satu peristiwa sosial. Apabila kita rangkai satu per satu, hubungan sosial diawali dengan interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok. Contoh tindakan sebagai makhluk sosial, contoh interaksi sosial individu dengan individu maupun contoh hubungan sosial menjadi hal yang kita lakukan sehari-hari. Lalu apa saja perbedaan hubungan sosial dengan tindakan sosial. Berikut ulasannya! Berikut adalah beberapa perbedaan mengenai hubungan sosial dengan tindakan sosial, antara lain:

ads
  • Definisi

Hubungan sosial adalah suatu kondisi yang terjadi antara pelaku-pelaku sosial baik individu maupun secara berkelompok. Astrid S. Susanto mengatakan hubungan sosial adalah hubungan antar pelaku yang bersifat tetap membentuk struktur sosial. Menurut Soerjono Soekanto, hubungan sosial adalah hubungan karena adanya proses sosial. Sedangkan tindakan sosial lebih khusus lagi. Tindakan ini adalah aksi dari individu atau kelompok yang mengarah kepada orang lain amupun sekelompok orang. Atau dengan kata lain, tindakan sosial adalah tindakan bermakna tertentu dan memiliki arti dimana terdapat empat tipe tindakan sosial yakni, tindakan bersifat rasional instrumental, beorientasi nilai, tradisional dan efektif.

  • Ciri-ciri

Sama halnya dengan ciri-ciri gerakan sosial ataupun syarat terjadinya interaksi sosial, terdapat pula syarat terbentuknya hubungan sosial yang harus terpenuhi, diantaranya adalah :

  1. Dilakukan lebih dari satu orang
  2. Hubungan sosial terjadi karena adanya tujuan tertentu atau kepentingan satu sama lain
  3. Terjadi komunikasi antara pelaku sosial yang terlibat
  4. Adanya dimensi waktu yang menjadi faktor pendorong terjadinya hubungan sosial  
  5. Kedua pelaku harus saling respon atau saling membutuhkan satu sama lain

Hubungan sosial tidak akan terjadi apabila salah satu ciri ciri hubungan sosial diatas tidak tepenuhi. Sedangkan, ciri-ciri dari tindakan sosial, diantaranya adalah:

  1. Tindakan sosial terjadi karena tujuan tertentu
  2. Memiliki dampak atau berakibat dari adanya tindakan sosial tersebut
  3. Terjadi karena adanya pertimbangan perilaku individu atau kelompok
  4. Tindakan sosial biasanya dapat mempengaruhi atau dipengaruhi orang lain

Keempat ciri-ciri diatas adalah bagian dari proses terjadinya interaksi sosial yang harus terpenuhi apabila seseorang ingin melakukan tindakan sosial.

  • Substansi

Perbedaan hubungan sosial dan tindakan sosial juga dapat dilihat dari substansinya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa tindakan sosial adalah output dari adanya hubungan sosial yang diawali dengan interaksi sosial. Hal inilah yang mengakibatkan adanya keterkaitan satu sama lain. Tanpa adanya interkasi sosial sebagai kunci kehidupan sosial, maka tidak akan terjadi hubungan sosial bahkan tindakan sosial. Sehingga  peristiwa ini akan menghambat adanya proses kehidupan sosial yang terjadi. Sejatinya, hubungan sosial dan tindakan sosial sama-sama menjelaskan akan hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun antara kelompok dengan kelompok. Dimana kedua peristiwa tersebut terjadi karena adanya dorongan tujuan dan kepentingan tertentu.

Demikian perbedaan hubungan sosial dan tindakan sosial. Anda juga bisa mempelajari perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif, perbedaan tindakan sosial dan interaksi sosial, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 15th, January 2019 / 02:56 Oleh :
Kategori : Sosiologi