Sponsors Link

13 Perbedaan Hubungan Sosial dan Interaksi Sosial Yang Sulit Ditemukan

Sponsors Link

Hubungan sosial maupun interaksi sosial adalah contoh tindakan sebagai makhluk sosial. Hubungan sosial dan interaksi sosial sering kali disamakan. Padahal kedua hal tersebut sebenarnya berbeda. hubungan sosial merupakan hubungan antara invidu atau kelompok satu dengan individu atau kelompok lainnya. Sedangkan interaksi sosial merupakan proses individu atau kelompok melakukan interaksi dengan individu satu dengan invidu lainnya. Kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial lebih dalam lagi. Namun sebelumnya akan diulas terlebih dahulu satu per satu mengenai hubungan sosial ataupun interaksi sosial.

ads

Hubungan sosial dapat berbentuk antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan juga kelompok kelompok. Ketiga bentuk ini memiliki contoh yang berbeda beda. Misalnya contoh hubungan sosial antara individu dengan individu adalah hubungan antara pria dan wanita atau berpacaran. Pacaran terjadi antara individu satu dengan individu lainnya karena ada ketertarikan yang tersendiri. Dehingga hal ini dapat dikategorikan sebagai contoh hubungan sosial.

Hubungan sosial tidak akan bisa terjadi apabila tidak ada syarat terbentuknya hubungan sosial yang terpenuhi. Syaratnya terdiri dari kontak sosial maupun komunikasi. Kontak sosial merupakan bentuk interaksi yang dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung antara invidu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok. Sedangkan komunikasi merupakan proses interaksi yang terjadi secara langsung antara subjek. Komunikasi terjadi sebagai bentuk reaksi.

Perbedaan Hubungan sosial dan Interaksi sosial dari pengertiannya

Hubungan Sosial:

  1. Hubungan sosial merupakan hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lainnya yang bersifat timbal balik atau saling membutuhkan.
  2. Hubungan sosial tidak akan terjadi apabila kedua subjek tidak saling respon.
  3. Hubungan sosial hanya terjadi ketika kedua subjek tersebut saling memberikan respon akan adanya saling membutuhkan satu sama lain.
  4. Hubungan sosial juga didasarkan oleh kepentingan masing masing yang berjalan secara langsung maupun tidak langsung.

Interaksi Sosial:

  1. Interaksi sosial adalah proses hubungan timbal balik antara satu individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lainnya.
  2. Interaksi sosial apabila dilihat secara umum hampir serupa dengan hubungan sosial, meksipun sebenarnya tidak sama.
  3. Interaksi sosial lebih terfokuskan pada aksi antara aktor aktor tersebut bagaimana membangun hubungan antara satu dengan yang lainnya.
  4. Proses interaksi sosial terjadi karena adanya beberapa alasan sepertu kerja sama, akomodosi, asimilasi, akulturasi, persaingan, kontraversi maupun pertentangan.

Perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial

Sama halnya dengan hubungan sosial, interaksi sosial juga terjadi harus didasarkan oleh syarat syarat tertentu. Syarat terjadinya interaksi sosial yang pertama adalah aktor yang ada minimal harus dua orang dan bisa juga lebih, karena interaksi tidak akan terjadi jika kurang dari dua orang. Kedua adalah  interaksi sosial yang terjadi harus memiliki tujuan tertentu. Ketiga adalah adanya kesamaan konsep antara aktor yang melakukan interaksi.  Keempat merupakan kontak sosial yang harus terjalin antar keduanya dan terakhir yaitu komunikasi.

Dari penjabaran diatas, dapat dikatakan bahwa perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial sebenarnya hampir tidak kelihatan. Hal ini karena keduanya memang terfokus pada bagaimana hubungan individu atau kelompok satu dengan lainnya dengan melibatkan interaksi sosial didalamnya. Untuk itu sebelum masuk pada kesimpulan perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial, kita akan melihat bagaimana persamaan keduanya.

Sponsors Link

Hubungan sosial dan interaksi sosial sama sama menggambarkan bagaimana hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok. Hubungan sosial dan interaksi sosial juga melibatkan komunikasi dalam melangsungkan suatu hubungan. Keduanya juga membutuhkan suatu tujuan tertentu sebagai proses sosial dan juga faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Adapun beberapa perbedaan dari hubungan sosial dan interaksi sosial sebagai berikut:

  • Selain persamaan, ada juga perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial. Secara simple, interaksi sosial termasuk dalam hubungan sosial.
  • Interaksi sosial merupakan suatu bentuk aksi untuk menciptakan sebuah hubungan sosial.
  • Interaksi sosial berbicara mengenai bagaimana kedua aktor baik individu ataupun kelompok berkomunikasi dalam bentuk apapun.
    Sponsors Link

  • Akan tetapi hubungan sosial merupakan bagaimana kondisi atau relasi antara kedua aktor tersebut. Untuk menciptakan adanya hubungan antara aktor satu dengan lainnya, dibutuhkan interaksi sosial.
  • Jadi dapat dikatakan bahwa interaksi sosial merupakan aksi dari hubungan sosial dan hubungan sosial adalah konsep yang menggambarkan hasil dari aksi tersebut.

Para ahli juga mengutarakan pendapatnya mengenai hubungan sosial. Menurut Astrid S. Susanto, hubungan sosial merupakan hubungan antar aktor sosial yang dapat menghasilkan hubungan tetap dan pembentukan struktur sosial. Sedangkan menurut soerjono soekanto, hubungan sosial terjadi karena adanya proses sosial termasuk hubungan antar aktor itu sendiri. Dari kedua pendapat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan sosial terjadi akibat dari proses sosial yang terjadi dimasyrakat sehingga nantinya dapat membentuk struktur sosial.

Terdapat berbagai macam ciri ciri hubungan sosial yang terjadi dimasyarakat. Diantaranya pertama adalah hubungan sosial dilakukan lebih dari satu orang, logikanya bagaimana hubungan akan terjadi jika hanya terdapat satu aktor sehingga harus lebih dari satu orang. Kedua adalah hubungan sosial terjadi karena adanya tujuan, sangat tidak mungkin suatu hubungan terjadi tanpa adanya tujuan untuk itu tujuan hubungan sosial harus ada. Ketiga adalah terjalinnya komunikasi antara subjek yang terlibat dalam hubungan sosial. Terakhir adalah adanya dimensi waktu terjadinya hubungan sosial. Demikian sedikit penjelasan mengenai perbedaan hubungan sosial dan interaksi sosial.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 17th, June 2018 / 07:18 Oleh :
Kategori : Sosiologi