Sponsors Link

9 Perbedaan Globalisasi dan Westernisasi Berdasarkan Contoh Dari Kehidupannya

Sponsors Link

Apakah anda tahu perbedaan globalisasi dan westernisasi? Manusia sebagai mahluk sosial tidak akan pernah bisa hidup sendiri, begitupun suatu bangsa. Walau di negaranya mempunyai banyak potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam namun pasti ada banyak hal lain yang hanya bisa didapat dari negera lain.

ads

Begitupun Indonesia, sebagai salah satu usaha negara berkembang untuk menjadi negara maju, selalu berusaha bekerja sama dengan negara-negara lain misalnya dengan sikap indonesia terhadap kawasan perdagangan bebas di asia tenggara, namun tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada hambatan perdagangan internasional dan dampak negatif lainnya. Salah satu proses yang tidak bisa dihindari dalam contoh pola sosial dalam kehidupan bermasyarakat bermasyarakat di dunia internasional adalah globalisasi dan westernisasi. Apakah perbedaan globalisasi dan westernisasi? Mari kita bahas satu persatu.

Globalisasi

Banyak sekali teori tentang globalisasi, tapi pada dasarnya globalisasi adalah suatu proses mendunia, baik itu mengenai di bidang politik, ekonomi, budaya maupun teknologi. Mengapa bisa terjadi globalisasi, berikut faktor-faktor penyebabnya:

  • Pertumbuhan teknologi dan informasi yang signifikan dari waktu ke waktu membuat komunikasi semakin mudah dan lancar. Hal ini membuat berbagai macam informasi bisa langsung diterima walau tinggal dibelahan dunia yang berbeda. Contoh yang paling kekinian adalah dengan adanya whatsap atau wechat, membuat komunikasi dengan rekan di luar negeri semakin mudah dan murah karena hanya mengandalkan jaringan internet saja.
  • Karena mudahnya komunikasi maka setiap individu bisa melakukan percakapan dengan siapa saja diseluruh belahan dunia dan lahirlah kerjasama antar negara. Misalnya yang paling umum adalah perdagangan. Sebagai contoh sekarang banyak beredar barang-barang produksi Cina inovatif dan murah beredar di Indonesia.
  • Banyaknya airline yang menyediakan harga tiket pesawat terjangkau memudahkan orang berkunjung ke belahan dunia manapun dan banyaknya kurir-kurir pengangkut barang yang menawarkan harga angkut murah membuat para penggiat usaha mengembangkan sayapnya.

Westernisasi

Westernisasi adalah meniru gaya hidup bangsa barat. Proses westernisasi biasanya akan merujuk kepada akulturasi budaya dan enkulturasi. Sebetulnya banyak hal positif dari gaya hidup bangsa barat, namun kebanyakan orang lebih menyorot hal-hal negatifnya seperti minum minuman keras, free sex, individualis dan sebagainya. Adapun faktor penyebab westernisasi adalah:

  • Kemajuan teknologi yang memudahkan akses ke semua media, sehinggal orang kadang-kadang tidak bisa menyaring apakah perilaku tersebut cocok untuk dirinya atau tidak.
  • Keinginan untuk dianggap hidup modern
  • Fanatisme yang berlebihan terhadap publik figur
  • Kurangnya pengetahuan akan suatu budaya sehingga menelannya mentah-mentah

Itulah uraian perbedaan globalisasi dan westernisasi, semoga bisa menambah wawasan tentang berbagai proses perubahan. Dari Uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan globalisasi dan westernisasi adalah:

  1. Globalisasi adalah proses perubahan mendunia yang mempengaruhi bidang ekonomi, politik, budaya dan teknologi. Jadi globalisasi ini lebih bersifat makro dan lebih ke arah positif.
  2. Westernisasi adalah proses perubahan yang mengadaptasi perilaku bangsa barat. Biasanya ini lebih ke individu dan kebanyakan bersifat negatif. Sebetulnya boleh saja meniru budaya barat asal tidak meninggalkan budaya lokal dan norma-normanya.

Itulah beberapa sedikit penjelasan yang sudah di bahas. Nah sekarang sudah tidak bingung lagi tentang perbedaan globalisasi dan westernisasi bukan?

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 03:52 Oleh :
Kategori : Pendidikan