Sponsors Link

8 Perbedaan Globalisasi dan Internasionalisasi yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Kita pasti sudah sering mendengar kata globalisasi. Sejak kita mengenyam pendidikan dasar, kita sudah diberitahu tentang apa itu globalisasi. Banyak orang sering mendefinisikan globalisasi sebagai masuk dan keluarnya pengaruh internasional ke sebuah negara. Indonesia sendiri mengalami banyak dampak globalisasi seperti permasalahan sosial budaya dan contoh perubahan sosial budaya. Kita juga dapat melihat dampaknya dalam ciri-ciri era globalisasi informasi. Namun, ternyata banyak orang yang sulit membedakan antara globalisasi dengan internasionalisasi. Keduanya tidaklah sama, terdapat perbedaan globalisasi dan internasionalisasi.

ads

Proses internasionalisasi memang tidak dapat dipisahkan dengan globalisasi dalam peran Indonesia di era globalisasi. Keduanya saling mendukung dan saling memberikan dampak. Namun, tetap ada perbedaan globalisasi dan internasionalisasi yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan perbedaan globalisasi dan internasionalisasi, kita dapat lebih mengerti dampak baik dan buruk yang disebabkan oleh globalisasi. Berikut beberapa perbedaan globalisasi dan internasionalisasi.

  1. Internasionalisasi adalah pelaksanaan kerja sama internasional, sedangkan globalisasi merupakan bentuk integrasi ekonomi maupun bidang lainnya secara global.
  2. Internasionalisasi adalah tindakan yang dilakukan dengan kesadaran penuh oleh suatu negara, sedangkan globalisasi tidak dapat dihindari oleh sebuah negara.
  3. Internasionalisasi berarti negara tetap memegang daulat atas perekonomian negaranya atau atas bidang lainnya. Globalisasi menyebabkan negara harus memasukkan globalisasi ke dalam peraturan dan persaingan global.
  4. Internasionalisasi merupakan bentuk penyebarluasan suatu bidang ke dunia luar, sedangkan globalisasi merupakan bentuk penetrasi suatu bidang dari luar.
  5. Internasionalisasi merupakan bentuk saling ketergantungan antarnegara, sedangkan globalisasi merupakan penghapusan batasan urusan dalam negeri dengan luar negeri.
  6. Pada internasionalisasi, masih ada batasan antara urusan domestik dengan urusan internasional. Batasan ini tidak ada lagi pada globalisasi.
  7. Internasionalisasi lebih bersifat divergen, sedangkan globalisasi bersifat kovergen karena masyarakat secara umum bergerak secara homogen menuju satu pandangan.
  8. Internasionalisasi seringkali dianggap sebagai sebuah hasil perubahan dari globalisasi untuk mengurangi dampak buruk dari globalisasi bagi sebuah negara.

Itulah beberapa perbedaan globalisasi dan internasionalisasi. Seperti yang kita lihat, keduanya memang tidak bisa dipisahkan. Hanya terdapat batas tipis pada perbedaan globalisasi dan internasioalisasi. Pada kejadian-kejadian tertentu, kita mungkin sulit menemukan perbedaan globalisasi dan internasionalisasi. Misalnya pada keikutsertaan Indonesia pada perjanjian internasional. Indonesia sadar akan dampak yang akan dihadapi dan mengikuti perjanjian tersebut dengan sukarela sehingga bisa kita anggap sebagai internasionalisasi. Namun, Indonesia mengikuti perjanjian tersebut karena sadar bahwa tidak ada pilihan lain jika Indonesia ingin semakin maju. Hal ini kemudian harus kita anggap sebagai globalisasi.

Kita harus berhati-hati dalam menelaah perbedaan globalisasi dan internasionalisasi, meskipun memang terdapat orang-orang yang tetap memaksakan bahwa globalisasi dan internasionalisasi memiliki indikasi yang sama. Tidak hanya internasionalisasi, terdapat kosakata lain yang sering dianggap identik dengan globalisasi, contoh dari modernisasi dan globalisasi. Selain itu, juga terdapat perbedaan globalisasi dan westernisasi. Namun, kita harus lebih hati-hati lagi dalam menerima dampak globalisasi dan internasionalisasi. Segala sesuatu pasti mendatangkan dampak baik dan dampak buruk. Kita tidak bisa hanya berfokus pada salah satunya saja. Mari kita terima dampak baik dengan baik dan terus mengembangkannya, sedangkan dampak buruk perlu segera kita atasi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 19th, June 2019 / 04:47 Oleh :
Kategori : Sosiologi