Sponsors Link

10 Perbedaan Fasisme dan Komunisme yang Mudah Dikenali dan Dipahami

Sponsors Link

Fasisme dan komunisme adalah dua paham ideologi suatu bangsa. Komunisme lebih akrab ditelinga kita jika dibandingkan dengan fasisme, boleh jadi karena Indonesia pernah mempunyai partai bernama Partai Komunis Indonesia atau PKI yang dibubarkan pada tahun 1965 karena melakukan makar, peristiwa Lubang Buaya merupakan puncak dari kegiatan pemberontakan PKI madiun yang bermaksud mengganti ideologi bangsa Indonesia menjadi komunis dengan membunuh jenderal-jenderal secara keji. Beruntung dengan kesigapan dari tentara kita, PKI dapat diberantas dan Pancasila dapat dipertahankan.

ads

Sebetulnya apa sih komunisme itu? Komunisme adalah ideologi yang muncul untuk menentang sistem kapitalis yang berkembang karena adanya revolusi industri. Tokoh terkenal dari komunisme Karl Marx, mengatakan bahwa komunisme adalah kesetaraan dimana semua alat produksi seperti tanah, modal dan tenaga kerja adalah milik bersama. Dalam komunisme tidak ada kelas-kelas sosial, semuanya sama.

Sedangkan fasisme adalah ideologi yang muncul untuk menentang komunisme. Secara umum fasisme menerapkan bahwa kepentingan negara adalah segala-galanya. Dalam suatu negara dengan faham fasisme tidak boleh ada kebebasan pers, tidak ada partai oposisi, tidak ada kebebasan seperti contoh pertikaian individu dan tidak ada kerjasama dengan bangsa lain.

Agar lebih jelas apa perbedaan fasisme dan komunisme, mari kita telaah satu persatu:

Fasisme

  1. Dalam penyebarannya fasisme melakukan pembantain terhadap bangsa lain, seperti contohnya Nazi melakukan pembantaian terhadap bangsa Yahudi di Jerman.
  2. Dalam bidang ekonomi, fasisme melakukan penjajahan ke luar negaranya. Sedangkan ke dalam negerinya walaupun ada campur tangan namun penguasa tetap menjaga kepemilikan aset pribadi setiap individu.
  3. Dalam kepercayaan, fasisme mengakui adanya Tuhan, namun mereka hanya memperbolehkan suatu kepercayaan yang anjurkan oleh negara.
  4. Fasisme mempunyai kelas-kelas sosial dalam perbedaan masyarakat multikultural indonesia dengan amerika serikat sebagai negara sebagai entitas tertinggi.
  5. Pengikut paham fasisime adalah masyarakat golongan menengah ke atas terutama yang mempunyai properti.

Komunisme

  1. Komunisme dalam penyebarannya banyak melakukan pembantaian pada bangsanya sendiri. Contoh yang konkrit adalah apa yang dilakukan oleh PKI pada tahun 1965.
  2. Di bidang ekonomi, penguasa menguasai alat-alat produksi. Rakyat hanya perlu bekerja namun tidak berhak atas kepemilikan pribadi. Jargon yang terkenal adalah sama rata sama rasa.
  3. Komunisme tidak mengakui adanya Tuhan. Pembatasan segala kegiatan yang berhubungan dengan ibadah terus dibatasi bahkan dihilangkan secara paksa.
  4. Komunisme bertujuan menghilangkan kelas-kelas dalam dampak kesenjangan sosial.
  5. Pengikut komunisme adalah golongan masyarakat menengah kebawah yang tidak memiliki properti.

Itulah perbedaan fasisme dan komunisme. Pada masa lalu negara yang menganut paham fasismem adalah Jepang, Jerman dan Italia sedangkan yang menganut paham komunisme adalah Uni Sovyet, Vietnam, China dan Kuba. Namun jika ditelaah kembali, kedua paham ini juga memiliki beberapa persamaan. Berikut uraiannya:

  • Kedua paham ini berasal dari benua Eropa.
  • Memiliki kepemimpinan yang diktator.
  • Hanya mempunyai 1 partai saja.
  • Pers dan media dikendalikan oleh negara.

Demikian penjelasan tentang perbedaan fasisme dan komunisme, walau memiliki persamaan namun dari perbedaan-perbedaan yang sudah diuraikan diatas sudah jelas terlihat bahwa kedua paham ideologi bangsa tersebut memiliki perbedaan stereotipe dan prasangka. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa fasisme dan komunisme adalah dua ideologi yang saling berlawanan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, October 2018 / 04:36 Oleh :
Kategori : Sosiologi