Sponsors Link

Ini Dia 4 Perbedaan Denah Dan Peta Secara Umum Lengkap Disini!

Sponsors Link

Denah adalah sebuah gambaran lokasi atau letak pada suatu tempat dan pembuatan denah biasanya dilakukan dengan lingkup yang kecil. Dengan kata lain pembuatan denah sangatlah spesifik terhadap suatu lokasi tertentu dan denah bisa digunakan seseorang untuk mencari suatu tempat dan ada dua jenis denah yang umum sekali ditemukan yaitu denah ruangan dengan dengan letak sebuah bangunan. Denah ruangan dibuat untuk menunjukan nama suatu ruangan yang terdapat pada sebuah bangunan dan denah letak bangunan dibuat untuk mencari lokasi suatu bangunan pada sebuah lingkungan. Dengan adanya dampak globalisasi membuat penggunaan denah menjadi banyak ditinggalkan dan beralih pada penggunaan teknologi.

ads

Peta adalah suatu gambaran bumi yang dibuat dalam bidang yang datar dan pembuatan peta selalu menggunakan skala. Fungsi skala dalam peta adalah untuk memperkecil tampilan gambaran bumi dan peta menjadi salah satu alat yang berguna untuk dunia pendidikan. Sesuai dengan pengertian peta, cara pembuatan peta didasarkan pada sebuah data hasil analisis yang dilakukan oleh orang profesional. Kini peta juga dibuat secara digital dan sering disebut dengan google map, kini untuk mencapai berbagai lokasi menjadi lebih gampang dengan adanya peta digital ini. Berdasarkan data paparan diatas, ada beberapa pembeda antara peta dan juga atlas. Berikut ini adalah perbedaan denah dan peta:

1. Cakupan Area

Pada cakupan area denah dan peta menjadi sebuah perbedaan, karena denah cakupannya lebih kecil dari pada peta dan denah hanya menunjukkan suatu lokasi tertentu saja, berbeda dengan peta yang wilayah cakupannya sangat luas. Dengan kondisi penduduk indonesia yang beragam, kini denah seringkali dibuat dengan berbagai tujuan yang lebih penting dan peta kini dibuat dengan cara digital.

2. Garis Lintang Dan Garis Bujur

Pada sebuah denah biasanya tak akan ada garis lintang ataupun garis bujur dan pada sebuah peta peranan garis lintang serta garis bujur sangatlah penting. Pada sebuah negara pengaruh letak geografis sangatlah penting dan letak geografis menentukan kesuburan wilayah suatu wilayah. Denah juga sangat bermanfaat pada suatu wilayah yang lokasinya sempit atau tidak terlalu luas.

3. Skala

Denah tidak dilengkapi dengan skala, sedangkan sebuah peta yang ideal selalu menggunakan skala dan penggunaan skala dalam peta sangatlah penting untuk membandingkan antara jarak dan luas. Dengan adanya skala sebuah jarak serta arah menjadi lebih akurat dan tepat. Ada berbagai ciri-ciri era globalisasi informasi yang membuat pembuatan peta menjadi lebih canggih dan bantuan teknologi menjadikan peta lebih akurat.

4. Simbol

Pada pembuatan peta penggunaan simbol menjadi sangat penting dan ada berbagai simbol warna yang biasa digunakan pada peta. Sedangkan pada denah tidak pernah menggunakan sebuah simbol dan kelengkapan Informasi memang lebih banyak peta, namun informasi yang disajikan terlalu meluas. Denah memang memiliki tingkat keakuratan yang baik, karena tidak terlalu luas cakupannya dan hal ini membuat denah lebih fokus dalam menunjukkan suatu wilayah yang kecil.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan denah dan peta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya dan dapat dijadikan referensi terbaik.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Monday 15th, April 2019 / 08:23 Oleh :
Kategori : Pendidikan