Sponsors Link

4 Peran Sosiologi Hukum dalam Penelitian Hukum yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sosiologi hukum adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial yang dianalisis secara empirik. Sebelum mempelajari peran manfaat sosiologi hukum dalam penelitian hukum, ada baiknya mengetahui apa itu sosiologi hukum dan penelitian hukum. Pengertian sosiologi hukum menurut para ahli:

ads
  1. David N. Schiff, sosiologi hukum adalah pembelajaran dengan dasar sosiologi mengenai fenomena-fenomena spesifik yang terkait dengan kasus legal relation, meliputi proses interaksional dan sosialisasi, organisional, typikasi, abolisasi, dan kontruksional.
  2. Soejono Soekoto, sosiologi hukum adalah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya.
  3. Satjipto Rahardjo, sosiologi hukum adalah pengetahuan yang mengkaji tentang hukum terhadap pola perilaku masyarakat dalam konteks sosialnya.

Penelitian hukum yaitu penelitian yang obyek utamanya adalah hukum, baik hukum sebagai ilmu, aturan-aturan yang bersifat dogmatis, serta hukum yang terkait dengan perilaku masyarakat. Pengertian hukum menurut para ahli:

  1. Soerjono Soekoto, penlitian hukum adalah kegiatan ilmiah yang berdasar pada metode, sistematika, dan pola pemikiran tertentu yang tujuannya untuk mempelajari gejala-gejala suatu hukum tertentu.
  2. Peter Mahmud Marzuki, penelitian hukum adalah proses menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip, serta doktrin-doktrin hukum untuk menjawab isu-isu hukum yang dipahami.
  3. Arief Sidarta, penelitian hukum adalah penelitian mengenai ajaran hukum yang mencakup analisis definisi hukum dan pengertian-pengertian aturan perundang-undangan meliputi konsep-konsep dan asas-asas dalam hukum.

Peran Sosiologi Hukum dalam Penelitian Hukum

Seperti yang diketahui, pada umumnya perbedaan ilmu sosiologi dan ilmu hukum memiliki hubungan yang saling berpengaruh satu sama lain. Oleh sebab itu, sosiologi hukum memiliki peran penting dalam suatu penelitian hukum, yaitu:

  1. Peran sosiologi hukum terhadap lembaga masyarakat
  • Untuk mengungkap ideologi maupun falsafah yang berpengaruh terhadap perencanaan, pembentukan, dan penegakan hukum.
  • Untuk mengidentifikasi unsur-unsur budaya yang berpengaruh terhadap isi atau substansi hukum.
  • Untuk mengetahui manfaat lembaga sosial dimasyarakat yang memiliki pengaruh terhadap pembentukan hukum dan penegaknya.
  1. Peran sosiologi hukum terhadap golongan masyarakat
  • Untuk mengungkap golongan yang menentukan pembentukan dan penerapan hukum.
  • Untuk mengidentifikasi golongan masyarakat yang diuntungkan atau justru dirugikan karena adanya hukum-hukum tertentu.
  1. Peran sosiologi hukum terhadap individual masyarakat
  • Untuk mengindetifikasi unsur-unsur hukum yang mengubah perilaku masyarakat.
  • Untuk menuntun warga masyarakat supaya patuh terhadap kaedah-kaedah hukum, yang meliputi kewajiban, hak, maupun perilaku taat terhadap peraturan.
  • Untuk memberi pemahaman kenapa masyarakat harus patuh terhadap aturan hukum yang berlaku, serta mengetahui faktor masyarakat gagal dalam mematuhi aturan hukum yang berlaku.
  • Untuk memberi pengetahuan tentang efektifitas contoh sosiologi hukum dalam masyarakat, contohnya penerapan dalam pengendalian sosial sebagai upaya untuk kehidupan yang lebih baik.
  1. Peran sosiologi hukum terhadap aparat penegak hukum
  • Menghindarkan tindak korupsi oleh aparat penegak hukum, dalam kasus ini contohnya hakim yang menjual keputusan hukum untuk kepentingan pribadi dalam rangka untuk memperkaya diri.
  • Menghindarkan penyalah gunakan wewenang untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, contoh jaksa yang melakukan negosiasi perkara dengan terdakwa.

Demikian beberapa penjelasan mengenai peran sosiologi hukum dalam penelitian hukum yang bisa anda pelajari dengan mudah dan juga sangat gampang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 05th, March 2019 / 05:49 Oleh :
Kategori : Sosiologi