Sponsors Link

3 Peran Soerjono Soekanto dalam Perkembangan Sosiologi di Indonesia

Sponsors Link

Jika Anda mempelajari sosiologi, Anda pasti sudah tidak asing dengan tokoh sosiologi bernama Soerjono Soekanto. Soerjono Soekanto  dikenal sebagai ahli sosiologi hukum. Sosiologi hukum pastinya berbeda dengan politik hukum, dalam artian terdapat perbedaan sosiologi hukum dan politik hukum. Beliau banyak menulis masalah-masalah hukum dengan pendekatan sosiologis. Peran Soerjono Soekanto dalam perkembangan sosiologi di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Hasil tulisannya yang lebih berfokus pada sosiologi hukum, memberikan manfaat bagi kita untuk mengetahui fungsi sosiologi hukum dan objek sosiologi hukum.

ads

Soerjono Soekanto lahir di Jakarta pada tanggal 30 Januari 1942. Beliau memiliki latar belakang pendidikan sarjana hukum. Pendidikan sarjananya ditempuh di Universitas Indonesia (1965). Meskipun terdapat perbedaan ilmu sosiologi dengan ilmu hukum, tetapi Soerjono Soekanto melanjutkan studi tingkat masternya dengan mengambil jurusan sosiologi di Universitas California, Berkeley, Amerika (1970). Beliau menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia dengan gelar doktor ilmu hukum (1977). Selain itu, sosok Soerjono Soekanto juga memiliki sertifikat metode penelitian ilmu-ilmu sosial dari Universitas Indonesia (1969) dan sertifikat dari Academy of American and International Law, Dallas (1972). Karir yang dimiliki oleh Soerjono Soekanto adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Bagian Kurikulum Lembaga Pertahanan Nasional pada periode tahun 1965 – 1969
  2. Pembantu Dekan Bidang Penelitian&Pengabdian Masyarakat di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia tahun 1978
  3. Tercatat sebagai Southeast Asian Specialist pada Ohio University
  4. Founding Member dari World Association of Lawyers
  5. Guru Besar Sosiologi Hukum Universitas Indonesia pada tahun 1983

Peran Soerjono Soekanto dalam Perkembangan Sosiologi

Soerjono Soekanto adalah tokoh sosiologi Indonesia yang banyak menghasilkan karya-karya penting bagi perkembangan sosiologi di Indonesia. Beliau memiliki kegemaran menulis. Sosok ini juga terkenal sangat disiplin sebagai seorang pengajar atau dosen. Pasalnya mahasiswa yang datang terlambat satu menit saja, tidak dapat mengikuti perkuliahannya. Soerjono Soekanto berperan penting pada perkembangan ilmu sosiologi di Indonesia. Berikut adalah peran Soerjono Soekanto dalam perkembangan sosiologi di Indonesia:

  1. Memperkenalkan sosiologi hukum sebagai subdisiplin sosiologi.
  2. Menulis buku-buku sosiologi
  • Buku berjudul “Mengenal 7 Tokoh Sosiologi” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2002.
  • Buku berjudul “Sosiologi Suatu Pengantar” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2006 menjadi bahan rujukan utama kuliah pengantar sosiologi di banyak universitas di Indonesia.
  • Buku berjudul “Pokok-pokok Sosiologi Hukum” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2006.
  • Buku berjudul “Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2006.
  • Buku berjudul “Perundang-undangan dan Yurispudensi” yang diterbitkan oleh PT Citra Aditya Bakti pada tahun 2008.
  • Buku berjudul “Hukum Adat Indonesia” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2008.
  • Buku berjudul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum” yang diterbitkan oleh Rajawali Pers pada tahun 2008.
  1. Menulis karya tulis penting lainnya
  • Kamus Hukum Adat, Alumni, 1978
  • Kamus Sosiologi, Rajawali, 1983
  • Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial, Ghalia Indonesia, 1983
  • Aspek Hukum dan Etika Kedokteran di Indonesia, Grafitipiers, 1983

Berikut adalah penjelesan mengenai peran Soerjono Soekanto dalam perkembangan sosiologi di Indonesia. Perannya dalam sejarah perkembangan sosiologi membawa andil yang penting. Karya-karyanya mengajarkan kita sifat hakikat sosiologi dan memberikan makna dari peranan sosiologi dalam pembangunan masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 01:00 Oleh :
Kategori : Sosiologi