Sponsors Link

Inilah 6 Penyebab White Collar Crime Yang Terjadi Di Indonesia

Sponsors Link

White collar crime atau kejahatan kerah putih adalah suatu kejahatan yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan sebuah tindak kecurangan dan tindakan seperti ini biasanya dilakukan oleh orang-rang yang memiliki jabatan tinggi di pemerintahan atau orang yang memiliki pengaruh di masyarakat. Kejahatan kerah putih yaitu kejahatan yang dilakukan tanpa menggunakan tindak kekerasan dan tindakan seperti ini tentunya sangat merugikan bagi banyak pihak.

ads

Pada ranah pemerintahan Indonesia, kejahatan kerah putih kerap sekali terjadi di pemerintahan dan salah satu contoh kejahatan keras putih yang merugikan banyak orang adalah korupsi. Kejahatan seperti ini bisa dicegah dengan berbagai tindakan yang efektik, namun banyak pula hal-hal yang menyebabkan terjadinya kejahatan kerah putih. Berikut ini adalah penyebab white collar crime:

1. Kebutuhan Yang Tinggi

Manusia memiliki keinginan duniawi yang tidak ada batasnya dan banyak juga manusia yang tidak merasa puas dengan apa yang diraih, hal ini terjai karena manusia tersebut kurang merasa bersyukur atas segala nikmat. Kebutuhan yang terus bertambah menjadi penyebab perilaku penyimpangan yang terjadi dan banyak orang yang gelap mata yang kemudian melakukan tindakan melanggar hukum.

2. Egois

Banyak manusia yang tidak memikirkan kepentingan orang lain dan hal ini menjadi ciri-ciri orang egois yang selalu lebih mementingkan keuntungan pribadi. Dengan rasa egois yang tinggi, banyak orang yang nekad melakukan berbagai kejahatan demi menghasilkan sebuah keuntungan dan salah satu contoh perilaku penyimpangan sosial yang dilakukan orang egois adalah melakukan tindakan korupsi yang merugikan rakyat.

3. Kurang Taat Agama

Untuk menjadi seorang pejabat di sebuah negara, tentu harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan harus memiliki pondasi agama yang baik. Salah satu dampak negatif penyimpangan sosial yang dilakukan oleh pejabat negara adalah korupsi dan korupsi menjadi salah satu kejahatan luar biasa, karena dapat merugikan rakyat.

4. Kekuasaan

Salah satu faktor utama terjadinya tindak kejahatan kerah putih adalah adanya sebuah kekuasaan yang digunakan dengan sewenang-wenang dan bentuk penyimpangan sosial seperti ini tentunya sangat mengancam kondisi internal sebuah negara. Seseorang yang memiliki kekuasaan tentunya akan memiliki hak yang besar untuk menjalankan pemerintahan, namun bila jatuh ke tangan yang salah ini menjadi sebuah hal yang berbahaya bagi negara.

5. Tidak Memiliki Kebulatan Tekad

Manusia yang tidak memiliki pendirian kuat menjadi salah satu penyebab timbulnya kejahatan kerah putih dan kejahatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya manusia memenuhi kebutuhan. Seseorang yang menduduki sebuah jabatan di pemerintahan haruslah memiliki tekad kuat untuk melakukan perubahan dan melakukan pembangunan.

6. Lemahnya Sistem Hukum

Memang banyak sekali macam-macam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dan tidak sedikit yang gelap mata, sehingga berani melakukan tindakan yang melanggar hukum. Banyak sekali pejabat yang berani melakukan tindakan kejahatan kerah putih, karena mereka berpendapat bahwa hukumnya masih kurang tegas dan hal ini membuat para penjahat dapat leluasa melakukan kejahatannya.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab white collar crime dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 15th, March 2019 / 08:25 Oleh :
Kategori : Hukum