Sponsors Link

3 Penyebab Stereotipe Muncul di Lingkungan Masyarakat Indonesia

Sponsors Link

Sosiologi merupakan ilmu yang senantiasa dinamis melalui integrasinya dengan cabang keilmuan lain, salah satunya ilmu komunikasi pada cabang sosiologi komunikasi. Sosiologi komunikasi mengkaji macam-macam realitas sosial yang terjadi di masyarakat dari segi interaksi sosial dan dampaknya bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Satu di antara aspek yang dikaji sosiologi komunikasi adalah komunikasi antar budaya.

ads

Pengertian Komunikasi antar Budaya

Komunikasi antar budaya merupakan suatu transaksi, proses simbolik yang melibatkan berbagai atribut dan pemahaman di antara individu/manusia dari berbagai budaya (Gudykunst dan Young dalam Communicating with Strangers, 1992). Berdasarkan definisi ini, komunikasi antar budaya meliputi segala proses interaksi antara orang-orang yang berbeda budaya, baik antar individu maupun antar macam-macam kelompok sosial.

Komunikasi antar budaya memungkinkan proses terjadinya interaksi sosial antar individu/kelompok yang belum saling mengenal kebudayaan satu sama lain. Interaksi sosial antara dua kelompok sosial dapat berjalan mulus bila masing-masing kelompok dapat menyikapi keberadaan macam-macam fenomena budaya antara keduanya. Bahkan interaksi tersebut dapat membuahkan asimilasi selama syarat terjadinya asimilasi terpenuhi. Beda halnya jika antara satu kelompok sosial masih menerka-nerka keadaan kelompok sosial lain, terlebih lagi jika disertai munculnya stereotipe.

Stereotipe (stereotype) merupakan contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Stereotipe identik dengan pelabelan atau generalisasi terhadap individu atau kelompok berdasarkan pengamatan sekilas terhadap segelintir bagian kelompok tersebut. Pengamatan tersebut dianggap cukup mewakili karakter kelompok sosial secara keseluruhan, layaknya sampel sebagai wakil populasi dalam penelitian.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab stereotipe muncul dalam kehidupan bermasyarakat.

Penyebab Stereotipe

Stereotipe muncul disebabkan tiga faktor yang umumnya bersifat internal (berasal dari dalam diri manusia) sebagai berikut :

  1. Kecenderungan manusia membagi dunia dalam dua kategori

Manusia memiliki kecenderungan membagi dunia dalam dua kategori, yakni ‘kita’ dan ‘mereka’. Istilah ‘kita’ hadir sebagai bentuk identifikasi diri terhadap karakter pribadi dan kelompok yang dianggap serupa, sedangkan ‘mereka’ digunakan untuk menyebut orang-orang yang di luar boundaries ‘kita’. Sosiologi kemudian menyebut realitas sosial ini dengan ingroup dan outgroup. Ingroup identik kekurangan pengetahuan mengenai orang-orang yang mereka kategorikan outgroup, sehingga cenderung menyamaratakan seluruh anggota outgroup.

  1. Kecenderungan manusia dalam melakukan kerja kognitif secara singkat

Saat bertemu orang lain, manusia lebih sering memberikan kesimpulan singkat terkait orang yang ia temui berdasarkan kesan pertama atau kesan kasat mata yang ia peroleh. Penyebab stereotipe lainnya juga diakibatkan karena manusia memiliki kecenderungan untuk mengolah informasi dari pengetahuan yang ia dapatkan dari lingkungan sekitarnya entah melalui tahap-tahap sosialisasi maupun enkulturasi. Hasil kerja kognitif tersebut menghasilkan persepsi selektif semacam seleksi atau kategorisasi terhadap orang-orang dan segala sesuatu di lingkungan sekitarnya.

  1. Adanya keinginan dominasi

Stereotipe dapat muncul akibat adanya keinginan satu kelompok sosial untuk memperoleh kekuasaan. Keinginan tersebut terhalang atau tidak mampu diraihnya karena keberadaan kelompok lain. Kelompok yang merasa tersaingi akan memiliki stereotipe khususnya stereotipe negatif terhadap kelompok yang ia anggap penghalang. Bahkan stereotipe ini dapat dikembangkan kelompok yang ingin berkuasa menjadi isu negatif yang disebarluaskan di lingkungan masyarakat demi menjatuhkan kelompok pesaingnya. Faktor penyebab stereotipe satu ini akan mudah ditemukan saat terjadinya bentuk-bentuk konflik sosial seperti konflik antar ras, konflik persaingan politik, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai tiga penyebab stereotipe yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 21st, September 2018 / 03:07 Oleh :
Kategori : Sosiologi