Sponsors Link

Inilah 3 Penyebab Rasisme yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Di dalam hidup bermasyarakat pasti akan ada konflik yang terjadi baik itu yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja. Ini di karenakan hidup bermasyarakat pastinya menyatukan beberapa kepala atau pikiran banyak orang menjadi satu. Karena hal ini lah pasti ada beberapa kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan pendapat dan jika kelompok masyarakat lainnya tidak menerima perbedaan maka timbulah konflik di dalam masyarakat.

ads

Pengertian Rasisme

Salah satu jenis konflik yang sering terjadi di dalam masyarakat adalah rasisme. Sebenarnya rasisme bukanlah sebuah konflik namun perilaku yang bisa memicu terjadinya konflik di dalam masyarakat. Sebab perilaku rasisme adalah perilaku yang menunjukan sikap tidak suka terhadap sebagian orang di masyarakat tersebut. Inilah daftar tokoh-tokoh fasisme yang harus Anda ketahui.

Rasa tidak suka kepada sekolompok masyarakat ini biasanya di dasari karena perbedaan ras, derajat atau kekayaan, bahkan perbedaan agama juga bisa menjadi pemicu timbulnya perilaku rasisme pada seseorang. Karena Indonesia sudah termasuk ke dalam negara bagian di dalam PBB maka kita sebagai warga Indonesia haruslah memahami prinsip-prinsip PBB ini. Karena rasisme pasti terjadi di dalam masyarakat maka banyak ahli yang memberi perhatian lebih tentang perilaku rasisme ini. Adapun beberapa pendapat para ahli tentang arti rasisme adalah seperti berikut ini.

1. Rasisme menurut Oliver C. Cox

Oliver C. Cox mengutarakan presepsinya tentang rasisme yaitu sebuah keadaan dimana seseorang menilai perilaku orang lainnya salah sebab tidak sesuai dengan perilaku yang sudah di tetapkan benar oleh seseorang ini. Dan presepsi ini bisa menyebar ke sekolompok masyarakat yang lebih besar atau lebih banyak anggotanya. Inilah kelebihan dan kekurangan PBB yang harus di ketahui.

2. Rasisme menurut Alo Liliweri

Berbeda dari Oliver C. Cox yang menyatakan jika rasisme merupakan keadaan yang menganggap perilaku yang tidak sesuai pendapatnya adalah salah. Sedangkan menurut Alo Liliweri rasisme yaitu suatu pandangan ataupun ideologi yang menganggap jika orang yang berbeda ras harus di singkirkan dari masyarakat. Tokoh pendiri gerakan 3A yang sangat berjasa untuk Indonesia.

3. Rasisme menurut Human Rights and Equal Opportunity Commission

Sedangkan Human Rights and Equal Opportunity Commission menyatakan jika rasisme adalah perilaku yang merendahkan kelompok masyarakat dengan ras dan etnis yang berbeda. Dan biasanya pernyataan ini berasal dari kepercayaan masa lampau dan masih di bawa hingga saat ini sehingga perilaku rasisme tetap ada hingga sekarang. Ketahui tujuan perjanjian linggarjati dan aktifitas untuk menerapkannya.

Penyebab Rasisme Di Dalam Masyarakat

Perilaku rasisme bukanlah bawaan dari lahir namun ada beberapa pemicu atau penyebab yang menjadikan seseorang memiliki perilaku rasisme. Penyebab rasisme sendiri ada banyak sekali dan biasanya juga di timbulkan karena beberapa faktor. Adapun penyebab rasisme pada diri seseorang adalah seperti berikut ini.

1. Adat istiadat dan budaya

Sponsors Link

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masih kaya akan adat istiadat dan masih tetap memegang kearifan budaya dari nenek moyang. Apalagi di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam latar belakang dan ras masyarakat yang berbeda. Inilah dampak perjanjian linggarjati bagi Indonesia dan Belanda yang harus Anda ketahui.

Karena masyarakat di Indonesia masih melibatkan budaya dan adat istiadat jaman dahulu di setiap kegiatan warga sehingga akan timbul perbedaan yang sangat signifikan dan jelas sekali terlihat. Jika setiap warga tidak bisa menerima perbedaan ini dan memaksakan budaya masing-masing agar menjadi pedoman maka timbulah sikap rasisme antar masyarakat. Syarat-syarat yang memungkinkan terjadinya revolusi dalam masyarakat.

2. Efek lingkungan keluarga

Penyebab terjadinya perilaku rasisme yang paling besar adalah berasal dari lingkungan keluarga. Sebab ketika anak lahir hingga dewasa maka ia akan mencontoh apapun yang terjadi di lingkungan sekitar ia tumbuh. Namun tentunya perilaku yang paling banyak di ikuti oleh anak-anak adalah perilaku anggota keluarga mereka utamanya perilaku kedua orang tua. Inilah ciri-ciri pergerakan nasional Indonesia baik itu sebelum maupun sesudah terjadinya kemerdekaan di Indonesia.

Sponsors Link

Jika orang tua saja sudah memiliki sikap rasisme maka hal ini akan dengan mudah menurun ke anak-anak mereka. Bahkan bisa jadi efek rasisme yang di turunkan orang tua kepada anak-anak mereka bisa lebih parah daripada yang orang tua miliki. Sebab sistem pemikiran yang di miliki oleh anak-anak lebih luar biasa di bandingkan dengan orang tua.

3. Aturan dari pemerintah

Indonesia adalah negara demokrasi, meskipun rakyat bisa menyampaikan apresiasi atau pendapat mereka namun tetap saja pemimpin yang menentukan peraturannya. Biasanya jika terjadinya pergantian pemimpin maka akan terjadi pergantian peraturan juga. Ada sebagian pemimpin yang menetapkan peraturan A namun jika berganti pemimpin peraturannya berubah menjadi B.

Karena pergantian kepemimpinan ini juga bisa membuat kelompok masyarakat memiliki sikap rasisme. Mengapa begitu? Sebab sudah banyak terjadi penindasan terhadap kelompok ras dan agama lain yang berbeda. Hal ini lah kemudian yang menjadi penyebab rasisme yang ada di masyarakat luas. Jika ini di biarkan maka tingkat rasisme tahun ke tahun bisa meningkat dengan sangat tinggi. Nah itu tadi beberapa penyebab rasisme yang ada di masyarakat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 04th, January 2019 / 07:34 Oleh :
Kategori : Pendidikan