Sponsors Link

5 Penyebab Modernisasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari di Indonesia

Sponsors Link

Kata modernisasi sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Modernisasi hampir selalu dikaitkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta munculnya contoh discovery dan invention (ide-ide/benda-benda baru) hasil pengembangan iptek tersebut. Padahal modernisasi tidak hanya berwujud sebuah produk fisik, tetapi juga menjadi salah satu dari bentuk-bentuk perubahan sosial yang dicirikan dengan hidupnya manusia modern.

ads

Manusia modern merupakan istilah yang digunakan untuk manusia yang hidup di era modernisasi dengan pola pikir dan perilaku yang khas. Terdapat ciri-ciri manusia modern yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari di antaranya :

  1. Beriorientasi ke depan;
  2. Memiliki kepercayaan yang kuat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. Berpikir objektif ketika dihadapkan pada suatu masalah;
  4. Terbuka terhadap adanya hal baru;
  5. Lebih menghargai waktu.

Manusia modern dapat dikatakan pelaku aktif yang dapat dengan mempermudah terjadinya modernisasi. Namun, selain karakter yang melekat pada manusia modern, ada juga penyebab modernisasi lainnya yang dapat kita kenali di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab modernisasi yang mudah kita kenali. Sebelumnya mari kita simak dahulu pengertian modernisasi.

Pengertian Modernisasi

Modernisasi menurut J.W Schoorl merupakan penerapan pengetahuan pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Definisi ini mengantarkan kita untuk memahami modernisasi sebagai contoh perubahan sosial budaya yang bersifat positif keberlangsungannya bagi masyarakat, bukan sekedar perubahan sosial yang identik dengan “kekinian”. Contoh modernisasi dapat kita temui dalam bidang ekonomi dengan semakin mudah dilakukannya upaya manusia memenuhi kebutuhan melalui jual beli online. Modernisasi akan memiliki tendensi makna negatif bila mampu memudarkan hal-hal positif di masyarakat, contoh perubahan perilaku manusia yang cenderung individualis membuat budaya gotong royong luntur. Namun ada baiknya kita lebih teliti dalam mengenali modernisasi yang negatif karena seringkali keliru pemaknaan dengan westernisasi dan sekularisasi.

Penyebab Internal Modernisasi

Modernisasi tidak terjadi begitu saja dalam kehidupan masyarakat, tetapi didukung adanya dorongan atau penyebab modernisasi. Penyebab modernisasi dapat dikategorikan menjadi dua yaitu penyebab internal dan penyebab eksternal. Penyebab internal berasal dari dalam suatu kelompok masyarakat. Umumnya berupa keinginan untuk berubah atau keinginan untuk maju. Bila diuraikan lebih rinci, penyebab internal terdiri atas tiga faktor yaitu :

  • Adanya keinginan hidup lebih praktis atau lebih nyaman

Contoh modernisasi dalam masyarakat dari faktor satu ini adalah fasilitas delivery order makanan. Delivery order makanan hadir karena orang masa kini dapat dengan mudah memesan makanan via ponsel dan tidak perlu keluar rumah.

  • Adanya keinginan meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan produksi

Penggunaan komputer dan internet menjadi wujud dari adanya penyebab modernisasi satu ini, sekaligus menjadi tanda perbedaan modernisasi dan tradisional. Komputer dan internet telah mampu memfasilitasi orang untuk bekerja lebih cepat dan menghasilkan produk lebih banyak dibandingkan menggunakan mesin tik.

  • Adanya keinginan memperoleh sesuatu lebih banyak, bermutu, dan hemat tenaga
Sponsors Link

Hampir sama dengan penyebab modernisasi sebelumnya, penyebab satu ini muncul karena orang ingin memperoleh hasil maksimal dengan beban minimal. Contoh modernisasi yang muncul adalah adanya mesin pengemas produk yang mempercepat hasil produksi dibanding harus mengemas menggunakan box atau plastik menggunakan tangan.

Penyebab Eksternal Modernisasi

Penyebab eksternal modernisasi berasal dari luar kelompok masyarakat. Penyebab eksternal terdiri atas dua faktor yaitu :

  • Adanya keterbukaan interaksi dengan masyarakat lain

Proses terjadinya interaksi sosial antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya mampu mempermudah modernisasi, khususnya ketika kedua masyarakat dapat saling melengkapi kebutuhan satu sama lain.

  • Kemudahan akses informasi

Selain interaksi fisik yang mudah, kemudahan akses informasi juga jadi penyebab modernisasi, misalnya penggunaan internet. Internet mampu membuat seseorang memperoleh informasi baru dari luar masyarakat tersebut secara lebih cepat dan banyak.

Demikianlah penjelasan mengenai lima penyebab modernisasi yang terbagi menjadi penyebab internal dan penyebab eksternal. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 15th, October 2018 / 01:52 Oleh :
Kategori : Sosiologi