Sponsors Link

17 Penyebab Kenakalan Remaja yang Sering Terjadi Dilingkungan Sekolah

Sponsors Link

Banyak sekali penyebab kenakalan remaja yang bisa memicu terjadinya konflik dalam masyarakat. Masa remaja adalah masa dimana seseorang mencoba mencari jati dirinya, sehingga diharapkan orang tua, guru dan orang dewasa terdekatnya bisa memberikan perhatian dan bimbingan agar si anak tidak salah dalam bergaul sehingga melakukan beberapa kenakalan yang menjurus  ke arah dampak masalah sosial.

ads

Interaksi sosial dan komunikasi juga sangat diperlukan agar para orang tua dan guru dapat memantau sejauh mana perkembangan si anak. Hubungan yang baik antara orang tua dengan anak remaja dan guru dengan muridnya diharapkan akan menimbulkan komponen keteraturan sosial dilingkungannya.

Untuk mengenal lebih jauh penyebab kenakalan remaja, mari kita bahas satu persatu:

  1. Kurang atau tidak adanya sosiallisasi orang tua tentang fungsi norma sosial yang berlaku, sehingga anak bertingkah laku seenaknya.
  2. Orang tua tidak memberikan contoh perilaku yang baik di rumah sehingga pembentukan kepribadian si anak pun menyimpang.
  3. Adanya konflik dalam keluarga sehingga membuat si anak penyebab terjadinya maladjustment.
  4. Ketidakmampuan orang tua dalam memenuhi kebutuhan anaknya, sementara lingkungan si anak menuntut dia harus selalu up date, hal ini memicu anak melakukan kenakalan remaja.
  5. Culture shock atau benturan budaya membuat anak terpicu melakukan kenakalan juga.
  6. Anak tidak tinggal bersama orang tua dan tidak ada pengawasan dari orang dewasa sehingga pergaulan anak tidak terkendali.
  7. Ada teman atau saudaranya yang melakukan kenakalan, sehingga si anak terpengaruh untuk melakukannya juga.
  8. Rendahnya penerapan disiplin baik di rumah maupun di sekolah sehingga membuat tingkah laku si anak seenaknya.
  9. Guru dan orang tua yang terlalu keras dalam mendidik anak, akan membuat kenakalan anak semakin parah.
  10. Perilaku ingin tahu dan kemudian ingin mencobanya, membuat anak terjerumus pada kenakalan yang menjurus kriminalitas.
  11. Orang tua terlalu memanjakan anak, bisa juga menjadi penyebab kenakalan remaja.
  12. Perceraian orang tua dapat membuat si anak stres dan depresi sehingga mencari pelampiasan dengan melakukan kenakalan agar mendapat perhatian dari kedua orang tuanya.
  13. Lingkungan yang buruk akan berdampak buruk juga terhadap anak remaja yang sedang mencari jati diri.
  14. Gempuran teknologi tinggi akan membuat si anak bebas mengakses internet kapan saja dan dimana saja, hal ini akan membuat anak bebas menonton atau download berbagai hal termasuk yang berbau negatif.
  15. Faktor penyebab westernisasi juga salah satu penyumbang penyebab kenakalan remaja, tidak ada filter mana yang baik dan mana yang buruk, membuat para remaja meniru gaya hidup kaum barat begitu saja.
  16. Tidak memiliki pondasi pendidikan agama yang kuat dari kecil, sehingga remaja tersebut tidak memiliki standar moralitas yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya.
  17. Bersikap masa bodoh dengan masa depannya sehingga tidak ada keinginan untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk bekal hidupnya kelak.

Itulah beberapa penyebab kenakalan remaja yang terjadi dilingkungan kita, yang bisa saja menjadi bibit-bibit kejahatan disaat mereka menjadi dewasa. Para orang tua dan guru sebagai pebimbing wajib memberikan arahan kepada mereka norma-norma sosial yang berlaku, mana yang boleh dilakukan dan mana yang dilarang.

Mulailah mengajak mereka berbicara, berdiskusi tentang kegiatan apa yang sedang mereka lakukan. Jika kegiatannya dirasa tidak baik, maka beri mereka pengertian secara bijaksana. Dukung terus usahanya untuk mencapai apa yang dicita-citakannya walau terasa sulit. Dukungan dari orang terdekat akan membuat mereka akan percaya dan tidak akan berpaling kepada teman-teman lamanya yang kurang baik.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 29th, August 2018 / 04:24 Oleh :
Kategori : Pendidikan