Sponsors Link

10 Penyebab Hedonisme Berdasarkan Internal dan Eksternal

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal perbedaan westernisasi dan hedonisme, suatu paham yang mengutamakan kesenangan duniawi. Paham ini hanya berpusat pada diri sendiri, bagaimana menyenangkan diri sendiri dengan kekayaan, jabatan dan segala fasilitas lainnya untuk mencapai kepuasan pribadinya. Ada dua hal yang menyebabkan seseorang menjadi Hedonis yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Berikut detilnya:

ads

Faktor Internal

  1. Sikap: Pikiran, perasaan dan tindakan seseorang untuk melakukan berbagai macam kegiatan dengan tujuan memuaskan rasa senang untuk dirinya sendiri.
  2. Pengalaman: Pengalaman seseorang yang cenderung hedonis akan membuat mereka mengamati lingkungan sosialnya dan kemudian akan membentuk pandangan hedonisme yang akan dijadikan  pandangan hidupnya.
  3. Kepribadian: Kepribadian terbentuk sejak kecil, bagaimana orang tua, guru dan lingkungan membentuk seseorang. Jika dari kecil sudah dimanja dengan barang-barang mewah dan dituruti semua keinginannya maka orang  tersebut kelak bisa saja mempunyai kepribadian hedonis.
  4. Konsep Diri: Ketika seseorang sudah membuat konsep dirinya adalah representatif dari suatu merek terkenal maka, dirinya tidak akan merasa puas jika menggunakan merek lain. Segala cara akan dilakukan untuk terus menggunakan merek tersebut, walau dengan untuk menanggulangi cara mengatasi rasisme sekalipun. Ketika orang memandang aneh terhadap pilihannya, mereka tidak akan peduli, karena hedonisme selalu mengacu kepada kesenangan diri sendiri.
  5. Motif: Ketika seseorang merasa nyaman memakai barang tertentu dan merasa prestise, maka ini akan menjadikan motif bagi dirinya untuk terus menggunakan barang tersebut. Jika semakin lama motif ini semakin besar, maka orang tersebut akan menjadi hedonis.
  6. Persepsi: Ketika persepsi seorang hedonis terhadap suatu benda, merek dan gaya hidup terbentuk maka mereka akan mengubah dunianya menjadi apa yang diinginkannya tanpa memperdulikan pandangan orang lain.

Faktor Eksternal

  1. Referensi: Sebuah kelompok atau individu dapat menjadi referensi bagi seseorang untuk menjadi hedonis. Kelompok ini bisa menjadi referensi langsung ketika orang tersebut menjadi anggota kelompoknya, namun bisa juga suatu kelompok atau seseorang bisa menjadi referensi tidak langsung dimana orang tersebut tidak harus harus menjadi anggota kelompok atau dekat dengan orang tersebut, contohnya adalah pengagum seorang sosialita atau aktor dan aktris. Tanpa sadar seorang hedonis akan meniru total gaya hidup idolanya.
  2. Keluarga: Keluarga adalah faktor pengaruh terbesar untuk menjadikan seseorang menjadi hedonis. Jika anak dari kecil sudah dididik dengan mengikuti segala kemauan anak dan diberi barang-barang mewah, maka kebiasaan ini akan berlanjut terus hingga anak dewasa dan membentuk anak menjadi pribadi hedonis.
  3. Kelas Sosial: Kelas sosial dimana orang tersebut berada dapat menjadi penyebab modernisasi seseorang menjadi bisa juga menyebabkan seseorang menjadi hedonis. Orang tersebut akan berusaha bertahan untuk menjadi anggota kelas sosialnya dengan terus mengikuti standar gaya hidup anggota lainnya.
  4. Budaya: Adalah sebuah cara hidup yang berkembang dari generasi ke generasi berdasarkan unsur agama, politik, adat istiadat, bahasa, seni dan bangunan. Oleh karena itu perbedaan nilai budaya dan nilai sosial akan melekat kuat pada individu yang manjalaninya.

Demikian penyebab hedonisme yang terjadi pada individu atau sebuah kelompok. Banyak sekali efek dari hedonisme ini diantaranya adalah seseorang akan menjadi boros, individualisme, egois, kurang bertanggung jawab dan melakukan faktor-faktor penyebab terjadinya kriminalitas untuk memenuhi kebutuhannya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 05th, November 2018 / 03:35 Oleh :
Kategori : Ekonomi