Sponsors Link

Beginilah 6 Faktor Penyebab Diferensiasi Agama Di Indonesia

Sponsors Link

Diferensiasi agama adalah suatu hal yang seringkali menimbulkan sebuah konflik dan faktor agama menjadi sangat penting, karena bisa saja mempengaruhi norma serta nilai yang berlaku di masyarakat. Banyak sekali jenis diferensiasi yang terjadi seperti jenis diferensiasi sosial dan diferensiasi agama, Namun ada beberapa faktor penyebab timbulnya sebuah diferensiasi yang berkaitan dengan agama. Berikut ini adalah 6 faktor penyebab diferensiasi agama di Indonesia:

ads

1. Perbedaan Pandangan

Salah satu faktor yang dapat menimbulkan diferensiasi agama adalah adanya perbedaan pandangan dalam menyikapi berbagai permasalahan dan perbedaan pandangan seperti ini biasanya menimbulkan sebuah konflik yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan orang banyak. Salah satu faktor penyebab masalah sosial terjadi di masyarakat yaitu adanya perbedaan pandangan.

2. Perbedaan Cara Ibadah

Setiap agama pasti memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan ibadah dan hal ini menjadi salah satu contoh masalah sosial yang sering terjadi. perbedaan cara ibadah seringkali menimbulkan sebuah konflik dan berbagai hal yang menyangkut dengan agama seringkali dianggap sebagai suatu hal yang sensitif di Indonesia.

3. Perbedaan Tempat Ibadah

Tempat ibadah yang digunakan masing-masing agama tentunya memiliki banyak perbedaan dan setiap agama mendesain tempat ibadahnya dengan cara yang berbeda-beda. Dengan banyaknya agama yang ada di Indonesia menjadikan timbul keberagaman dan dampak positif keberagaman budaya adalah terbentuknya perilaku toleransi antar sesama umat beragama.

4. Perbedaan Cara Hidup

Cara hidup orang beragama memang berbeda-beda, hal ini diatur berdasarkan agamanya masing-masing dan setiap agama pasti memiliki cara hidup yang jauh berbeda. Perbedaan cara hidup tentu menghasilkan keberagaman di Indonesia dan salah satu manfaat keberagaman budaya yang terbentuk adalah hidup rukun dengan berbeda agama. Indonesia menjadi negara yang beragam dan keberagaman yang terjadi berimbas banyaknya konflik yang terjadi, namun sifat toleransi harus terus diserukan, agar tercipta negara yang kuat tanpa adanya perpecahan.

5. Perbedaan Aturan

Aturan hidup manusia memang berbeda, jika dilihat dari kacamata agama dan hal ini biasanya diatur dalam kitab suci yang digunakan dalam agama tersebut. Pranata seperti ini harus dapat diatasi dengan baik dan salah satu contoh pranata agama yang baik adalah timbulnya sifat saling menghargai antar sesama manusia, walaupun berbeda agama. Perbedaan aturan seringkali menimbulkan konflik dan menjadi salah satu masalah yang sulit diselaraskan, karena harus ada rasa toleransi yang tinggi antar sesama masyarakat.

6. Perbedaan Waktu Ibadah

Perbedaan waktu saat melakukan ibadah seringkali menjadi sebuah hal yang menimbulkan konflik dan salah satu tujuan pranata agama dalam hal ini adalah menyelaraskan semua perbedaan yang terbentuk dari perbedaan agama. Budaya toleransi antar umat beragama dalam hal ini harus sangat terjaga dengan baik, karena dengan toleransi perdamaian akan terwujud dengan baik. Agama mayoritas di Indonesia adalah agama islam dan untuk mencari bangunan masjid di Indonesia sangatlah mudah, karena masjid memang sudah ada di banyak tempat.

Demikian ulasan singkat mengenai faktor penyebab diferensiasi agama di Indonesia dan semoga artikel ini menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 15th, March 2019 / 08:28 Oleh :
Kategori : Pendidikan