Sponsors Link

Pengertian Pelaku Ekonomi, Macam dan Perannya

Sponsors Link

Semua orang dalam memenuhi kebutuhan akan melakukan kegiatan ekonomi yang berbeda beda sebagai salah satu upaya manusia memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pelaku ekonomi adalah orang yang bekerja dan mengartikan sudah melakukan kegiatan produksi sehingga juga disebut dengan pelaku produksi. Pelaku ekonomi merupakan pihak pihak yang melakukan kegiatan ekonomi dan bisa dikelompokkan menjadi 5 yakni rumah tangga konsumsi, rumah tangga produksi, produksi pemerintahan dan masyarakat luar negeri. Sedangkan setiap pelaku ekonomi ada yang berperan sebagai produsen, konsumen atau distributor. Berikut ini akan kami jelaskan tentang pengertian pelaku ekonomi, macam, perannya.

ads

Pelaku Ekonomi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pelaku ekonomi dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni:

1. Rumah Tangga Konsumsi [RTK]

Rumah tangga konsumsi adalah unit ekonomi yang terkecil yakni pemilik atau penyedia jasa dari berbagai faktor produksi. Sedangkan faktor produksi yang dimiliki rumah tangga akan digunakan perusahaan untuk menghasilkan jasa atau barang sebagai salah satu cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi. Selain itu, rumah tangga konsumsi juga akan memakai barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan.

Peran rumah tangga konsumsi diantaranya adalah sebagai konsumen dan pemasok atau pemilik faktor produksi. Sedangkan faktor produksi terdiri dari 4 yakni alam, tenaga kerja, modal dan juga keahlian.

2. Rumah Tangga Produksi

Rumah tangga produksi yang juga disebut dengan produsen atau perusahaan adalah yang melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan bidang usahanya. RTP berhubungan dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan dan berikut adalah beberapa peran dari RTP.

  • Sebagai Produsen

RTP sebagai produsen akan memproduksi barang dan jasa dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau RTK. Karena memproduksi barang dan jasa, RTP memerlukan beberapa faktor produksi dari RTK sehingga RTP juga berperan sebagai faktor produksi.

  • Sebagai Konsumen

Untuk melakukan kegiatan produksinya, RTP akan melakukan kegiatan konsumsi yakni membeli beberapa faktor produksi dari RTK. RTP akan membayar balas jasa atas pemakaian beberapa faktor produksi tersebut yang disediakan RTK.

3. Pemerintah

Pemerintah sebagai pelaku ekonomi juga memiliki peran seperti RTK dan juga RTP. Beberapa peran pemerintah diantaranya adalah:

  • Sebagai Produsen

Pemerintah sebagai produsen akan memproduksi barang dan jasa untuk kepentingan masyarakat umum dengan cara menguasai cabang cabang produksi yang penting sekaligus menguasai hajat hidup orang banyak lewat badan badan usaha milik negara.

Contoh produksi adalah perawat terbang yang dilakukan PT Dirgantara Indonesia, produksi popok Petrokimia di Gresik, industri semen di Cibinong Bogor dan Gresik.

  • Sebagai Konsumen

Pemerintah dalam menjalankan kegiatan produksi butuh barang dan jasa, tenaga kerja, peralatan untuk keperluan pendidikan, kesehatan, administrasi kantor pemerintah, senjata untuk keperluan pertahanan dan keamanan dan masih banyak lagi.

  • Sebagai Pengatur dan Pengendali

Sebagai pengatur dan pengendali, pemerintah memiliki peran sebagai pengatur dan pengendali kegiatan perekonomian negara dengan mengeluarkan kebijakan kebijakan. Beberapa kebijakan tersebut contohnya adalah menurunkan tingkat pengangguran dan tingkat inflasi, menciptakan keseimbangan neraca pembayaran dan masih banyaklagi.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pengawasan terhadap kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh RTK dan RTP agar bisa melakukan kegiatan yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara menyeluruh yang juga menjadi cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.

Sponsors Link

4. Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat luar negeri memiliki peran sangat penting untuk mennjang kegiatan perekonomian yang dijalankan negara. Kegiatan perekonomian yang dilakukan dengan masyarakat luar negeri tersebut akan menimbulkan arus barang dan jasa yakni ekspor impor serta arus masuk dan keluar atau kurs valas. Dari kegiatan tersebut, pendapatan pemerintahakan bertambah karena memperoleh devisa.

Demikian ulasan dari kami tentang pengertian pelaku ekonomi beserta dengan macam dan perannya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda tentang pelajaran ekonomi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 11:20 Oleh :
Kategori : Ekonomi