Sponsors Link

Pengertian OPEC, Anggota, Tujuan dan Latar Belakangnya

Sponsors Link

OPEC merupakan organisasi antarpemerintah atau intergovernmental organization yang didirikan Irak, Iran, Kuwait, Saudi Arabia dan juga Venezuela. Dalam pembuatannya, inisiatif Menteri Energi dan Tambang Venezuela bernama Juan Pablo Perez Alfonso, dari Saudi Arabia bernama Abdullah Al Tariki dan pemerintah dari Irak, iran, Kuwait dan Saudi Arabia serta venezuela bertemu di Baghdad untuk berdiskusi tentang cara meningkatkan harga dari minyak mentah yang diproduksi beberapa negara tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan tentang pengertian OPEC lengkap dengan anggota, tujuan dan latar belakang didirikannya OPEC tersebut.

ads

Pengertian OPEC

Pengertian OPEC [Organization of the Petroleum Exporting Countries] adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri dari beberapa negara pengekspor minyak bumi terbanyak di dunia yang juga bisa memberikan keuntungan dan kerugian kerjasama antar negara. OPEC adalah organisasi permanen antar pemerintah yang didirikan lewat konferensi Baghdad tanggal 10 hingga 14 September 1960 oleh 5 negara sumber minyak bumi raksasa yakni Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela.

Anggota OPEC

Anggota OPEC sendiri terdiri dari beberapa negara mulai dari Afrika, Hayalan dan juga Amerika Selatan.

  • Afrika: Aljazair [1969], Angola [1 Januari 2007], Libya [Desember 1962], Nigeria [juli 1971].
  • Hayalan: Arab Saudi [Negara pendiri, September 1960], Iran [Negara pendiri, September 1960], Irak [Negara pendiri, September 1960], Kuwait [Negara pendiri, September 1960], Qatar [Desember 1961], Uni Emirat Arab [November 1967].
  • Amerika Selatan : Ekuador [1973-1993 dan kembali menjadi anggota pada tahun 2007], Venezuela [Negara pendiri, September 1960].
  • Anggota yang keluar: Gabon [1975-1995], Indonesia [Desember 1962-Mei 2008].

Pada bulan Mei tahun 2008, Indonesia sudah mengumumkan jika sudah mengajukan surat untuk keluar dari OPEC di akhir tahun 2008 mengingat Indonesia sekarang sudah menjadi importir minyak sejak tahun 2003 dan sudah tidak mampu lagi untuk memenuhi kuota produksi yang sudah ditetapkan.

Tujuan OPEC

Sesudah lebih dari 40 tahun berdiri, OPEC sudah menerapkan berbagai strategi untuk mencapai tujuannya. Dari pengalaman tersebut, OPEC akhirnya menetapkan tujuan yang ingin dicapai yang tentu berbeda dengan contoh interaksi antar negara ASEAN yakni preserving and enchacing the role of oil as a prime energy source in achieving sustainable economic development lewat:

  • Koordinasi dan unifikasi kebijakan perminyakan antar negara anggota.
  • Menetapkan strategi yang tepat untuk melindungi kepentingan negara anggota.
  • Menerapkan cara untuk menstabilkan harga minyak di pasar internasional sehingga fluktuasi harga tidak terjadi.
  • Menjamin income yang tetap untuk negara produsen minyak.
  • Menjamin suplai minyak untuk konsumen.
  • Menjamin kembalinya modal investor di bidang minyak secara adil.
Sponsors Link

Badan Utama OPEC

Organisasi OPEC terdiri dari 4 badan utama yakni Konferensi OPEC, dewan gubernur, sekretariat dan badan badan lain di bawah badan utama sesuai dengan struktur OPEC.

1. Konferensi

Konferensi memiliki kekuasaan tertinggi untuk menentukan kebijakan.

2. Dewan Gubernur

Dewan gubernur terdiri dari gubernur yang dipilih masing masing anggota OPEC untuk duduk dalam dewan yang bersidang sedikitnya dua kali dalam setahun dengan beberapa tugas seperti melaksanakan keputusan konferensi, mempertimbangkan dan memutuskan laporan yang disampaikan sekretaris jenderal, memberikan rekomendasi dan laporan pada pertemuan konferensi OPEC dan masih banyak lagi.

3. Sekretariat

Seketariat adalah pelaksana eksekutif organisasi yang sesuai dengan status dan pengarahan dari dewan gubernur. Sekretaris jenderal adalah wakil resmi dari organisasi yang dipilih untuk periode 3 tahun dan bisa diperpanjang 1 kali untuk periode yang sama.

Dalam melaksanakan tugas, sekjen bertanggung jawab pada dewan gubernur dan memperoleh bantuan dari para kepala divisi dan kepala bagian.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 26th, July 2019 / 13:29 Oleh :
Kategori : Sejarah