Sponsors Link

Pengertian Disintegrasi Sosial, Macam dan Cara Penanggulangannya

Sponsors Link

Dalam ilmu sosiologi, disintegrasi diartikan sebagai terpecahnya sebuah kesatuan menjadi beberapa bagian kecil yang terpisah antara satu dengan yang lain. Sedangkan pengertian disintegrasi sosial adalah terpecahnya sebuah kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah pisah antara satu dengan yang lainnya. Disintegrasi sosial akan terjadi karena hilangnya ikatan kebersamaan untuk mempersatukan anggota sebuah kelompok yang satu dengan lainnya. Berikut akan kami jelaskan tentang pengertian, macam dan juga cara penanggulangan disintegrasi sosial selengkapnya.

ads

Bentuk Bentuk Disintegrasi Sosial

Di dalam negeri, bentuk bentuk disintegrasi  akibat kondisi yang tidak bersatu untuk menghilangkan keutuhan atau perusahaan karena adanya perubahan sosial terdiri dari beberapa bentuk, yakni:

1. Pergolakan Daerah

Dalam sejarah bangsa Indonesia, sudah tercatat semua pergolakan daerah yang pernah terjadi. Pergolakan tersebut bisa terjadi karena adanya kesenjangan redovisning, ketidakadilan, kebijakan politik, etnis, masalah agama dan lain sebagainya. Beberapa pergolakan yang terjadi di Indonesia tersebut merupakan konsekuensi dari terbentuknya Negara Kesatuan Republik yang bersifat majemuk dalam proses terjadinya interaksi sosial.

2. Demonstrasi

Demonstrasi merupakan sebuah fenomena yang sering terjadi di era reformasi seperti sekarang ini. Perubahan drastis pada masa reformasi turut membawa perubahan pada perilaku masyarakat. Sebelum reformasi, maka rakyat tidak bisa langsung menyampaikan semua aspirasi dan protes demonstrasi juga ditindak keras karena pemerintahan orde baru.

3. Kriminalitas

Sekarang ini, tindak kriminal tidak lagi hanya berupa aksi aksi seperti pencopetan, namun di jalan raya, perampikan, pencurian di lingungan rumah juga sering terjadi. Kemajuan teknologi sekarang ini sudah menyebabkan berubahnya modus operasi pra pelaku kejahatan dan kejahatan yang dilakukan dengan canggih juga semakin sulit dilacak.

4. Kenakalan Remaja

Fuad Hassan mengatakan jika kenakalan remaja merupaka perbuatan antisosial yang dilakukan oleh para remaja. Jika ini dilakukan oleh orang dewasa, maka akan dikategorikan sebagai tindak kriminal.

Tanda Disintegrasi Sosial

Disintegrasi yang terjadi di Indonesia sendiri ditandai dengan berbagai gejala yang biasa muncul dan menyebabkan ciri ciri perubahan sosial, beberapa tanda tersebut diantaranya adalah:

  • Terdapat perbedaan prinsip antara anggota penduduk tentang tujuan yang semula yang kemudian dijadikan patokan bagi anggota masyarakat.
  • Perilaku Em Virude yakni warga masyarakat yang cenderung melanggar atau melawan nilai serta norma yang sudah disepakati secara bersama sama.
  • Selalu akan terjadi pertentangan masa norma norma yang ada di dalam masyarakat.
  • Nilai dan juga norma yang ada di masyarakat tidak lagi berfungsi dengan baik dan maksimal seperti seharusnya.
  • Tidak adanya konsistensi dan komitmen bersama pada pelaksanaan sanksi untuk mereka yang melanggar norma norma yang ada di masyarakat.
  • Setiap terjadi proses sosial di masyarakat yang saling menghasut, pertentangan individu atau kelompok dan masih banyak lagi.
Sponsors Link

Penanggulangan Disintegrasi

Untuk menanggulangi disintegrasi sosial, maka anda harus menguatkan usaha integrasi lokal yakni sebagai berikut:

  • Membangun serta menghidupkan komitmen, kesadaran serta kehendak untuk bersatu.
  • Menghasilkan kondisi yang mendukung komitmen dan kesadaran lalu memiliki keinginan untuk bersatu dan membiasakan diri untuk membangun konsensus.
  • Membangun kelembagaan atau pranata yang berakar besar dan kesatuan bangsa.
  • Merumuskan kebijakan serta regulasi yang konkret serta tegas kemudian tetap berada dalam aspek kehidupan serta pembangunan bangsa yang mencerminkan keadilan sosial untuk semua pihak dan juga wilayah sebagai salah satu syarat terjadinya interaksi sosial.

Demikian ulasan dari kami tentang pengertian disintegrasi sosial lengkap dengan bentuk, tanda tanda dan juga penanggulangannya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 11:07 Oleh :
Kategori : Sosiologi