Sponsors Link

5 Pengaruh Kerjasama di Bidang Sosial yang Penting Dipahami

Sponsors Link

Kerjasama merupakan suatu bentuk kesepakatan yang dilakukan dua kelompok atau lebih, bahkan dilakukan antar bangsa. Tujuan dari kerjasama ini untuk membentuk semacam koalisi yang saling menguntungkan. Koalisi ini bukan maksud untuk mendirikan sebuah partai atau organisasi terlarang melainkan untuk melakukan hubungan timbal balik yang saling membutuhkan. Selain itu, salah satu penyebab adanya konflik kesenjangan antarbangsa dapat teratasi dengan adanya kerjasama.

ads

Melalui kerjasama ini masing-masing individu atau bangsa memperoleh impek (dampak) yang nyata. Sebab terjadinya kerjasama dilandasi akan kekurangan. Adanya kerjasama juga sebagai syarat terjadinya interaksi sosial, Misalnya, Indonesia melakukan kerjsama militer dengan Rusia. Indonesia memang membutuhkan berbagai tranfer teknologi militer canggih. Dengan kerjasama tersebut Indonesia mendapatkan berupa ilmu teknologi meleter dari negara laian. Tentu bagi bangsa Indonesia sangat bermanfaat. Mengingat perkembangan wilayah indonesia yang sangat luas dan membutuhkan berbagai peralatan militer cangging untuk mengawalnya.

Di era sekarang banyak lembaga kerjasama antar bangsa yang bergerak di bidang sosial. Sehingga, tidak mengherankan suatu bangsa akan mudah untuk terus berkembang dan tertinggal dari keterpurukan sebab adanya kerjasama. Adapun lembaga kerjasama tersebut sebagai berikut;

  1. WHO

Mungkin Anda sering mendengar istilah WHO atau singkatan dari (world health organization). Jenis kerjasama ini berpusat pada kesehatan masyarakat. WHO ini didirikan sejak lama tepatnya pada tanggal 7 April 1948 di Jenewa. Fungsi dari organisasi ini adalah untuk melakukan berbagai upaya pencegahan akan adanya berbagai macam penyakit. Tidak saja pencegahan melainkan melakukan upaya pengobatan. Suatu bangsa yang melakukan kerjasama dengan WHO mendapatkan keuntungan lebih. Sebab akan mudah untuk melakukan penangulangan penyakit.

  1. UNESCO

Salah satu lembaga kerjasama dunia ini bergerak pada perdamaian, keamanan, promosi antar negara, budaya sebab di berbagai negara memiliki keragaman budaya dan adat. Selain itu, juga di bidang pendidikan, dan peraturan hukum serta HAM. Organisasi ini banyak membantu bangsa dan masyarakatnya dunia. Sebab memperoleh berbagai manfaat dari kerjasama ini. Misalnya, dengan adanya UNESCO salah satu kebudayaan bangsa diakui dan diketahui oleh berbagai bangsa lainnya. Sehingga, mereka mengenal dan sebuah keuntungan untuk bangsa.

  1. UNICEF

UNICEF (United Nasional International Children Emergency Fund) merupakan sebuah lembaga kerjasama internasional yang bergerak untuk melindungi anak-anak di dunia. Kerjasama antarabangsa ini lebih mengutamakan perlindungan anak-anak dari berbagai kekerasan, baik perang maupun hal lainnya. Sebab keberlangsungan bangsa ditenukan dari generasi penerusnya.

  1. ASEAN

Kerjasama masyarakat Asia Tenggara ini merupakan organisasi negara-negara dibidang ekonomi, pariwisata, dan lainnya. Tentu dengan adanya kerjasama ini memberikan manfaat dan tercapainya tujuan pembentukan ASEAN. Terlebih dilakukan di negara yang tidak jauh berbeda. Dilihat dari segi tempat, ras, dan kultur budayanya. Indonesia dalam kaitan ini sebagai anggota dari kerjasama ASEAN. Contoh dari kerjasama ASEAN ini sebagai berikut;

  • Pengembangan kesejahteraan
Sponsors Link

Wujud dari penhgembangan kesejahteraan ini adalah pembayarah upah yang harus sesuai dengan nominal minimum. Artinya harus disesuikan dengan kebutuhan dan berbagai harga bahan pokok. Dalam hal ini tugas anggota ASEAN adalah mengupayakan ketercapaian akan hal tersebut.

  • Pemberian bantuan merata

Anggota dari ASEAN mendapatkan bantuan untuk perempuan dan para pemuda untuk mengembangkan bangsanya. Bantuan ini berbagai bentuk, bisa berupa uang langsung dan wujud pelatihan penunjang keterampilan.

  • Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia era sekarang sangatlah penting. Sebab akan menunjang kemajuan suatu bangsa. Selain itu, agar dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya. Karena hal itulah yang ingin dicapai oleh organisasi ASEAN. Sehingga, warga anggota-anggota lebih mampu bersaing di era global.

  • Peningkatan Kesejahteraan
ads

Kesejahteraan merupakan aspek terpenting dalam sebuah bangsa. Sebab sejahtera inilah faktor penentu dari keberhasilan suatu bangsa. Untuk itulah, ASEAN berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat anggota-anggotanya.

Pengaruh Kerjasama di bidang Sosial

Dengan adanya berbagai bentuk kerjasama dari lembaga-lembaga baik nasional maupun internasional. Memberikan pengaruh kepada bangsa yang ikut serta. Pengaruh yang berperan dalam memajukan suatu bangsa kedepannya. Adapun pengaruh tersebut sebagai berikut;

  1. Kerukunan Antarbangsa Terjaga

Adanya kerjasama membentuk semacam ikatan yang tidak nampak. Ikatan ini berupa simbiosis mutualisme (saling mengutungkan). Melalui ikatan inilah antarbangsa saling membutuhkan. Ketika telah terjadi demikian masyarakat dan bangsa akan menjaga jalinan kerukunan. Sebab sama-sama memberikan impek untuk kemajuan bangsanya. Selian itu, berbagai pemicu konflik dapat terhindarkan adanya kerjasama ini.

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengaruh kerjasama di bidang sosial selanjutnya adalah pengembangan sumber daya manusia. Kita ketahui SDM penting untuk kemajuan suatu bangsa. Terlebih era global sekarang ini hanya mereka yang memiliki SDM bagus yang mampu bersaing. Untuk itulah, adanya kerjasama mampu meningkatkannya. Tidak menutup kemungkinan kerjasama ini berupa pertukaran pelajar, mahasiswa, dan berbagai teknisi lainnya untuk berguru di negara tetangga. Tentu ini akan secara perlahan tapi pasti meningkatkan SDM bangsa. Tidak saja itu,

  1. Pertukaran Budaya dan Seni

Kerjasama sosial antarbangsa tidak menutup kemungkinan terjadi pertukara budaya dan seni. Pertukaran ini akan semakin memperkaya khasanah kebudayaan suatu bangsa. Selain itu, pertukaran ini secara tidak langsung mempromosikan budaya kepada bangsa lain.

  1. Meningkatkan Perekonomian

Pengaruh kerjasama di bidang sosial selanjutnya adalah meningkatkan perekonomian. Melalui kerjasama misalnya ASEAN, produk-produk bangsa memiliki akses untuk dikirim ke bangsa lain. Akses inilah yang membuka jalan untuk perkembangan ekspor dan kemajuan sektor ekonomi suatu bangsa. ekonomi suatu bangsa yang baik akan mampu menekan angka kejahatan dan penyebab suatu konflik lainnya.

  1. Meningkatkan Pendidikan

Adanya kerjasama di bidang sosial membawa pengaruh positif untuk dunia pendidikan. Para siswa dan mahasiswa mudah untuk memperoleh akses untuk melakukan pertukaran pelajar. Selain itu, melalui berbagai even, beasiswa, dan lainnya membuka wacana keilmuan generasi bangsa. Sehingga, kedepannya mampu menjadi bangsa yang literat secara global.

Demikian beberapa adanya bentuk pengaruh yang ada pada kerjasama dalam bidang sosial yang bisa anda ketahui untuk bisa anda mengerti.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Sunday 17th, June 2018 / 03:46 Oleh :
Kategori : Sosiologi