Sponsors Link

3 Pengaruh Interaksi Antarruang Di Indonesia Dan Negara Asean Lainnya

Sponsors Link

Interaksi antar ruang adalah sebuah kerjasama yang dilakukan antar negara dan interaksi yang dilakukan adalah interaksi yang saling menguntungkan. Pada dasarnya semua negara pasti memiliki kelebihan atau kekurangan dan dengan adanya kerjasama yang terjalin, setiap negara akan bisa saling menutupi untuk kemajuan negara tersebut. Selain menjalin kerjasama antar negara, interaksi juga memiliki maksud untuk memenuhi kebutuhan negara dan proses interaksi sosial yang terjadi harus bisa terjaga dengan baik. Interaksi selain memiliki tujuan yang jelas juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan Asean. Berikut ini adalah pengaruh interaksi antarruang di indonesia dan asean:

ads

1. Ekonomi

Asean Free Trade Area(Afta) adalah salah satu bukti pengaruh interaksi antar ruang yang terjadi dan kerjasama ini menghasilkan kesepakatan bahwa kawasan Asean adalah kawasan yang bebas untuk berdagang atau zona bebas. Tak hanya itu, karena salah satu proses terjadinya interaksi sosial adalah adanya sebuah kebutuhan. Dengan banyaknya perusahaan asing yang melakukan investasi tentu memudahkan perusahaan di Indonesia untuk dapat berkembang dan kini banyak perusahaan asing yang menanamkan modalnya di berbagai perusahaan Indonesia dan startup menjadi lini yang banyak memiliki dana investasi asing. Dengan banyaknya kerja sama yang terjadi memunculkan banyaknya masalah sosial yang terjadi dan salah satu faktor penyebab masalah sosial adalah adanya anggapan bahwa investasi yang dilakukan negara asing di jaman sekarang menjadi salah satu indikasi kolonialisme di jaman sekarang.

2. Sumber Daya Alam

Dengan dibentunya MEA negara asean akan sangat memudahkan semua negara asean untuk melakukan penanaman modal di Indonesia, karena Indonesia menjadi negara yang paling berpotensi untuk ditanami modal dengan sumber daya alam yang banyak dan kekayaan alam yang ada di Indonesia membuat para negara asean berlomba untuk menanamkan modalnya. Dengan proses interaksi sosial yang baik memudahkan terjalinnya kerjasama antar negara yang ada di asean. Banyak yang menjadi syarat terjadinya interaksi sosial dan salah satunya adalah adanya hubungan yang saling menguntungkan.

Dengan banyaknya investor yang menanamkan modal di Indonesia tentu sangat menguntungkan bagi pihak asing, namun hal ini sangat merugikan bagi Indonesia dan dengan pengolahan yang terus menerus, maka SDA akan habis siring perkembangan waktu. Pihak asing hanya mementingkan keuntungan yang besar, namun rakyat Indonesia akan menerima dampaknya. Hal ini perlu dijaga dengan baik agar SDA bisa bertahan lama dan Indonesia menjadi negara kaya secara perekonomian.

3. Budaya

Interaksi antar ruang yang dilakukan Indonesia menjadikan adanya peluang untuk saling memperkenalkan budaya yang ada dan kebudayaan menjadi salah satu hal penting yang berpengaruh terhadap interaksi, salah satu manfaat keberagaman budaya dari sebuah interaksi adalah saling menghargai budaya yang berasal dari asean. Hal ini juga menjadi upaya pelestarian budaya, karena budaya memiliki peranan dalam perubahan sosial dan salah satu faktor perubahan sosial yang sering terjadi adalah adanya kebudayaan baru yang lebih dikenal.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengaruh interaksi antarruang di indonesia dan asean dan semoga artikel ini dpat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Thursday 21st, March 2019 / 04:05 Oleh :
Kategori : Pendidikan