Sponsors Link

Ini Dia 7 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perubahan Sosial

Sponsors Link

Globalisasi adalah kondisi yang tidak bisa di hindarkan yang terjadi di Indonesia dan proses globalisasi berjalan di masyarakat tanpa adanya sebuah batasan kapan akan berhenti. Globalisasi menimbulkan banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia dan budaya luar yang masuk ada yang sifatnya positif maupun negatif. Sulit sekali menentukan filter baik buruknya sebuah proses globalisasi dan pengaruh globalisasi memang sangat berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat menjadi hal yang banyak terjadi dan hal ini menimbulkan sebuah konflik baru. Berikut ini adalah beberapa pengaruh globalisasi terhadap perubahan sosial:

ads

1. Individualis

kini dengan perkembangan teknologi di era globalisasi membuat banyak orang lebih mementingkan kepentingan sendiri dibanding dengan kepentingan bersama-sama dan hal ini terjadi akibat adanya persaingan ekonomi yang sangat ketat, sistemnya sudah menjadi siapa cepat dia dapat. Hal ini menjadi dampak globalisasi yang sangat buruk bagi kehidupan sosial di masyarakat, karena budaya gotong royong menjadi semakin kecil frekuensinya.

2. Kurang Sosialisasi

Indonesia menjadi negara yang memiliki keberagaman masyarakat dan salah satu manfaat keberagaman budaya adalah timbulnya persatuan yang dihasilkan dari banyak perbedaan. Kini budaya sosialisasi berkurang dengan adanya pengaruh globalisasi dan hal ini menjadi faktor penghambat timbulnya sebuah kerjasama atau kegiatan gotong royong.

3. Gaya Berpakaian

Globalisasi memang memberikan pengaruh terhadap berbagai perubahan sosial dan salah satu perubahan yang terjadi adalah gaya berpakaian. Gaya berpakaian orang Indonesia jaman sekarang sangat terpengaruh fashion luar negeri dan hal ini menjadi ciri-ciri era globalisasi informasi yang terjadi di masyarakat, namun pengaruh ini memiliki dampak positif bagi gaya berpakaian kebanyakan masyarakat.

4. Lunturnya Tradisi

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali tradisi unik dan hampir di setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Namun di era globalisasi ini tradisi jaman dulu banyak ditinggalkan oleh anak jaman sekarang, hal ini terjadi akibat adanya anggapan bahwa tradisi adalah sebuah hal kuno dan anggapan ini menjadi permasalahan sosial budaya yang terjadi di beberapa daerah.

5. Hiburan Anak

Jaman dulu hiburan anak yang paling seru adalah bermain di lapangan bersama teman-temannya, namun di jaman sekarang orang tua lebih menganjurkan anak untuk main game di hp dan diam di rumah tak bermain. Hal ini membuat pergeseran kondisi penduduk indonesia yang tadinya sangat tradisional menjadi sangat modern dan budaya ini menjadi dampak negatif adanya globalisasi.

6. Persebaran Penduduk Tak Merata

Dengan adanya globalisasi memudahkan banyak masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi dan hal ini menimbulkan sebuah permasalahan baru di lingkungan. Kesenjangan ekonomi menjadi faktor pendorong urbanisasi yang terjadi dan banyak masyarakat yang nekad pergi ke kota demi mendapat sebuah penghidupan yang layak.

7. Senang Belanja

Persebaran informasi yang semakin mudah membuat banyak masyarakat tergoda ikut dalam pusaran globalisasi dan salah salah dampak negatif globalisasi adalah adanya budaya masyarakat yang senang untuk berbelanja. Tak hanya itu dengan adanya globalisasi juga timbul bentuk penyimpangan sosial dan salah satu penyimpangan sosial yang terjadi adalah masyarakat gemar membeli barang yang tidak terlalu penting perannya.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengaruh globalisasi terhadap perubahan sosial dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 08th, April 2019 / 03:19 Oleh :
Kategori : Sosiologi