Sponsors Link

3 Pengaruh Amalgamasi Dalam Bidang Sosial yang Paling Jelas dan Terlengkap

Sponsors Link

Amalgamasi sebagai salah satu proses percampuran dua kebudayaan, mempunyai pengaruh dalam berbagai bidang terutama bidang sosial. Ketika dampak amalgamasi terjadi dalam suatu masyarakat dan kemudian timbul kebudayaan baru maka kehidupan sosial masyarakat tersebut otomatis akan berubah. Sejauh mana unsur-unsur dalam masyarakat menyikapinya, maka hal ini akan mempengaruhi perkembangan kebudayaan baru tersebut. Apakah akan bertahan atau bisa saja akan tergantikan dengan bentuk kebudayaan baru lainnya yang dianggap lebih sempurna oleh masyarakat tersebut.

ads

Pengaruh Amalgamasi Dalam Bidang Sosial

Untuk melihat lebih jauh pengaruh amalgamasi dalam pengaruh kerjasama di bidang sosial, kita bisa melihat kehidupan di Amerika Serikat. Dahulu pendatang dari Afrika dan keturunannya tidak boleh bergaul dengan bangsa kulit putih karena dianggap rendah. Diperparah dengan keluarnya undang-undang tentang larangan perkawinan campuran pada tahun 1967. Namun seiring berjalannya waktu, contoh pola sosial dalam kehidupan bermasayarakat pikirpun berubah. Kini pergaulan di Amerika tidak dibatasi, siapa saja boleh bergaul atau menikah lintas ras dan bangsa. Bahkan saat ini presiden Amerika pun berkulit hitam, dengan ayah berasal dari Afrika dan ibu berasal dari Amerika.

Sejauh apa pengaruh amalgamasi dalam bidang sosial? Berikut uraiannya:

  1. Di suatu kota besar, proses amalgamasi lebih mudah terjadi karena banyak pendatang dari berbagai daerah dan luar negeri. Contohnya di Bandung, sebuah kota di Jawa Barat dimana penduduknya sangat beragam. Oleh karena itu bahasa Indonesia menjadi pengantar pergaulan dalam lingkungan yang heterogen ini. Pengaruhnya adalah saat ini jarang sekali orang Bandung yang berbicara dalam bahasa Sunda, bahkan para orang tua yang jelas-jelas orang Sundapun, lebih senang berbahasa Indonesia dengan anak-anaknya.
  2. Permainan merupakan salah satu hal yang penting dilakukan oleh anak-anak agar bisa tumbuh dan berkembang. Pada jaman dahulu anak-anak bisa bermain bebas di lapangan dengan permainan yang melatih fisik mereka. Seiring dengan perkembangan jaman dan ditambah dengan pertumbuhan penduduk yang signifikan, lahan untuk bermain anak-anakpun berkurang. Anak-anakpun sesuai masanya mulai melirik permainan lain yang tidak memerlukan lahan yang luas, dan akhirnya datanglah era keemasan game-game yang dimainkan melalui komputer dan handphone. Dari kebudayaan asli Indonesia dan program game dari luar, lahirlah game-game buatan anak bangsa seperti tahu bulat, warung chain go food express, ramen chain, Diponegoro – tower defense, Jokowi go dan sebagainya.
  3. Ketika proses amalgamasi terjadi dan salah satu contoh asimilasi budaya mendominasi maka hal ini akan rawan menimbulkan konflik. Jika suatu kelompok dalam masyarakat merasa bahwa lingkungannya sudah tidak menjunjung tinggi budaya asli maka kelompok masyarakat tersebut akan mencoba untuk mengembalikan budaya lama dengan segala cara. Ketika orang-orang di lingkungannya tidak mau menerima hal tersebut maka timbulah konflik.

Itulah beragam pengaruh contoh amalgamasi dalam bidang sosial, memang tidak bisa dipungkiri ketika suatu proses berlangsung, dampaknya bisa positif atau negatif atau bahkan dua-duanya.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan beragam budaya yang unik dan menarik, oleh karena itu walaupun adanya budaya baru yang dianggap lebih modern dan praktis, ada baiknya tetap menjaga budaya asli Indonesia agar tidak punah.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 08th, November 2018 / 04:04 Oleh :
Kategori : Sosiologi