Sponsors Link

6 Objek Sosiologi Komunikasi Berdasarkan Sudut Pandang Keilmuan

Sponsors Link

Lingkungan masyarakat merupakan contoh lingkungan sosial yang mengalami pergerakan dari masa ke masa. Pergerakan atau dinamika sosial tersebut terjadi seiring adanya perubahan dalam hubungan sosial, munculnya bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, dan bertambahnya kebutuhan masyarakat. Agar kebutuhan-kebutuhan tersebut terpenuhi, munculah upaya manusia memenuhi kebutuhan yang mana melibatkan aktivitas komunikasi di dalamnya.

ads

Komunikasi merupakan proses pertukaran pesan antara pengirim dan penerima pesan melalui media komunikasi dengan tujuan mencapai kesamaan pengertian. Komunikasi dengan ini menjadi bagian yang tak terhindarkan dari proses terjadinya interaksi sosial, sehingga memungkinkan dikaji dalam sosiologi. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang dinamis kemudian menempatkan kajian komunikasi masyarakat dalam cabang ilmu sosiologi yang disebut sosiologi komunikasi.

Pengertian Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komunikasi ialah cabang ilmu sosiologi yang mempelajari tentang interaksi sosial dengan segala aspek yang berhubungan dengan interaksi tersebut. Sosiologi komunikasi lebih kompleksnya memadukan pendekatan ilmu murni sosiologi dan ilmu terapan komunikasi guna mempelajari aktivitas komunikasi masyarakat hingga perubahan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era globalisasi yang timbul akibat aktivitas tersebut.

Objek Sosiologi Komunikasi

Berbeda dengan objek kajian sosiologi yang tak lain adalah masyarakat secara umum, sosiologi komunikasi memiliki dua objek kajian utama yang dibedakan menjadi objek formal dan objek material. Berikut penjelasan lengkap mengenai objek sosiologi komunikasi.

  • Objek Formal

Objek formal cenderung berkaitan dengan perspektif suatu ilmu pengetahuan yang membedakannya dengan ilmu pengetahuan lain. Adapun objek formal dalam sosiologi komunikasi adalah manusia. Manusia dipandang sebagai mahluk sosial yang melakukan aktivitas komunikasi dan melibatkan diri dalam proses sosial lainnya bersama individu dan macam-macam kelompok sosial yang ada di masyarakat.

  • Objek Material

Objek material berkaitan dengan unsur-unsur fisik dan unsur-unsur budaya yang menjadi bahasan utama suatu ilmu pengetahuan. Sosiologi komunikasi memiliki enam objek material yang meliputi :

1. Telematika dan realitasnya 

Telematika atau sering disebut ICT (Information and Communication Technology) merupakan proses pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Telematika memfasilitasi manusia untuk terhubung satu sama lain melalui sistem digital yang mampu menekan keterbatasan ruang dan waktu, serta meminimalisir penggunaan biaya.

Manusia dapat saling berkomunikasi bahkan mentransmisikan budaya secara mudah dan cepat dengan adanya perangkat seperti handphone, komputer, dan internet. Imbas penggunaan telematika ini menghasilkan realitas sosial berupa interaksi sosial secara virtual, pembentukan komunitas virtual, dan perubahan sosial budaya baik di dunia maya maupun dunia nyata yang menjadi bagian objek sosiologi komunikasi.

2. Efek media dan norma sosial baru

Sponsors Link

Penggunaan media komunikasi baik media konvensional maupun digital cukup berdampak bagi kehidupan manusia. Manusia dapat mengalami perubahan pola pikir dan pola perilaku berdasarkan informasi yang ia peroleh dari media. Perubahan pola hidup tersebut akhirnya akan memengaruhi keberadaan jenis-jenis norma sosial yang ada dan memunculkan norma sosial baru sesuai pola hidup baru.

3. Perubahan sosial dan komunikasi

Sosiologi komunikasi tentu saja mengkaji perubahan sosial dan komunikasi yang terjadi di masyarakat, misalnya perubahan sosial yang terjadi akibat penggunaan media sosial. Masyarakat yang tadinya akrab melalui percakapan langsung mulai acuh tak acuh karena lebih sibuk berinteraksi dengan orang lain via media sosial di gadget.

4. Masalah sosial dan media massa

Masalah sosial juga mendapat perhatian khusus dalam sosiologi komunikasi. Contoh masalah sosial yang muncul akibat penyebaran informasi di media massa adalah kemiskinan di perkotaan. Masyarakat menyerap informasi bahwa kota lebih menjanjikan kehidupan yang layak dibandingkan desa, sehingga masyarakat desa berbondong-bondong pindah kota. Dampak urbanisasi tersebut berakibat masalah sosial berupa kemiskinan jika masyarakat desa yang berpindah tidak dibekali pengetahuan, keterampilan, dan keuletan yang cukup saat mencari pekerjaan di kota.

Sponsors Link

5. Cybercommunity

Cybercommunity merupakan contoh realitas sosial yang bersifat virtual. Komunitas ini terbentuk dari hasil interaksi sosial via dunia maya yang mengutamakan teknologi komunikasi sebagai media bertukar informasi untuk berbagai kebutuhan. Cybercommunity dalam lingkup lebih besar mampu membentuk kelompok yang memiliki kesamaan perilaku antar anggota sebagai salah satu unsur-unsur komunitas, hingga memiliki tujuan dan struktur yang jelas.

 6. Hukum bisnis media

Media sebagai wadah pertukaran informasi tidak dapat dibiarkan berkembang secara bebas, tetapi perlu adanya batasan dan pengawasan dalam setiap penggunannya. Hal ini ditujukan agar informasi yang disampaikan layak dikonsumsi masyarakat dan tidak melanggar norma-norma sosial.

Oleh karena itu sosiologi komunikasi mengkaji hukum bisnis media sebagai objek materialnya melalui berbagai jenis produk hukum media seperti undang-undang IT. Demikian penjelasan mengenai enam objek kajian sosiologi komunikasi. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 24th, August 2018 / 04:15 Oleh :
Kategori : Sosiologi