Sponsors Link

Pengertian dan 7 Objek Sosiologi Hukum Lengkap Disini!

Sponsors Link

Berbicara mengenai ilmu sosiologi tampaknya tidak melulu tentang persoalan sosial di masyarakat saja dan simak juga contoh kasus sosiologi hukum dalam masyarakat, ada berbagai cabang dari ilmu sosiologi. Salah satu cabang ilmu sosiologi yang bisa anda pelajari saat ini yaitu ilmu sosiologi hukum. Sangat penting bagi anda untuk mempelajari ilmu sosiologi hukum jika anda tertarik untuk mempelajari tentang disiplin ilmu sosial. Secara etimologi berbeda dengan hubungan sosiologi hukum dengan ilmu hukum, sosiologi hukum berasal dari kata “Sosiologi” dengan arti ilmu pengetahuan masyarakat dan kata “Hukum” dengan arti aturan dan nilai terhadap gejala sosial dalam masyarakat. Sehingga sosiologi hukum secara etimologi memiliki arti sebagai ilmu pengetahuan masyarakat didasarkan pada nilai maupun aturan terhadap gejala sosial masyarakat.

ads

Pengertian Sosiologi Hukum

Selain mengetahui pengertian sosiologi hukum secara etimologi, sebagai dasar teori adapun pengertian sosiologi hukum menurut para ahli. Sangat penting bagi anda mengetahui pengertian sosiologi hukum menurut para ahli sebagai dasar untuk lebih mengenal seluk beluk dari sosiologi hukum. Dan berikut merupakan pengertian sosiologi hukum menurut para ahli dengan sedikit ulasannya.

  • Soerjono Soekanto

Menurut ahli sosiologi Soerjono mengemukakan bahwa sosiologi hukum merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana ilmu ini menitikberatkan pada kaidah serta asas dalam kehidupan manusia. Adapun tujuan dari sosiologi hukum menurut soerjono yaitu ilmu sosiologi hukum mampu membawa ketentraman dan ketertiban bersama antar masyarakat.

  • Satjipto Rahardjo

Adapun pengertian sosiologi hukum menurut Satjipto yaitu sebagai salah satu ilmu pengetahuan mengenai hukum dan dikaji dalam sebuah persoalan perilaku sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Soetandyo Wignjosoebroto

Soetandyo, seorang ahli sosiologi yang mengemukakan bahwa sosiologi hukum merupakan sebuah pandangan mengenai cabang dari kajian ilmu sosiologi dimana ilmu ini menitikberatkan pada persoalan hukum sebagai sebuah upaya untuk menciptakan ketentraman dalam masyarakat.

  • Brede Meyer

Pengertian sosiologi hukum menurut Brede yaitu sebagai salah satu ilmu pengetahuan dengan hukum sebagai pusat penelitian sosial. Dalam hal ini upaya penelitian tersebut dapat menghasilkan sebuah pandangan masyarakat terhadap peraturan yang terjadi serta dampak yang ditimbulkan. Brede juga mengemukakan bahwa dalam sebuah penelitian mengenai sosiologi hukum dilakukan lebih fokus terhadap gejala sosial sebagai sebuah tindakan dalam kepastian hukum.

  • Otje Salman

Otje juga memiliki teori mengenai pengertian sosiologi hukum sendiri yaitu sebagai sebuah hubungan sosial yang diperjelas dengan adanya timbal balik antara hukum dengan gejala sosial melalui sebuah kajian bersifat analisis dan empiris.

Itulah beberapa pengertian sosiologi hukum menurut para ahli simak juga hubungan Antropologi Hukum dengan Sosiologi Hukum, dari semua pengertian di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan. Sosiologi hukum merupakan sebuah cabang ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang empiris dan analitis. Dalam hal ini seseorang yang mempelajari ilmu sosiologi hukum akan lebih mendalami hubungan dari setiap gejala sosial dalam masyarakat baik dilihat dari pranata sosial, perubahan sosial, hingga lembaga hukum terkait.

Objek Sosiologi Hukum

Setelah anda mengetahui dasar tentang sosiologi hukum berdasarkan pengertian dari para ahli dan secara umum berbeda dengan contoh kreolisasi dalam sosiologi, untuk mempelajari lebih dalam mengenai sosiologi hukum maka anda juga perlu mempelajari tentang objek sosiologi hukum. Ada 7 objek penting dalam sosiologi hukum yang perlu anda ketahui beserta sedikit ulasannya seperti berikut.

  1. Hukum Dengan Kelompok Sosial

Objek sosiologi hukum yang pertama yaitu hukum dengan kelompok sosial, dalam hal ini memiliki pengertian yaitu dalam sebuah pandangan sosiologi hukum ialah melihat hukum sebagai salah satu upaya untuk memahami kelompok- kelompok sosial dalam masyarakat. Perlu anda ketahui pula bahwa kelompok sosial dalam masyarakat sangatlah memiliki sebuah peranan penting dalam aspek hukum. Tentunya ini karena dilihat dari latar belakang kelompok- kelompok sosial di masyarakat memiliki sebuah kesatuan dalam menciptakan sebuah hukum, nilai sosial, norma, maupun peraturannya sendiri. Dan perlu anda ketahui juga, sangat erat hubungan antara hukum dan kelompok sosial di masyarakat dimana sebuah kelompok sosial tidak akan bisa dipisahkan dari sebuah hukum dan sebuah hukum akan tercipta jika ada sebuah kelompok sosial di masyarakat.

Sponsors Link

  1. Hukum Dengan Kebudayaan

Objek sosiologi hukum berikutnya yaitu hubungan antara hukum dengan kebudayaan simak juga contoh objek formal dan material sosiologi, berbeda dengan objek sosiologi hukum sebelumnya objek hukum ini lebih fokus pada proses. Dalam hal ini sosiologi hukum terkait dengan kebudayaan terfokus pada hukum sebagai sebuah proses dalam budaya yang mengakar dalam kehidupan manusia. Dan perlu anda ketahui bahwa hukum dan sosiologi tidak dapat dipisahkan dari sebuah pandangan budaya secara lisan maupun tulisan. Lalu berbeda dengan kegunaan perspektif sosiologi, sebagai sebuah proses dan pandangan seperti yang kita ketahui dalam budaya masyarakat memiliki nilai kebudayaan mengandung adat istiadat seperti sebuah tata karma dimana ada hal yang dapat disalahkan dan dibenarkan menurut aturan dan hukum yang berlaku dalam kebudayaan. Tentunya dalam setiap budaya memiliki hukum berbeda- beda.

  1. Hukum Dengan Interaksi Sosial

Adapun objek sosiologi hukum selanjutnya yaitu hukum dengan interaksi sosial, dan seperti yang anda ketahui bahwa sangat erat hubungannya antara hukum dan interaksi sosial di masyarakat. Dalam hal ini pula objek sosiologi hukum merupakan sebuah pandangan yang dapat memberikan arti bahwa sebuah tindakan yang dilakukan oleh masyarakat dalam sebuah interaksi di lingkungannya harus memiliki sebuah keteraturan.

Adapun tujuan mengapa harus ada sebuah keteraturan yaitu untuk menghindari terjadinya penyimpangan- penyimpangan dalam melakukan interaksi sosial di dalamnya. Dengan begini pula maka sebuah tujuan dari adanya ilmu sosiologi hukum mengenai kedamaian dan ketentraman dalam berinteraksi dapat tercapai.

  1. Hukum Dengan Stratifikasi Sosial

Untuk objek sosiologi hukum keempat yaitu mengenai hubungan antara hukum dengan stratifikasi sosial. Hubungan mengenai sosiologi dengan hukum adalah mengenai stratifikasi sosial dimana stratifikasi sosial yang dimaksud terbentuk dengan sengaja maupun tidak sengaja. Dan perlu anda ketahui stratifikasi sosial sendiri adalah pengelompokan anggota masyarakat ke dalam lapisan- lapisan sosial secara bertingkat. Perlu anda ketahui dalam mengatur stratifikasi sosial ini pasti ada sebuah persoalan yang berkaitan dan harus ditangani oleh hukum. Adapun contoh realisasi dari hukum dengan stratifikasi sosial yaitu dengan terciptanya Undang Undang yang berlaku bagi setiap masyarakat tanpa terkecuali.

ads
  1. Hukum Dengan Kekuasaan dan Kewenangan

Hukum dengan kekuasaan dan kewenangan merupakan salah satu objek sosiologi hukum dimana kekuasaan dan hukum sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Dalam hal ini kekuasaan sendiri sangat erat hubungannya dengan hukum sedangkan kewenangan sangat erat dengan sosiologi. Dapat disimpulkan juga kewenangan dapat menciptakan sebuah kondisi yang mendukung untuk mengakomodir kekuasaan di dalam lingkup masyarakat. Dan seperti yang kita ketahui bahwa kekuasaan dan kewenangan merupakan komponen penting untuk menciptakan sebuah aturan termasuk hukum dimana orang dengan kekuasaan dan memiliki kewenangan dapat memutuskan sebuah hukum yang terjadi berdasarkan pada peraturan yang telah disepakati masyarakat.

  1. Hukum Dengan Perubahan Sosial

Hukum merupakan sebuah komponen penting yang memiliki peranan sangat penting bagi perubahan sosial di masyarakat. Bisa dibilang jika hukum sendiri merupakan sebuah proses perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga proses terjadinya sebuah perubahan sosial tidak akan berhasil bila tidak disertai oleh hukum yang mengatur. Dengan adanya hukum yang mengatur akan tampak perubahan sosial dari segi negatif menjadi lebih baik lagi. Hal ini karena tujuan dari hukum itu sendiri merupakan sebuah perwujudan dari usaha untuk mengatur masyarakat agar lebih damai, aman, dan tentram.

  1. Hukum Dengan Masalah Sosial

Objek sosiologi hukum terakhir yaitu hukum dengan masalah sosial, disini memiliki artian yaitu hukum sebagai salah satu bentuk dari upaya mengatasi berbagai masalah sosial di masyarakat secara luas. Oleh karenanya hukum tidak memandang bulu, siapapun akan terikat dengan hukum.

Adapun permasalahan- permasalahan sosial yang sering kita jumpai dan pasti dapat diatasi dengan hukum yaitu tindakan kriminal, pemakaian narkoba, tawuran antar pelajar, dan masih banyak lagi. Persoalan- persoalan tersebut ditangani dalam kajian hukum, dan seperti yang kita ketahui pula bahwa ada sanksi tegas terhadap pelaku kriminalitas dan ini adalah cara hukum untuk mengatasi permasalahan tersebut. Itulah objek- objek sosiologi hukum secara keseluruhan yang dapat kami sampaikan beserta sedikit ulasannya.

Sebagai pengetahuan, adapun fungsi utama dari sosiologi hukum yaitu sebagai sebuah kaidah yang mengatur kehidupan masyarakat sesuai dengan hati nurani mereka sendiri dan alasan ini dapat dilihat dari segi hukum sebagai sebuah proses kemasyarakatan. Dan hukum sendiri sebagai perwujudan sanksi diberikan dalam hubungan masyarakat yang dianggap menyimpang dari proses keteraturan sosial sehingga hukum sendiri memiliki tujuan untuk mengatur masyarakat agar tertib dalam bermasyarakat. Lalu perlu anda ketahui pula bahwa bahwa sosiologi hukum dikaji dalam ilmu sosial untuk menciptakan sebuah keselarasan dan keseimbangan hidup secara sosial. Kajian ini dilakukan dalam upaya untuk membentuk masyarakat yang kondusif.

Lalu sosiologi hukum memiliki ciri khas yaitu memiliki sifat universal dalam pelaksanaan hukum yang ada di tengah kehidupan masyarakat. Selain itu, ciri dari sosiologi hukum lainnya yaitu adanya peraturan tegas dalam upaya untuk meminimalisir penyimpangan sosial yang ada di tengah- tengah kehidupan masyarakat. Itulah berbagai hal penting mengenai sosiologi hukum dan simak juga manfaat mempelajari sosiologi komunikasi, khususnya mengenai objek sosiologi hukum yang dapat kamis sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 13th, July 2019 / 03:55 Oleh :
Kategori : Sosiologi