Sponsors Link

4 Manfaat Tindakan Sosial Dilihat dari Jenisnya yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tindakan sosial adalah contoh proses sosialisasi  oleh individu yang dilakukan sesuai dengan lingkungannya khususnya tindakan kepada orang lain. Tindakan ini akan memberikan pengaruh pada perubahan yang terjadi dalam masyarakat baik itu perubahan yang menimbulkan dampak positif ataupun perubahan yang mengarah ke dampak negatif dan mengakibatkan bentuk-bentuk konflik sosial seperti gejala sosial kenakalan remaja dan lainnya. Segala bentuk sosial yang terjadi pastinya memiliki manfaat tersendiri. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

ads

Manfaat Tindakan Sosial

Pada hakekatnya, manfaat tindakan sosial adalah tergantung dari masing-masing tindakan. Sebab setiap jenis tindakan memiliki manfaatnya sendiri. Seperti kita ketahui, Max Weber membagi tindakan sosial ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah rasionalitas instrumen, rasionalitas berorientasi nilai, tindakan tradisional dan tindakan afektif. Adapun manfaat dari beberapa tindakan sosial berikut adalah sebagai berikut:

  1. Tindakan Rasionalitas Instrumen

Tindakan rasionalitas instrumen adalah tindakan berdasarkan akal atau rasio dimana tujuan dan cara pengerjaan adalah hal-hal yang dipertimbangkan. Manfaat melakukan tindakan ini adalah mencapai tujuan-tujuan yang telah direncanakan dan kemudian diusahakan sendiri oleh orang-orang yang bersangkutan. Contoh tindakan sebagai makhluk sosial dalam rasionalitas instrumen adalah :

  • Ayah yang membatalkan membeli motor baru karena harus membeli seragam sekolah untuk anak-anaknya
  • Tini yang masuk di jurusan IPA karena ingin melanjutkan ke jurusan kedokteran
  1. Tindakan Berorientasi Nilai

Tindakan berorientasi nilai adalah tindakan atas dasar-dasar yang terkandung di dalam suatu kelompok masyarakat seperti nilai-nilai, estetika agama serta nilai-nilai lainnya. Manfaat tindakan ini adalah mancapai tujuan-tujuan yang berkaitan dengan nilai personal dan tahap-tahap sosialisasi tanpa memperhatikan akibat-akibat dari berhasil atau tidaknya tindakan tersebut. Cara melaksanakan ibadah adalah sesuatu yang harus diperhatikan dan masalah diterima atau tidaknya ibadah kita tergantung kepada Allah. Contohnya adalah :

  • Seorang anak yang berhenti bermain bola untuk menunaikan ibadah
  • Ibu Endah yang datang terlambat mengikuti kerja bakti karena harus ke gereja terlebih dahulu
  1. Tindakan Afektif

Tindakan afektif adalah tindakan yang terjadi akibat dari dorongan dan emosi seseorang itu sendiri. Tindakan ini terjadi tanpa direncanakan secara sadar. Sehingga tindakannya cenderung spontan, tidak rasional dan merupakan ekspresi emosional dari individu namun sesuai dengan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi yang berlaku. Manfaat dari tindakan afektif adalah sebagai upaya perwujudan atau sarana pengungkapan ekspresi yang diasakan oleh seseorang sehingga dengan menyampaikan perasaan tersebut, ia dapat merasa lega. Contoh dari tindakan afektif adalah :

  • Rina yang menangis karena jatuh dari sepeda
  • Dina yang bahagia karena mendapatkan hadiah sepeda dari ayahnya
  1. Tindakan tradisional

Tindakan tradisional adalah tindakan yang dilakukan karena kebiasaan masyarakat yang telah mendarah daging. Tindakan ini merupakan akibat dari perilaku-perilaku yang sudah mengakar secara turun temurun biasanya berasal dari nenek moyang. Manfaat melakukan tindakan tradisional adalah melestarikan kebiasaan-kebiasaan terdahulu agar meredam penyebab terjadinya konflik serta menjaga warisan dengan baik dan tidak punah. Contonya tindakan tradisional adalah :

  • Kebiasaan mencium tangan dan mengucapkan salam kepada kedua orang tua saat anak hendak pergi keluar rumah
  • Upacara Seba yakni upacara suku Badui yang dillakukan ketika terdapat pesta atau hajatan

Demikian manfaat masing-masing tindakan sosial, semoga bemanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 02:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi