Sponsors Link

13 Manfaat dan Tujuan Sosiologi Kesehatan Dalam Cabang Formal Ilmu Sosiologi

Sponsors Link

Sosiologi kesehatan merupakan salah satu dari cabang ilmu sosiologi yang baru. Ilmu sosiologi memang telah mengalami berbagai perkembangan dari jaman ke jaman, mulai dari tokoh sosiologi sampai di jaman modern ini. Sosiologi kesehatan merupakan cabang ilmu sosiologi yang mempelajari hubungan antara kehidupan masyarakat dengan kesehatan. Hal ini dapat mencakup perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan, nilai-nilai dan sikap petugas kesehatan, atau interaksi sosial antara masyarakat dengan petugas kesehatan.

ads

Awal munculnya sosiologi kesehatan ditandai saat Rudolf Virxhow mengidentifikasi faktor sosial dan ekonomi yang berkaitan dengan penyebab penyebaran penyakit tifus di abad ke-18. Kemudian pada awal abad ke-19 Alfred Grotjan mendokumentasikan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit. Setelah itu, mulai banyak sosiolog yang menekuni sosiologi kesehatan. Kemudian akhirnya pada pertengahan abad ke-19 sosiologi kesehatan dianggap sebagai cabang formal ilmu sosiologi.

Manfaat dan Tujuan Sosiologi Kesehatan

Faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan ilmu sosiologi kesehatan yaitu munculnya penyakit-penyakit parah, sehingga mulai dicari upaya pencegahannya. Selain itu, hubungan antara dokter dan pasien juga mulai diperhatikan keefektifannya. Dalam sekolah kedokteran mulai banyak memasukkan pelajaran terkait dengan sosiologi.

Pemerintah pun banyak membuat kebijakan yang lebih memperhatikan kesehatan. Pada tahun 1959, sosiologi kesehatan mulai diakui sebagai salah satu seksi American Sociological Association (ASA). Ada berbagai manfaat yang didapatkan saat mempelajari sosiologi kesehatan. Berikut uraian mengenai manfaat sosiologi kesehatan:

1. Mempelajari faktor-faktor sosial yang berhubungan dengan terjadinya gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan bisa jadi dapat disebabkan atau memiliki hubungan dengan faktor-faktor sosial tertentu. Peran sosiologi dalam hal ini yaitu berhubungan langsung dengan pasien atau perawatan pasien untuk menemukan akar ciri masalah sosial dan faktor penyebab terjadinya masalah sosial yang terlibat. Seorang sosiolog dapat langsung bekerjasama dengan staf kesehatan supaya penelitian ini dapat dilakukan.

2. Mempelajari perilaku masyarakat yang terkena gangguan kesehatan

Perilaku masyarakat yang terkena gangguan kesehatan dapat diteliti. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai faktor pertimbangan dalam menyediakan pelayanan untuk pasien. Selain itu, informasi tersebut juga dapat berguna untuk menentukan apakah masyarakat sudah cukup terdidik mengenai pertolongan terhadap penderita gangguan. Apabila kesadaran serta pengetahuan masyarakat masih belum cukup, dapat dilakukan tindakan seperti pemberian sosialisasi atau pencerdasan dalam bentuk lainnya. Fenomena sosial memang berpengaruh terhadap cara seseorang menangani gangguan kesehatan dan tingkah laku lainnya.

3. Mengkaji perilaku manusia yang terlibat dalam pelayanan kesehatan

Kajian mengenai contoh perubahan perilaku manusia yang terlibat dalam pelayanan kesehatan ini berhubungan dengan nilai-nilai serta kepercayaan masyarakat terhadap praktek kedokteran dan layanan kesehatan lainnya. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah bentuk pelayanan kesehatan dan sikap sumberdaya manusia dalam praktek pelayanan kesehatan. Dari hasil kajian ini apabila diperlukan dapat diberi pelatihan bagi para petugas kesehatan untuk mengingkatkan kepercayaan masyarakat.

4. Mempelajari ideologi yang berhubungan dengan kesehatan

Sponsors Link

Mempelajari ideologi atau nilai-nilai yang berhubungan dengan kesehatan merupakan hal yang diperlukan untuk mengetahui kesiapan masyarakat dalam menerima perubahan dalam metode pengobatan atau syarat modernisasi. Contohnya apabila ada obat atau alat kesehatan baru yang dikembangkan di negara lain akan diteliti apakah akan cocok dengan nilai-nilai masyarakat, serta perlu dicari cara agar obar atau alat baru tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Akan diteliti pula bagaimana reaksi serta pola interaksi masyarakat akan ideologi-ideologi tersebut.

5. Menganalisa lingkungan kedokteran melalui perspektif sosial

Analisa ini lebih terfokus pada analisa sikap dari petugas kesehatan. Contohnya adalah menganalisa pengaruh pola pendidikan bagi mahasiswa kedokteran terhadap sikap selama praktek, ataupun analisa mengenai perilaku dan gaya hidup dokter serta petugas kesehatan lainnya.

6. Menganalisa hubungan antara dokter dengan pasien

Hubungan antara dokter dengan pasien dibutuhkan untuk mengetahui fasilitas pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, perlu juga diketahui apabila seorang dokter dapat dimengerti dan memiliki hubungan yang baik dengan para pasiennya. Hal ini penting supaya tingkat pelayanan kesehatan masyarakat memiliki nilai yang baik, serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat.

7. Memecahkan permasalahan sosial berkaitan dengan kesehatan

Sponsors Link

Berbagai ciri masalah sosial dapat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat. Contohnya adalah apabila di suatu daerah banyak orang yang tidak mau mengunjungi dokter saat sakit, ilmu sosiologi dapat berperan untuk mencari permasalahan sosial yang mungkin ada.

Berikut adalah beberapa tujuan dari sosiologi kesehatan:

  1. Meningkatkan kemampuan petugas kesehatan dalam pengatasi persoalan pasien di masyarakat yang terkait dengan kesehatan.
  2. Meningkatkan kemampuan petugas kesehatan dalam menangani kebutuhan sosial serta emosional pasien, sehingga petugas kesehatan menjadi tenaga ahli yang tidak hanya mengusahakan kesembuhan pasien dengan menangani gangguan penyakit yang terlihat.
  3. Mempelajari cara manusia dalam mencari pertolongan saat terkena gangguan kesehatan.
  4. Menganalisis faktor-faktor sosial yang mungkin dapat berpengaruh terhadap gangguan kesehatan yang timbul.
  5. Membantu tenaga medis agar dapat meyakinkan pasien yang terkena penyakit dan cacat fisik agar memiliki semangat lebih untuk sembuh atau menjalani hidup.
  6. Menganalisa hubungan antara dokter atau petugas kesehatan lainnya dengan pasien.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan tujuan sosiologi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 08:08 Oleh :
Kategori : Sosiologi