Sponsors Link

7 Manfaat Sosial Budaya Sebagai Pedoman Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Bhineka tunggal ika, itu salah satu kata yang menjadi pedoman untuk pemersatu bangsa Indonesia. Karena bangsa Indonesia terdiri dari berbagai ras dan budaya serta adat istiadat sehingga ada perbedaan yang sangat jelas terlihat dalam kehidupan bermasyarakat. Di dalam kehidupan yang hidup bersama dalam satu masyarakat yang terdiri dari berbagai suku budaya maka sikap toleran sangatlah penting untuk Anda miliki.

ads

Karena jika tidak ada sikap toleransi di dalam masyarakat maka akan mudah sekali terjadi konflik yang di akibatkan perbedaan budaya ini. Contohnya ada salah satu masyarakat yang berasal dari Papua, dimana disana minuman keras di perbolehkan namun di sini di larang. Jika masyarakat dari Papua tadi tidak memiliki sikap toleran maka akan terjadi konflik di dalam masyarakat.

Manfaat Sosial Budaya Dalam Masyarakat

Meskipun sering menyebabkan konflik karena perbedaan budaya dan latar belakang, namun nyatanya masih ada banyak manfaat sosial budaya yang bisa Anda temukan dengan mudah di masyarakat. Bahkan manfaat sosial budaya ini bisa mencakup segala aspek kehidupan dalam masyarakat. Adapun manfaat sosial budaya di dalam kehidupan bermasyarakat adalah:

1. Menjadi identitas dari Negara Indonesia

Keadaan budaya yang berbeda dari setiap masyarakat yang ada di Indonesia bisa menjadi identitas tersendiri untuk bangsa Indonesia. Karena tentu saja jarang ada sebuah negara yang memiliki masyarakat dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda namun bisa hidup menjadi satu dan saling menghargai antar setiap masyarakat.

Sehingga ketika nama Indonesia di sebutkan di negara lain maka yang mendengar langsung bisa menandai bahwa Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki masyarakat dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda. Tetapi tetap saling gotong royong antara satu dengan yang lainnya. Beberapa manfaat mempelajari kebudayaan suku suku bangsa Indonesia yang bisa Anda dapatkan.

2. Munculnya peraturan di masyarakat secara otomatis

Biasanya masyarakat yang terdiri dari beberapa kelompok orang dengan latar kebudayaan yang berbeda maka akan saling memiliki rasa menghargai yang lebih tinggi di bandingkan dengan masyarakat yang hanya terdiri dari satu latar budaya, agama, ras, maupun suku bangsa. Inilah perbedaan internalisasi dan asimilasi yang sangat mudah sekali untuk di pahami.

Karena rasa menghargai orang lain tinggi ini lah kemudian akan muncul peraturan baru secara otomatis dan peraturan ini tidak di rundingkan terlebih dahulu. Karena memang kemunculan peraturan yang baru tersebut bertujuan untuk menjaga perdamaian antar masyarakat. Misalkan ada kelompok masyarakat yang beraga Islam ada juga kelompok masyarakat yang beragama Kristen. Ketika salah satu dari kelompok masyarakat melaksanakan kewajibannya dengan Tuhan maka kelompok lain tidak akan mengganggu karena sudah ada peraturan tadi.

3. Persatuan Indonesia semakin meningkat

Sebuah bangsa tidak akan bisa berdiri dengan tegak jika warga atau masyarakat yang hidup di dalam bangsa tersebut tidak bisa menghargai antar sesama makhluk hidup. Indonesia sendiri mendapatkan kemerdekaannya melalui perjuangan secara bersama-sama dan gotong royong untuk bisa merdeka. Bahkan dulu ketika bangsa Indonesia belum tahu apa itu gotong royong maka setiap perlawanan bisa di padamkan dengan mudah.

Namun ketika semua masyarakat Indonesia sudah bersatu dan saling bahu membahu untuk melawan penjajah maka akan lebih mudah untuk memenangkannya. Itulah salah satu manfaat sosial budaya yang bisa Anda dapatkan saat ini. Dimana persatuan Indonesia bisa semakin erat karena ada rasa persamaan antar masyarakat meskipun dari latar budaya yang berbeda. Pelajari faktor akulturasi budaya ini.

4. Destinasi wisata semakin menarik

Sponsors Link

Manfaat sosial budaya yang berbeda selanjutnya adalah bisa menambah kekayaan destinasi wisata di Indonesia. Apalagi jika masyarakat memiliki latar budaya yang berbeda tentu saja wisatawan manca negara bisa lebih tertarik untuk mempelajari apa saja yang ada di kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan begitu maka ekonomi di Indonesia bisa di bantu dengan adanya turis yang datang ke Indonesia, dan bisa juga menjadi lahan untuk membuka lowongan kerja baru. Beberapa dampak positif dan negatif dari asimilasi yang harus Anda ketahui.

5. Bisa mempelajari hal baru

Perbedaan sosial budaya tidak selalu berdampak buruk untuk suatu bangsa. Karena ada juga sisi positif yang bisa di ambil dari adanya perbedaan latar belakang sosial dan budaya ini. Dan salah satu manfaat sosial budaya yang ada di masyarakat adalah Anda bisa mempelajari beberapa budaya baru dari kelompok masyarakat lain. Inilah contoh pembangunan sosial budaya secara lengkap.

6. Bekerja sama dalam memenuhi tujuan hidup

Kehidupan di masyarakat pasti tidak jauh dari bekerja sama dengan sesama masyarakat lainnya. Ini karena selain manusia tidak bisa hidup sendiri namun juga di sebabkan ada tujuan hidup yang sama antar sesama masyarakat. Sehingga mereka akan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan hidup tadi. Beberapa bentuk bentuk akulturasi di masyarakat yang jarang di ketahui.

7. Menambah rasa cinta pada negara

Manfaat terbaik dari sosial budaya adalah meningkatnya rasa cinta pada negara karena berbaur dengan masyarakat yang lain. Ketahui perbedaan akulturasi dengan dekulturasi ini.

Nah itu tadi beberapa manfaat sosial budaya yang sering di temui di masyarakat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 02:18 Oleh :
Kategori : Antropologi