Sponsors Link

7 Manfaat Perubahan Sosial Untuk Lingkungan Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih begitupun seiring dengan perkembangan waktu kehidupan manusia juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Jika kehidupan Anda tidak mengikuti perkembangan zaman maka Anda bisa tertinggal dari yang lain akibatnya kehidupan Anda bisa kesulitan di waktu mendatang sebab Anda masih menggunakan cara hidup masa dulu.

ads

Apalagi saat ini sudah mulai bursa pasar bebas di Indonesia yang menuntut setiap masyarakat Indonesia untuk mengikuti perkembangan zaman dengan pemikiran yang terbuka. Karena pasar bebas merupakan bursa kerja atau transfer pekerjaan dalam rangka kerja sama antar bangsa yang ada di seluruh dunia. Sehingga bagi Anda yang tidak mengikuti perkembangan zaman maka kemungkinan Anda mendapat pekerjaan bisa lebih kecil.

Manfaat Perubahan Sosial Bagi Kehidupan

Karena perkembangan zaman ini lah lalu munculah perubahan sosial di dalam masyarakat. Sebab mau tidak mau akan banyak budaya baru yang masuk ke suatu daerah yang di karenakan adanya pasar bebas ini. Perubahan sosial tidak selalu berkaitan tentang hal negatif saja namun juga memiliki sisi positifnya. Adapun manfaat perubahan sosial yang bisa Anda dapatkan adalah:

1. Perkembangan lembaga sosial di masyarakat

Salah satu perubahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat yang di sebabkan oleh semakin majunya perkembangan zaman adalah kebutuhan manusia yang semakin meningkat juga. Jika dahulu seseorang hanya memerlukan baju sewajarnya saja dengan model sederhana karena memang yang di cari adalah fungsinya untuk melindungi badan. Inilah perbedaan kreatif dengan inovatif di dalam kehidupan.

Namun saat ini setiap orang yang akan membeli sebuah baju pasti akan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu sebelum membelinya. Seperti kualitas baju tersebut, apakah terbuat dari bahan yang bagus, apakah model dari baju tersebut merupakan model terbaru, dan masih banyak lagi. Dengan adanya perkembangan lembaga sosial di masyarakat atau yang sering di sebut diferesiansi struktural maka Anda tidak perlu kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin beragam.

2. Penyetaraan gender atau jenis kelamin

Dahulu pada masa penjajahan ada perbedaan gender yang sangat jelas di Indonesia. Dimana yang mendapatkan hak-hak istimewa hanyalah lelaki. Bahkan hanya pria saja yang di perbolehkan untuk memiliki pekerjaan yang derajatnya tinggi seperti pemimpin di pemerintahan maupun seorang guru di sekolah yang dulu paling banyak di dirikan oleh orang Belanda.

Namun saat ini karena Indonesia sudah merdeka maka di buat pula peraturan yang berisikan bahwa perempuan juga bisa bekerja dengan posisi yang sama yang biasanya di duduki oleh laki-laki. Peraturan ini sudah ada bukti nyatanya yaitu sudah banyak sekali Indonesia memiliki pemimpin perempuan baik itu pemimpin daerah hingga presiden. Lakukan upaya pelestarian bahasa daerah karena fungsi bahasa daerah masih sangat penting bagi generasi penerus bangsa.

3. Memudahkan pekerjaan manusia

Manfaat perubahan sosial selanjutnya adalah bisa memudahkan pekerjaan manusia. Bahkan pekerjaan manusia sebanyak dan sesulit apapun bisa di kerjakan seseorang dengan sangat mudah dengan bantuan teknologi masa kini. Contohnya jika dulu untuk mengetik satu jilid dokumen maka membutuhkan waktu berhari-hari. Perbedaan chauvinisme dan etnosentrisme yang harus Anda ketahui.

Sponsors Link

Namun saat ini sudah ada banyak sekali komputer canggih yang bisa membuat pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat. Bahkan tidak hanya pekerjaan administrasi saja yang semakin mudah namun pekerjaan lain juga lebih mudah baik itu dalam bidang pertanian, industri, perairan dan masih banyak lagi yang mendapatkan manfaat perubahan sosial karena majunya teknologi.

4. Banyak peraturan baru yang bermunculan

Perubahan sosial di masyarakat juga memicu terjadinya atau terbentuknya beberapa peraturan baru dari pemerintah. Biasanya peraturan ini di sesuaikan dengan pola hidup masyarakat saat ini. Sehingga bisa di bilang peraturan baru yang di buat oleh pemerintah akan lebih memudahkan hidup masyarakat di daerah tersebut. Sedangkan inilah perbedaan chauvinisme dan nasionalisme.

5. Meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Sponsors Link

Perkembangan zaman tidak hanya membuat teknologi meningkat drastis namun juga bisa membuat SDM atau sumber daya manusianya lebih berkualitas. Ini di karenakan masyarakat masa kini lebih mudah mendapatkan informasi terbaru baik itu tentang ekonomi, pendidikan, maupun berita terbaru. Sehingga banyak masyarakat yang bisa lebih pintar di bandingkan masa lampau. Ternyata contoh sikap chauvinisme sudah banyak terjadi di masyarkat.

6. Banyaknya lowongan pekerjaan baru

Perubahan sosial juga memicu timbulnya berbagai macam lowongan pekerjaan baru dari berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampak yang sangat bermanfaat untuk kehidupan banyak orang adalah munculnya berbagai macam lowongan pekerjaan baru. Sehingga tingkat pengangguran di Indonesia bisa berkurang secara bertahap. Lakukan cara mencegah kenakalan remaja ini untuk mengatasi perilaku remaja.

7. Teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang pesat

Manfaat perubahan sosial yang akan sering Anda rasakan adalah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat ini maka akan ada banyak orang yang memiliki pikiran terbuka tentang banyak hal apalagi di masa modern seperti sekarang ini. Inilah jenis inovasi yang ada di kehidupan.

Nah itu tadi beberapa manfaat perubahan sosial yang ada di dalam masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 04th, January 2019 / 07:36 Oleh :
Kategori : Sosiologi