Sponsors Link

Ini Dia 7 Manfaat Mempelajari Sosiologi Gender Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sosiologi gender yaitu pembelajaran yang harus dipahami manusia mengenai persamaan hak serta kewajiban antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan bermasyarakat. Kajian ilmu sosiologi gender didalamnya ada pembahasan mengenai hubungan interaksi yang terjadi antara sesama manusia dan pembahasannya juga mencakup peranan perempuan serta laki-laki dalam kehidupan sehari-hari. Saat mempelajari ilmu mengenai sosiologi gender, akan ada manfaat yang dihasilkan. Berikut ini adalah 7 manfaat mempelajari sosiologi gender:

ads

1. Adanya Perilaku Saling Menghargai

Dengan mempelajari sosiologi gender sejak dini, maka akan ada faktor perubahan sosial yang terjadi antara laki-laki dan perempuan. Tak akan ada lagi anggapan bahwa kaum laki-laki akan lebih hebat dari perempuan dan sikap saling menghargai antara manusia yang berbeda gender akan terbentuk dengan baik. Sikap saling menghargai antar sesama manusia memang sangatlah penting tercipta di lingkungan masyarakat, karena dengan saling menghargai akan tercipta sebuah lingkungan yang sehat dan memberikan dampak positif kehidupan bermasyarakat.

2. Hilangnya Diskriminasi Terhadap Perempuan

Banyak manusia yang masih berpendapat bahwa kaum perempuan itu kaum yang lemah dan seringkali muncul diskriminasi yang terjadi secara sengaja. Diskriminasi pada perempuan menjadi salah satu bentuk penyimpangan sosial yang seringkali terjadi dan sangat sulit untuk dihentikan.

3. Perempuan Lebih Bisa Mengungkapkan Pendapat

Dengan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan sosiologi gender, akan terciptanya lingkungan yang memberikan kebebasan untuk wanita mengungkapkan pendapatnya dan proses interaksi sosial yang terjadi antara kaum laki-laki dengan perempuan dapat berjalan dengan baik, tanpa merugikan salah satu pihak.

4. Perempuan Diberikan Peranan Penting

Dengan adanya kajian tentang sosiologi gender, kini perempuan diberikan sebuah peranan penting di lingkungan dan peranan penting ini tak akan menimbulkan sebuah permasalahan dengan kaum laki-laki, karena pada jaman dulu salah satu faktor penyebab masalah sosial yang terjadi adalah adanya peranan yang terlalu besar dari perempuan.

5. Tak Akan Ada Pembatas Pergaulan

Kini dengan adanya kajian mengenai sosiologi gender, jika dipelajari dengan baik akan bermanfaat pada situasi di lingkungan dan kajian sosiologi gender juga menjadi pelengkap manfaat keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Sekarang tak akan ada lagi sekat pembatas antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan komunikasi.

6. Adanya Keseimbangan

Kajian sosiologi gender juga bermanfaat untuk menciptakan keseimbangan antara laki-laki dan perempuan. Pada dasarnya fisik perempuan memang lebih lemah dari pada laki-laki, tapi hal ini tidak boleh menjadi penghalang saat akan ada proses terjadinya interaksi sosial antara manusia yang berbeda gender.

7. Adanya Peran Yang Saling Melengkapi

Kini peran laki-laki dan perempuan cenderung berdampingan serta saling melengkapi dalam menjalankan berbagai kegiatannya. Contohnya di sekolah dengan adanya guru perempuan menjadikan anak-anak memiliki sosok ibu saat di sekolah dan sebaliknya dengan adanya laki-laki menjadikan anak-anak memiliki sosok ayah saat di sekolah. Hal ini menjadi salah satu contoh sosiologi pendidikan yang terjadi di Indonesia.

Demikian ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan 7 manfaat mempelajari sosiologi gender dan semoga artikelnya dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 02nd, April 2019 / 06:32 Oleh :
Kategori : Sosiologi