Sponsors Link

3 Manfaat Mempelajari Sosiologi Gender yang Bisa Anda Dapatkan

Sponsors Link

Manusia di bedakan menjadi dua gender, yakni perempuan dan laki-laki. Namun di masa dahulu tepatnya ketika Indonesia masih di jajah dan pada waktu awal setelah kemerdekaan kesetaraan gender sangatlah minim. Bahkan wanita sering di anggap sebagai pelayan untuk memuaskan laki-laki dan tidak di perbolehkan mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki.

ads

Keadaan ini terus berlanjut hingga masa reformasi dimana Raden Ajeng Kartini yang memprakasai gerakan kesetaraan gender di Indonesia. Semenjak saat itulah wanita di perbolehkan bekerja setara dengan pria bahkan memiliki hak yang sama dengan yang pria miliki, dan hal tersebut berlaku hingga masa sekarang ini. Dimana perempuan bisa memimpin suatu Bangsa.

  • Pengertian Sosiologi Gender

Sosiologi gender adalah sebuah penelitian yang berisikan tentang kesetaraan atau persamaan hak dan kewajiban yang di miliki oleh pria dan wanita di dalam masyarakat. Sehingga di dalam sosiologi gender ini terdapat semua informasi yang menyangkut tentang pembahasan kesetaraan gender ini. Inilah syarat-syarat penelitian sosial di dalam masyarakat.

  • Manfaat Mempelajari Sosiologi Gender

Sedangkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari sosiologi gender adalah sebagai berikut ini.

1.Mengetahui hak dan kewajiban setiap gender

Masih banyak yang belum tahu apa perbedaan hak dan kewajiban yang di miliki oleh laki-laki dan juga perempuan. Beberapa ciri-ciri kelompok asosiasi yang harus Anda ketahui.

Karena hal ini lah kemudian banyak orang yang mengsalah artikan tentang kewajiban yang di miliki oleh pria dan wanita begitupun dengan hak nya. Meskipun sekarang kesetaraan gender sudah berlaku namun tetap ada perbedaan di keduanya. Dan ini lah manfaat mempelajari sosiologi gender yang bisa Anda peroleh. Manfaat lembaga sosial di masyarakat ternyata sangat banyak.

2. Lebih tahu tentang kesetaraan gender

Seperti yang sudah di bahas di atas jika kesetaraan gender muncul baru-baru ini bukan dari dahulu. Oleh karena itu masih banyak yang belum mengerti apa itu kesetaraan gender yang sebenarnya bahkan tidak jarang yang salah mengartikannya. Inilah perbedaan antara sosialisasi, represi dan partisipasi yang harus Anda ketahui.

Jika Anda mempelajari lebih dalam tentang sosiologi gender maka Anda akan lebih tahu tentang kesetaraan gender yang sebenarnya. Anda pun juga bisa mendapatkan informasi yang lebih tentang apa saja hak yang di miliki oleh wanita dan apa hak yang di miliki oleh pria. Beberapa perbedaan resosialisasi dan sosialisasi yang mudah untuk di pahami.

3. Bisa lebih menghargai setiap gender

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari sosiologi gender adalah Anda menjadi lebih bisa menghargai setiap orang yang memiliki gender berbeda. Perbedaan desosialisasi dan resosialisasi yang sangat bermanfaat untuk di pelajari.

Mengapa demikian? Sebab Anda akan menjadi tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh di kerjakan oleh pria maupun wanita. Dengan begini meskipun kesetaraan gender sudah berlaku namun tetap ada batas di antara keduanya. Inilah tujuan dan fungsi tindakan sosial yang perlu di ketahui.

Nah itu tadi beberapa manfaat mempelajari sosiologi gender. Selamat belajar.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 11th, January 2019 / 07:15 Oleh :
Kategori : Pendidikan