Sponsors Link

7 Manfaat Lembaga Sosial Untuk Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Lembaga sosial adalah sebuah lembaga atau kumpulan organisasi yang di buat untuk mengatur cara hidup yang benar di dalam masyarakat. Lembaga ini sendiri di buat atas permusyawarahan oleh masyarakat yang hidup di dalam area tersebut. Karena antar masyarakat memiliki kesadaran bahwa tidak semua orang bisa bertoleransi atau paham bagaimana cara hidup di masyarakat yang benar.

ads

Berbicara tentang lembaga sosial maka Anda akan mudah menemukannya di sekitar Anda utamanya di tempat orang yang membangun hubungan sosial dengan orang lainnya. Dengan adanya lembaga sosial ini maka di harapkan antar sesama masyarakat bisa menaati aturan yang ada dan hidup secara damai bersama serta saling menghargai antara satu dengan yang lainnya.

Manfaat Lembaga Sosial yang Ada Di Masyarakat

Karena lembaga sosial merupakan lembaga yang berisi tentang serangkaian peraturan baik itu tata cara hidup bermasyarakat hingga sanksi apa saja yang bisa terjadi pada anggota masyarakat yang menyalahi aturan maka ada banyak sekali manfaat lembaga sosial ini. Adapun manfaat lembaga sosial khususnya untuk kehidupan bermasyarakat adalah:

1. Berperan sebagai pedoman hidup bermasyarakat

Hubungan sosial yang terdiri dari dua orang saja terkadang masih menemui permasalahan yang cukup rumit sehingga bisa memicu terjadinya pertentangan yang cukup hebat. Apalagi jika hubungan sosial tersebut melibatkan masyarakat yang luas maka yang namanya konflik di dalam masyarakat pasti tidak bisa di hindarkan. Inilah perbedaan konsumerisme dan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari.

Namun meski sering terjadi konflik bukan berarti konflik ini tidak bisa di redam atau setidaknya di cegah agar tidak terjadi. Salah satu cara untuk mencegah konflik terjadi adalah dengan membuat lembaga sosial dalam masyarakat. Karena lembaga sosial bisa di jadikan sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat sehingga banyak orang yang akan menaati peraturan di dalamnya.

2. Membuat masyarakat tetap rukun

Kerukunan adalah hal mutlak yang harus di jaga dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab jika kehidupan dalam masyarakat saja sudah rukun maka kehidupan bisa berjalan dengan sangat lancar baik itu dalam masalah atau urusan apapun. Ketika masyarakat sudah mendapatkan kerukunannya maka mereka akan saling bahu membahu dan saling tolong menolong antar sesama manusia.

Untuk menjaga kerukunan masyarakat ini lah maka di butuhkan peran dari lembaga sosial. Karena di dalam lembaga sosial terdapat tata peraturan yang sudah jelas dan peraturan ini memang di buat atas dasar kesepakatan semua orang. Sehingga masyarakat tentunya menaati peraturan dari lembaga sosial masyarakat tersebut. Beberapa faktor penyebab perilaku konsumerisme yang harus Anda ketahui.

3. Menjadi pengawas dari perilaku setiap orang

Sudah menjadi sifat manusia sepertinya dimana mereka akan lebih taat dalam aturan jika ada yang mengawasinya. Karena Indonesia masuk ke dalam negara hukum maka tentu saja di dalam negara ini memiliki norma yang di jadikan sebagai pengawas dalam kehidupan bermasyarakat. Selain penyebab konsumerisme Anda juga harus mempelajari hal-hal yang menjadi penyebab hedonisme di dalam masyarakat.

Karena fakta ini lah kemudian di dalam kehidupan sosial di bentuklah lembaga sosial. Dimana lembaga satu ini memang memiliki manfaat untuk mengawasi setiap perilaku dari masyarakat tersebut. Sehingga setiap orang bisa hidup dengan menaati setiap aturan yang ada dan takut untuk melanggarnya karena sudah ada lembaga sosial sebagai pengawas dalam kehidupan.

Sponsors Link

4. Mempererat hubungan sosial dalam masyarakat

Manfaat paling penting dari adanya lembaga sosial di dalam masyarakat adalah bisa membuat hubungan sosial dalam masyarakat semakin erat. Ini karena lembaga sosial bisa menyadarkan setiap orang akan apa tugas dan perannya di dalam masyarakat. Dan apa yang harus ia lakukan agar bisa hidup di dalam masyarakat dengan damai serta bersama-sama.

Jika hubungan sosial antara masyarakat sudah semakin dekat dan semakin kuat maka konflik tidak akan terjadi. Sehingga masyarakat bisa hidup dengan nyaman dan damai bersama dengan masyarakat lainnya. Bahkan meskipun timbul konflik maka konflik tersebut akan dengan mudah di padamkan karena rasa sosial yang sangat tinggi antar sesama masyarakat. Perbedaan valuta asing dan devisa yang wajib di ketahui.

5. Membantu menyediakan dokumen kenegaraan

Seperti yang Anda ketahui jika hidup di Negara Indonesia haruslah memiliki dokumen kewarganegaraan yang berfungsi untuk menyatakan jika Anda adalah warna asli Indonesia. Biasanya pengurusan dokumen ini cukup rumit sehingga di buatlah lembaga sosial untuk membantu proses pembuatan dokumen setiap masyarakat. Inilah upaya manusia memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sponsors Link

6. Penyedia layanan publik

Sudah menjadi sebuah keharusan jika sebuah lembaga masyarakat menjadi penyedia layanan publik. Ini bisa di bilang sebagai salah satu manfaat yang di miliki oleh lembaga sosial yang ada di masyarakat. Salah satu contoh dari layanan publik adalah lembaga agama yang mengurusi tentang pernikahan dan masih banyak lagi. Ketahui keunggulan dan keterbatasan antar ruang ini.

7. Penyedia kebutuhan masyarakat

Manfaat lembaga sosial yang lain adalah sebagai organisasi yang menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat yang memang semakin meningkat setiap harinya. Inilah keuntungan Indonesia menjadi anggota APEC.

Nah itu tadi beberapa manfaat lembaga sosial yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 27th, December 2018 / 02:17 Oleh :
Kategori : Sosiologi